Implementasi Pengamanan Akses Reporting Budget Dealer Menggunakan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) pada Microsoft PowerApps

  • Wieko Wieko Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Jakarta
  • Kemal Adnan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Eka Putri Aprillia Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Dadang Mulyana Iskandar Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Keamanan informasi menjadi aspek kritis dalam lingkungan digital, khususnya dalam manajemen dan pertukaran data. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan lapisan keamanan tambahan pada Microsoft Power Apps menggunakan algoritma kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) untuk melakukan pengecekan text yang di enkripsi dan hasil enkripsi tersebut akan dikirimkan melalui email, sehingga dapat mengamankan akses reporting budget dealer. Metodologi penelitian melibatkan pemahaman mendalam terhadap konsep AES, analisis kebutuhan keamanan, dan implementasi teknis pada Microsoft Power Apps. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AES pada Microsoft Power Apps mampu meningkatkan tingkat keamanan proses otomatisasi yang melibatkan teks. Enkripsi AES yang diimplementasikan pada level ini memberikan perlindungan terhadap akses yang tidak sah dan mencegah risiko kebocoran informasi.Penerapan ini relevan untuk organisasi yang mengandalkan Microsoft Power Apps dalam alur kerja bisnis mereka, terutama di lingkungan di mana keamanan informasi merupakan prioritas utama. Untuk menjamin perlindungan data reporting agar tidak dapat diakses dengan mudah, maka diperlukan algoritma kriptografi AES, hasil enkripsi tersebut akan dikirimkan melalui email pribadi, sehingga tidak sembarang pengguna yang mendapatkan password keys tersebut.

Kata Kunci: Pengamanan Informasi, Kriptografi, Advanced Encryption Standard (AES), Microsoft Power Apps

References

M. Azhari , D. I. Mulyana,F.J. Perwitosari, and F.Ali “ALGORITMA CAESAR CIPHER ATAU VIGENERE CIPHER PADA PENGENKRIPSIAN PESAN TEKS”, Journal on education, vol. 5, no. 3, pp. 2655-1365, Mar-Apr. 2023, http://jonedu.org/index.php/joe
[2] R. Prasetyo and A. Suryana, “Aplikasi Pengamanan Data dengan Teknik Algoritma Kriptografi AES dan Fungsi Hash SHA-1 Berbasis Desktop,” 2016.
[3] M. Azhari , D. I. Mulyana,F.J. Perwitosari, and F.Ali “IMPLEMENTASI PENGAMANAN DATA PADA DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES),” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 2809-476, Feb. 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i1.1390
[4] B. Anwar, N. B. Nugroho, and R. Siregar, “J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Aplikasi Pengamanan Dokumen Penjualan Tiket Pesawat Di Pt. Benua Raya Jaya Tour And Travel Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard AES),” vol. 3, no. 1, pp. 96–102, 2020.
[5] “175408-ID-implementasi advanced-encryption-standar”.
[6] https://learn.microsoft.com/en-us/training/paths/create-app-models-business-processes/
[7] Ilham Saputra, Arief Nugroho, dan Muhammad Ilham (2023). “Implementasi Kriptografi Pada Fail Dokumen Menggunakan Algoritma AES-128”
[8] Dr. Ir. Mochammad Irfan, M.Eng., Dr. Ir. Asep Iwan Gunawan, M.Eng., dan Dr. Ir. Rini Nurhayati, M.T. (2022). “Penerapan Kriptografi Caesar Cipher Dan Hill Cipher dalam Pengiriman Pesan Rahasia Sebagai Media Pembelajaran Matematika Realist”
[9] Dadang Iskandar Mulyana. (2022). “Perancangan Aplikasi Enkripsi & Deskripsi pada Dokumen Dengan Algoritma Triple DES Berbasis Web”
[10] Dadang Iskandar Mulyana. (2022) “Implementasi Algoritma One Time menggunakan Algoritma Chiper Transposition Sebagai pengaman Rahasisa Pesan Rail Fence Cipher Dan Route Cipher Untuk Keamanan Fail”
[11] Dadang Iskandar Mulyana. (2023) “Algoritma Caesar Cipher atau Vigenere Cipher pada Pengenkripsian Pesan Teks”
[12] Dadang Iskandar Mulyana. (2022). “Pengamanan Transkrip Mahasiswa Menggunakan Kriptografi Playfair Cipher”. Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM).
[13] Stallings, W. (2006). "Cryptography and Network Security Principles and Practice." Fifth Edition. USA: Prentice Hall.
[14] Dadang Iskandar Mulyana. (2022). “Implementasi Metode Rivest Shamir Adleman untuk Enkripsi dan Dekripsi Text”
[15] Z. Jatmiko, “Implementation of Advanced Encryption Standard (Aes) Algorithm As a Security System for Archiving Data At Digital Library …,” Elibrary.Unikom.Ac.Id, [Online]. Available: https://elibrary.unikom.ac.id/1350/15/22.10112441_ZAEN AL FIRDAUS_JURNAL DALAM BAHASA INGGRIS.pdf
[16] L. Mustika, “Implementasi Algoritma AES Untuk Pengamanan Login Dan Data Customer Pada E-Commerce Berbasis Web,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 1, p. 148, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i1.194.
Published
2024-06-09
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 5 times