Analisis Pengaruh Kehadiran Shopeepay Sebagai Sistem Pembayaran Terhadap Minat Beli Mahasiswa Di Platform Shopee

  • Charene Udju Deda Universitas Advent Indonesia
  • Sintaria Sembiring Universitas Advent Indonesia

Abstract

Seiring dengan perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, terutama dalam pembayaran dan belanja online di era digital, Bank Indonesia mendorong Gerakan Less Cash Society (LCS) dengan memanfaatkan uang elektronik seperti QRIS, BI-FAST, dan SNAP sebagai alternatif pembayaran tunai. Shopeepay adalah salah satu sistem pembayaran digital yang telah mendapatkan popularitas yang cukup besar di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi minat beli mahasiswa di Universitas Advent Indonesia (UNAI) yang aktif menggunakan ShopeePay sebagai sistem pembayaran digital di platform Shopee. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda digunakan untuk menganalisi bagaimana pengaruh masing masing-masing variabel independen seperti ease of use (kemudahan penggunaan), enjoyment (kenyamanan) dalam penggunaan ShopeePay, trust (kepercayaan) konsumen dalam bertransaksi menggunakan ShopeePay, promotion (promosi), price (harga) dan pengaruh ShopeePay terhadap variabel dependen dalam hal ini adalah minat beli di Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek kemudahan penggunaan, kenyamanan, kepercayaan, promosi, dan harga terhadap minat beli di Shopee. Dalam penelitian ini, 94 orang partisipan dipilih menggunakan metode Purposive Sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan tambahan uji parsial (t-test) dan uji serempak (F-test). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ease of use (kemudahan penggunaan), enjoyment (kenyamanan) dalam penggunaan ShopeePay, trust (kepercayaan) konsumen dalam bertransaksi menggunakan ShopeePay, promotion (promosi), price (harga) berpengaruh secara positif terhadap Buying Interest (minat beli) di Shopee.

Kata kunci: shopeepay, minat beli, Shopee, Analisi regresi linear berganda.

References

[1] N. M. Alawi, V. S. Asih, and D. H. Sobana, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Terhadap Penggunaan Sistem Financial Technology,” Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.32627/maps.v4i1.190.
[2] J. Fadhilah, C. A. A. Layyinna, R. Khatami, and F. Fitroh, “Pemanfaatan Teknologi Digital Wallet Sebagai Solusi Alternatif Pembayaran Modern: Literature Review,” Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.36596/jcse.v2i2.219.
[3] Syifa Pramudita Faddila, Uus Mohammad Darul Fadli, and Robby Fauji, “ANALISIS KARAKTERISTIK PENGGUNA SHOPEEPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL PADA GENERASI Z,” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, vol. 7, no. 2, 2022, doi: 10.36805/manajemen.v7i2.2279.
[4] N. F. Muhammad, “Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Kembali Shopeepay Di Kota Malang Saat Pandemi Covid- 19Pengaruh,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, vol. 9, no. 2, 2021.
[5] F. Hasanah, “PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI MENABUNG MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG PADA BANK SYARIAH,” BALANCE Jurnal Akuntansi dan Bisnis, vol. 4, no. 1, 2019, doi: 10.32502/jab.v4i1.1815.
[6] S. Siregar, “Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif: dengan dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17,” Jakarta : Kencana, vol. 1, 2013.
[7] D. Grewal, K. B. Monroe, and R. Krishnan, “The effects of price-comparison advertising on buyers’ perceptions of acquisition value, transaction value, and behavioral intentions,” J Mark, vol. 62, no. 2, 1998, doi: 10.2307/1252160.
[8] B. Modding, B. Semmaila, and A. Gani, “Effect of Service Quality and Marketing Stimuli on Customer Satisfaction: The Mediating Role of Purchasing Decisions,” Journal of Business and Management Sciences, vol. 4, no. 4, 2016.
[9] A. A. Satria, “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36,” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, vol. 2, no. 1, 2017.
[10] H. Harisno and D. Herby, “The Analysis of Factors Affecting the Buying Interest of E-Commerce Customers,” CommIT (Communication and Information Technology) Journal, vol. 12, no. 1, 2018, doi: 10.21512/commit.v12i1.2089.
[11] W. G. Zikmund, “Business Research Methods / William G. Zikmund,” South-Western Publishing., 2003.
[12] A. N. Hanna, J. S. Mcdonald, C. H. Miller, and D. Couri, “Regresi Linear Berganda,” Br J Anaesth, vol. 62, no. 4, 1989.
[13] M. Mona, J. Kekenusa, and J. Prang, “Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Studi Kasus: Petani Kelapa Di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud,” d’CARTESIAN, vol. 4, no. 2, 2015, doi: 10.35799/dc.4.2.2015.9211.
[14] N. S. A. NASUTION, “ANALISIS MINAT PENGGUNAAN SISTEM QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS) TERHADAP USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA MEDAN,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, 2022.
[15] L. Liana, “Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji pengaruh variabel moderating terhadap hubungan antara variabel independen dan variabel dependen,” Dinamik, vol. 14, no. 2, 2009.
[16] Sugioyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D Alfabeta Bandung Sugiyono,” Research Gate, no. March, 2018.
[17] S. 2017, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.,” Jurnal Binawakya, vol. 15, no. 11, 2021.
[18] Umar Husein, “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua,” Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.
[19] U. Sekaran and R. Bougie, “Research Method for Business Textbook: A Skill Building Approach,” John Wiley & Sons Ltd., 2009.
[20] C. R. Mehta and N. R. Patel, “IBM SPSS Exact Tests,” 2011, 2011.
[21] D. Priyatno, SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. 2009.
Published
2024-03-31
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times