Analisis Pemanfaatan Media Sosial Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Bandung Barat
Abstract
Media sosial merupakan sebuah alat atau media yang dapat diakses oleh siapa saja tanpa batasan ruang dan waktu selama memiliki jaringan internet. Dalam dunia bisnis yang terus berubah saat ini, penting bagi usaha kecil untuk secara konsisten menjalankan strategi agar tetap berada di depan pesaingnya dan pada akhirnya meningkatkan kinerja bisnis mereka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan membuat kuesioner terstruktur untuk mengumpulkan data usaha kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media sosial pada usaha kecil dan menengah dan untuk menguji apakah penggunaan media sosial berdampak pada usaha kecil dan menengah. Populasi dari penelitian ini terdiri dari usaha kecil dan menengah di Bandung Barat yang menggunakan media sosial sebanyak 80 pelaku usaha kecil dan menengah. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, serta pengukuran penggunaan media sosial dan analisis statistik deskriptif. Hasil uji validitas menunjukkan kuesioner mempunyai validitas yang baik, dan uji reliabilitas menunjukkan koefisien alpha yang memuaskan. Dari analisisi data menunjukkan bahwa UKM di Bandung Barat terus menggunakan media sosial untuk berbagai tujuan seperti penjualan, promosi, interaksi pelanggan, dan pembelajaran.
Kata Kunci: Pemasaran, UKM, Media Sosial
References
[2] A. N. Sobron, S. Titik, and S. Meidawati, “Dampak COVID-19 Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ( Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto),” Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 1, no. 3, 2020.
[3] A. Dwiparma, R. H. Harahap, and H. Kusmanto, “Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” PERSPEKTIF, vol. 11, no. 4, 2022, doi: 10.31289/perspektif.v11i4.7479.
[4] Z. Abidin Achmad, T. Zendo Azhari, W. Naufal Esfandiar, N. Nuryaningrum, A. Farah Dhilah Syifana, and I. Cahyaningrum, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 10, no. 1, 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.1.17-31.
[5] A. B. Hassim, N. Atikah, A. Rahman, and J. Ahmad, “Persepsi Pengguna Media Sosial terhadap Individu Berpengaruh dalam Mempromosikan Produk di Instagram,” Forum Komunikasi, vol. 14, no. 1, 2019.
[6] N. P. P. Utami, I. M. P. S. Antara, I. K. A. S. Putra, and N. O. Dharma, “Pengembangan Digital Content Creative Untuk Mempromosikan Layanan Melalui Media Sosial Pada Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha,” Jurnal Media Sains Informasi dan Perpustakaan, vol. 2, no. 2, 2022.
[7] Y. Yansahrita, F. Fauzi, and R. Irviani, “Digital Marketing: Sebagai Strategi Pemasaran Produk Home Industry di Wilayah Oku Timur,” eCo-Buss, vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.32877/eb.v6i1.887.
[8] D. M. F. P. Sari, N. L. B. M. Putri, and I. A. O. Martini, “PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM BOKORAN DESA KUSAMBA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN,” Abdimas Galuh, vol. 5, no. 1, 2023, doi: 10.25157/ag.v5i1.10012.
[9] L. Azizah, J. Gunawan, and P. Sinansari, “Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia,” Jurnal Teknik ITS, vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v10i2.73923.
[10] R. Pasaribu, “ANALISIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI KOTA MEDAN,” J Econ Bus, vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.36655/jeb.v2i1.495.
[11] A. Siswopranoto, A. Ikhsan, G. Saputri, I. Aisyah, and R. Ester, “Sosialisasi internet sehat di kalangan remaja untuk meminimalkan dampak negatif dari berinternet pada SMP Islam Al Wasatiyah,” Jurnal Ilmu Komputer JIK, vol. IV, no. 02, 2021.
[12] T. P. Utomo, “Optimalisasi Media Sosial untuk Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi,” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, vol. 5, no. 1, 2022.
[13] V. Agnesia and A. J. Saputra, “Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai,” E-Jurnal Akuntansi, vol. 32, no. 3, 2022, doi: 10.24843/eja.2022.v32.i03.p15.
[14] Y. Fitriani, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi atau Pembelajaran Digital,” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 5, no. 4, 2021.
[15] Y. D. Putri and M. Ie, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Lingkungan dan Media Sosial terhadap Kinerja Usaha UMKM di Jakarta,” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 4, 2020, doi: 10.24912/jmk.v2i4.9896.
[16] A. A. Adam, R. S. Wenas, and F. G. Worang, “Digital Marketing Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Kota Tomohon,” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 10, no. 2, 2022, doi: 10.35794/emba.v10i2.41411.
[17] . H., “Media Sosial sebagai Sarana Promosi Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Airlangga,” JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, vol. 9, no. 2, 2020, doi: 10.20473/jpua.v9i2.2019.72-78.
[18] T. Z. Karim, “PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA MATERI NASIONALISME PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KABUPATEN HALMAHERA SELATAN,” Jurnal Administrasi Publik, vol. 16, no. 1, 2020, doi: 10.52316/jap.v16i1.42.
[19] R. A. Wilis, J. Suhariyanto, W. P. Santoso, and ..., “Pemanfaatan Media Sosial dan Pencatatan Keuangan Sederhana bagi Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok,” Jurnal Masyarakat …, vol. 1, no. 1, 2022.
Copyright (c) 2024 Rismauli Marpaung, Henry Pandia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.