Pengaruh Penerapan Sistem Pembayaran Mobile Payment Shopeepay Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada E-Commerce Shopee Mengunakan Metode Srturtural Equation Model (SEM)

  • Jastin Kore Universitas Advent Indonesia
  • Sintaria Sembiring Universitas Advent Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia berdampak positif pada perekonomian melalui transformasi sistem pembayaran. Inovasi non-tunai menggantikan uang tunai, memberikan praktisitas, efisiensi, dan mengurangi risiko uang palsu.Penggunaan uang elektronik yang disimpan digital merata di masyarakat, digunakan secara luas dalam transaksi online maupun offline.E-commerce sebagai bisnis elektronis memfasilitasi transaksi antara pelaku bisnis dan konsumen. Dalam konteks E-commerce, fintech mendukung dengan produk keuangan yang memudahkan dan efisien.Fokus penelitian pada Shopeepay sebagai dompet digital mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi minat dan kepercayaan konsumen. Riset ini Menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengevaluasi korelasi dan hubungan antar variabel dalam suatu model, baik itu dalam konteks hubungan antara indikator dengan Konsep yang di ukur dan di lihat pada pengguna Shopeepay. Penelitian ini berfokus pada Mahasiswa aktif universitas advent Indonesia yang memilih Shopeepay sebagai opsi pembayaran ketika melakukan transaksi di Shopee dengan total 1.564 dengan menentukan jumlah sampel sebanyak 94 orang  pengguna ShopeePay. Hasil pengujian menunjukkan bahwa consumer characteristics dan interactions  berpengaruh signifikan terhadap level off convidence sedangkan website ınfrastructure dan firm characteristics tidak berpengaruh signifikan terhadap level off convidence pada pengguna E-commerce Shopeepay.

 

Kata Kunci: Kepercayaan, SEM, Shopee, Shopeepay

References

[1] G. P. B. and N. I. K. Wardhani, “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay Di Surabaya,” Sains Manaj. J. Manaj. Unsera, vol. 7, no. 2, pp. 97–108, 2021, doi: 10.30656/sm.v7i2.3580.
[2] S. S. E. Pujastuti, W. W. Winarno, “Pengaruh E-Commerce Toko Online Fashion Terhadap Kepercayaan Konsumen,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 1, no. 2, p. 139, 2015, doi: 10.24076/citec.2014v1i2.17.
[3] D. Pebrianti. and E. Sulaeman, “Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay,” Econ. Digit. Bus. Rev., vol. 4, no. 1, pp. 91–98, 2023.
[4] L. Ramadya Sari, R. Anggraini, M. Sri Kencanawati, “Dampak Keamanan, Manfaat, Kepercayaan, Promosi, serta Kemudahan pada Keputusan Pemanfaatan Dompet Elektronik Shopeepay,” Metik J., vol. 6, no. 1, pp. 59–69, 2022, doi: 10.47002/metik.v6i1.335.
[5] S. M. J. Steven, A. H. Ramli, “E-Service Quality , E-Wallet Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Pembayaran Non Tunai Aplikasi Shopee,” vol. 11, no. 2, pp. 267–278, 2023, doi: 10.37641/jimkes.v11i2.1997.
[6] M. Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, “Business research methods.,” Cengagelearning., 2013.
[7] D. B. Ginting, “Structural Equation Model Latent,” Media Inform., vol. 8, no. 3, 2009.
[8] D. Harisno, H., & Herby, “The analysis of factors affecting the buying interest of e-commerce customers.,” CommIT (Communication Inf. Technol. J., vol. 12, no. 1, pp. 13–18, 2018.
[9] G. S. Chen, S. C., & Dhillon, “Interpreting dimensions of consumer trust in e-commerce.,” Inf. Technol. Manag., vol. 4, pp. 303–318, 2003.
[10] W. Budiaji, “Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert.,” J. ilmu Pertan. dan Perikan., vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013.
[11] N. K. S. Rahayu, “Determinan Keberterimaan Sistem Pembayaran Shopeepay Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha),” vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2021.
[12] I. W. Virmawati, “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Aplikasi Shopee (Stusi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia),” 2019.
[13] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2018.
[14] Ghozali,I (2018) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro., 2018.
Published
2024-04-05
Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 4 times