ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ONLINE KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI EDUKCAPIL MENGGUNAKAN METODE CRM
Abstract
Tujuan analisis kepuasan masyarakat adalah untuk mengukur sejauh mana kualitas layanan kependudukan online dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat. Hal ini termasuk mengevaluasi daya tanggap, kecepatan, dan kejelasan informasi yang diberikan. Sistem Informasi CRM (Customer Relationship Management) yang merupakan suatu sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra pelayanan dan pasca pelayanan dalam sebuah organisasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan tujuan sebagai solusi pelayanannya yang didukung oleh teknologi informasi untuk dapat memberikan berbagai kemudahan dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat mulai dari sample request, customer trial, customer complaint, customer grouping sampai customer satisfaction. Hasil penelitian menghasilkan kepuasaan masyarakat melalui pelayanan online edukcapil yang disedikan disdukcapil kabupaten karawang diperlukan pengembangan sistem yang lebih baik
Kata Kunci: Perkembangan Teknologi Informasi, Pelayanan Publik, Pelayanan Online, Kependudukan, Kepuasan Masyarakat.
References
Dengan Menggunakan Crm ( Customer Relationship Management ) Pada Amigo Photo Studio Caruban Kabupaten Madiun Sales Information System By Using Crm ( Customer Relationship Management ) Onamigo Photo Studio Caruban Direct Madiun. (2017).
Djaka Permana, M., Lia Hananto, A., Novalia, E., Huda, B., & Paryono, T. (2023). Klasterisasi Data Jamaah Umrah Pada Tanurmutmainah Tour Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Komtekinfo, 10, 15–20. Https://Doi.Org/10.35134/Komtekinfo.V10i1.332
Erti, L. (2015). Analisis Pelayanan Pengurusan Ktp Pada Kantor Camat Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. 0761.
Hilabi, S. S., Buana, U., Karawang, P., Huda, B., Buana, U., Karawang, P., & Support, P. (2019). Technoxplore Jurnal Ilmu Komputer & Teknologi Informasi Issn : 2503-054x Vol 4 No: 1, April 2019. Jurnal Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, 4(1), 28–37.
Informasi, P. S., & Riau, U. I. N. S. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar. 3(2), 17–22.
Manusia, S. D. (2022). E-Issn : 2798-2580 Universitas Buana Perjuangan Karawang. 202–206.
Oktavia, I., Irfan, D., Imanuel, T., Negeri Padang, U., & Hang Tuah Pekanbaru, S. (2020). Customer Relationship Management (Crm) Online Booking Application To Improve Customer Satisfaction And Optimize Customer Relationship Management (Crm). Journal Of Information Technology And Computer Science (Intecoms), 3(2).
Penjualan, P., Ikm, P., Aksesoris, C., & Sidoarjo, K. (2023). Analisis Inovasi Produk Dan Crm ( Customer Relationship Management ) Terhadap Fakultas Ilmu Administrasi , Universitas Dr . Soetomo Surabaya Email : Rizkeika85@Gmail.Com. 207–214.
Podungge, A. W., & Solihin, D. I. Y. (2020). Posisi Tawar Pelanggan Terhadap Akurasi Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Sgd Di Era Pandemi Covid-19 Pada Samsat Kota Gorontalo. Publik Adiministration Journal Of Research, 2(4).
Prabowo, S., Hartomi, D., & Padma, A. (2021). Pelayanan Kelurahan Di Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal Tahun 2020. 5(1), 39–51.
Putra, Y. H., & Matondang, M. I. (2020). Analisa Dan Perancangan Crm Sebagai Strategi Peningkatan Dan Memepertahankan Jumlah Mahasiswa Pada Stmik Dharma Negara. Jurnal Tata Kelola Dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi, 6(2), 72–78. Https://Doi.Org/10.34010/Jtk3ti.V6i2.5543
Rifqi, A. (2014). Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Upt Dinas Pendapatan Provinsi Riau.
Riski, F., & Azise, N. (2023). G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan. 7(3), 1071–1082.
Simatupang, M. (2022). E-Issn : 2798-2580 Universitas Buana Perjuangan Karawang. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (Knpp) Ke-2, 1299–1309.
Suhari, Y., Prasetyo Utomo, A., Nugroho, I., Pradana, R. A., & Semarang, U. S. (2023). Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Pada Toko Herbal (Studi Kasus: Stokis Herbal Hni Cabang Semarang) Implementation Of Customer Relationship Management (Crm) In Herbal Shops (Case Study: Hni Herbal Stokis Semarang Branch). Journal Of Information Technology And Computer Science (Intecoms), 6(2).
Technology, I., & Science, C. (2021). 1 , 2 , 3 123. 4, 1–8.
Tukino, Baenil Huda, Faqih Pratama Muthi, & Adittia Agustian. (2021). Sistem Informasi Layanan Terintegrasi Dengan Menggunakan Model Desain User Experience Dilingkungan Perpustakaan Kabupaten Karawang. Buana Ilmu, 6(1), 98–110. Https://Doi.Org/10.36805/Bi.V6i1.1989
Webqual, M., Wibowo, S. A., Rokhman, M. M., & Pranoto, Y. A. (2017). Benchmarking Website E-Commerce. 3(2), 1–8.
Copyright (c) 2024 Rismoko Rismoko, Shofa Shofia Hilabi, Baenil Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.