https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/issue/feedINTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science2024-12-22T15:32:11+00:00Ahmad Gawdy Prananosaahmadgawdynano@yahoo.comOpen Journal Systems<p align="justify">INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science is published IPM2KPE as the information and communication media for practitioners, researchers and academics who engaged, put interest and fully attention on the development of information system, information technology, computer science, software engineering, informatics engineering, Electrical Engineering & Industrial Engineering. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science is published annually 6 times every January- March- Mei-July- September and November. Journal of Information Technology and Computer Science publishes articles both in in online/OJS (e-ISSN 2614-1574) and printed (p-ISSN 2621-3249). </p>https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13153Analisis Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada Fasilitas Penunjang Tower Bandara2024-11-13T14:44:08+00:00Arif Zulfahri Siregararifzulfahrisiregar@gmail.comZuraidah Tharozuraidahtharo@dosen.pancabudi.ac.idDino Eriviantoderivianto@gmail.com<p>Perancangan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) pada fasilitas penunjang tower bandara bertujuan untuk menyediakan sumber energi yang ramah lingkungan dan efisien. Penelitian ini menganalisis kebutuhan energi dan potensi pemanfaatan energi surya sebagai sumber daya utama dalam mendukung operasional fasilitas penunjang. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan daya, pemilihan komponen sistem seperti panel surya, inverter, baterai, dan struktur pendukung, serta simulasi untuk mengukur efisiensi dan keandalan sistem. Hasil studi menunjukkan bahwa PLTS mampu menyediakan energi yang cukup untuk operasional fasilitas dengan penghematan energi konvensional dan pengurangan emisi karbon. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi energi di bandara dan mendukung inisiatif keberlanjutan dalam pengelolaan fasilitas infrastruktur bandara.</p>2024-11-13T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13154Optimalisasi Kapasitor Bank Untuk Peningkatan Faktor Daya Pada Beading Plant Di PT Permata Hijau Palm Oleo Kim II2024-11-13T14:44:08+00:00Charles Ricardo Sihombingcharlesricardosihombing14@gmail.comZuraidah Tharozuraidahtharo@dosen.pancabudi.ac.idErpandi Dalimuntheerpandi@dosen.pancabudi.ac.id<p>Dalam dunia industri penggunaan daya listrik dengan kapasitas yang besar sering sekali ditemukan berbagai permasalahan yang disebabkan oleh beberapa factor. Permasalahan tersebut antara lain adanya beban-beban induktif yang muncul dari beban yang terpasang seperti motor listrik, trafo, generator listrik dan lainnya. Yang dapat menyebakan menurun nya kualitas daya listrik dan rugi rugi daya sehingga dapat menimbulkan harmonisa yang dapat memepengaruhi komponen komponen elektronika. Maka perlu dilakukan perbaikan kualitas daya listrik dengan menaikkan factor daya atau cos phi. Perbaikan cosphi dapat dilakukan dengan menambah kapasitor bank, Pengamatan yang dilakukan melalui studi kasus di PT.Permata HIjau Palm Oleo Kim II Ini menyelidiki tentang pengaruh pemasangan kapasitor bank yang digunakan untuk peningkatan faktor daya (power factor) dengan kompensator kapasitor bank yang menghasilkan daya reaktif kapasitif (Leading) untuk melawan daya reaktif induktif (Lagging) beban listrik tiga phasa. Dimana melalui hasil perhitungan yang dilakukan guna perbaikan faktor daya beban di PT.Permata HIjau Palm Oleo Kim II, dari faktor daya mula-mula sebesar 0,87 menjadi 0,97.</p>2024-11-13T14:43:41+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12876Pengembangan Early Warning System Dengan Smtpclient Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen Data Akreditasi Di PTS Y2024-11-13T15:18:30+00:00Tifani Anasya Putritifani.825210113@stu.untar.ac.idOctarifa Angelaoctarifa.825210106@stu.untar.ac.idSekar Aurannisa Ramdhani Qadriahsekar.825210087@stu.untar.ac.idDedi Trisnawarmandedit@fti.untar.ac.idJap Tji Bengt.jap@untar.ac.id<p>Early Warning System (EWS) adalah mekanisme untuk memberikan pemberitahuan dini tentang masalah yang dapat memengaruhi suatu sistem. Penelitian ini menerapkan EWS untuk memberikan notifikasi terkait masalah akreditasi program studi di perguruan tinggi swasta Y, yang saat ini belum memiliki sistem serupa. EWS penting dalam manajemen data akreditasi, memastikan pendidikan sesuai standar. Dengan adanya EWS, tindakan proaktif dapat diambil untuk mencegah penurunan kuantitas data yang tidak memenuhi key performance indicators (KPI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data melalui wawancara dan penerapan Scrum yang diselaraskan dengan PMBOK. Implementasi dilakukan menggunakan SmtpClient dalam VB.NET dan ASP.NET, serta akses database melalui SQL Server Management Studio (SSMS) 18. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berhasil memberikan notifikasi terkait penurunan data. Kesimpulannya, penggunaan SmtpClient mempermudah pengembangan aplikasi berbasis web dan pengiriman pesan notifikasi EWS melalui email, mendukung pengelolaan akreditasi di perguruan tinggi. Kata Kunci: early warning system, SmtpClient, PMBOK, akreditasi, perguruan tinggi</p>2024-11-13T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12869Perancangan Dashboard Sebagai Perbandingan Visualisasi Data Iklim BMKG Di Jakarta2024-11-14T01:57:54+00:00Divyas Bharathdivyas.825210129@stu.untar.ac.idHugeng Hugengdivyas.825210129@stu.untar.ac.idManatap Dolok Lauro Sitorusdivyas.825210129@stu.untar.ac.id<p><span lang="EN-ID" style="font-size: 10.0pt;">Perubahan iklim global mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk kota besar seperti Jakarta yang menghadapi tantangan cuaca ekstrem dan dampak iklim. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memerlukan pemantauan iklim yang tepat untuk mengatasi masalah terkait cuaca dan iklim. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bertanggung jawab dalam penyediaan data iklim, namun seringkali penyajian data ini kurang memadai untuk mendukung pengambilan keputusan yang efektif. Dashboard visualisasi data dapat menjadi solusi untuk menyajikan informasi yang kompleks dalam format yang lebih mudah dipahami. Dengan dashboard, data iklim dapat diakses secara real-time, meningkatkan respons terhadap perubahan iklim, dan mempercepat pengambilan keputusan melalui tampilan visual yang jelas dan terstruktur. Penelitian ini berfokus pada desain dashboard yang efisien untuk analisis data iklim BMKG di Jakarta, guna mempermudah pemantauan perubahan iklim dan mendukung pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data iklim BMKG di Jakarta menggunakan dashboard untuk mengevaluasi tren kenaikan atau penurunan data iklim tahunan, sehingga memudahkan pemahaman dan keputusan bagi para pengguna.</span></p>2024-11-14T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12875Perancangan Data Mart Untuk Manajemen Data Penjualan Pada Kedai Kopi X Di Jakarta2024-11-14T23:55:46+00:00Tasya Mulia Salsabilatasya.825210148@stu.untar.ac.idAngeline Carolineangeline.825210138@stu.untar.ac.idAndrew Haikal Marcydiazandrew.825210152@stu.untar.ac.idDedi Trisnawarmandedit@fti.untar.ac.idJap Tji Bengt.jap@untar.ac.id<div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">Data yang kompleks dengan volume besar dan format bervariasi memiliki peran penting bagi suatu perusahaan. Semakin kompleksnya data transaksi penjualan, kebutuhan sistem manajemen data yang efisien untuk memberikan wawasan yang cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan merancang </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">data mart </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">untuk menganalisis data penjualan, mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Data dari </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Online Transaction Processing </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">diubah menjadi </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Online Analytical Processing </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">untuk memudahkan pengolahan, penyimpanan, dan analisis secara efisien. Penelitian ini, menggunakan metode </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Nine-step </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">Kimball untuk perancangan </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">data mart </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">dan mengimplementasikan dalam </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">star schema </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">dengan melakukan proses </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Extract, Transform, Load</span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan data penjualan dari tahun 2023 hingga 2024, disimpan dalam </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Database Management System </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">menggunakan Microsoft SQL Server Management Studio 18. Hasil dari penelitian ini, terbentuknya data mart dengan star schema, yang terdiri dari tabel fakta dan tabel dimensi. Perancangan </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">data mart </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">untuk management dapat mengoptimalkan pemrosesan data penjualan pada kedai kopi x dalam pengambilan keputusan. </span></p> <p><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-weight: bold; font-style: italic;">Kata Kunci</span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">: Data Mart, Extract Transform Load </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">(ETL), Penjualan</span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">, Nine-step </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">Kimball </span></p> </div> </div> </div>2024-11-14T23:55:46+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12786Implementasi Sistem E-Commerce Berbasis Mobile Android Menggunakan Rest Api Dan Web Service Pada Perusahaan Percetakan2024-11-16T04:34:00+00:00Ryan Ali Pratamaryanalipratamaa@gmail.comAnita Fira Waluyoanitafira@uty.ac.id<p>Dalam era digital, <em>e-commerce</em> menjadi elemen penting dalam perdagangan global. Namun, banyak perusahaan masih menghadapi tantangan dalam pemasaran karena keterbatasan akses informasi produk dan pembayaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem <em>e-commerce </em>berbasis aplikasi mobile untuk CV Bintang Tiga Jaya menggunakan teknologi REST API dan <em>web service</em>. Aplikasi dibangun dengan Dart dan Flutter, serta <em>web service</em> menggunakan PHP dan Laravel untuk memudahkan admin memperbarui data. Pembayaran otomatis diintegrasikan dengan Midtrans guna memudahkan transaksi online. Fitur <em>live chat</em> ditambahkan menggunakan Firebase sebagai <em>realtime</em> database, sedangkan data lainnya dikelola dengan MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa REST API berfungsi dengan baik, mempermudah akses data dan meningkatkan aksesibilitas informasi produk, efisiensi operasional, serta proses pembayaran dan interaksi pelanggan dari fitur <em>live chat.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>:</em> <em>E-commerce, Aplikasi Mobile, REST API, Web Service, Flutter</em></p>2024-11-15T00:02:10+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12759E-Library SMAK Frateran Maumere Berbasis Mobile2024-11-15T00:12:02+00:00Ludgardis Amadea Diazdeadiaz404@gmail.comWahyu Sri Utamideadiaz404@gmail.com<p><em>In this digital era, the need for fast and easy access to information is increasing, including in the world of libraries. The Android-based e-library is here as a solution to provide wider and more practical access for users to access various reading materials. The system is designed to provide a user-friendly platform, allowing users to search, borrow, and read a variety of e-books directly from their Android devices. With features such as advanced search, book recommendations, and integrated loan and return management, this e-library aims to improve the reading experience and efficiency in library management. It is hoped that the implementation of an Android-based e-library will not only facilitate access to information but also encourage interest in reading among the wider community, as well as support digital transformation in the library sector</em>.</p>2024-11-15T00:12:02+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12758Inovasi Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Monitoring Pembayaran Wifi2024-11-15T00:16:58+00:00Muhammad Tegar Prayogoprayogo42.mp@gmail.comAnita Fira Waluyoprayogo42.mp@gmail.com<p>Ketersediaan layanan internet yang handal dan terjangkau menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat saat ini, terutama di tengah meningkatnya ketergantungan terhadap teknologi informasi. BSI Net, sebagai penyedia layanan internet, menghadapi tantangan signifikan dalam pengelolaan keluhan pelanggan dan sistem pembayaran yang masih bersifat manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi yang menangani layanan keluhan dan pembayaran tagihan Wi-Fi, dilengkapi dengan integrasi payment gateway. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat lunak dengan memanfaatkan teknologi Node.js dan Laravel pada sisi back-end, serta React Native untuk pengembangan front-end. Subjek penelitian ini adalah pelanggan BSI Net yang berinteraksi dengan aplikasi untuk menyampaikan keluhan dan melakukan pembayaran secara daring. Hasil pengujian yang dilakukan dengan pendekatan black-box menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi secara optimal, aman, dan mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat mempermudah pelanggan dalam melaporkan keluhan, membayar tagihan secara online, serta memantau status secara real-time. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional BSI Net dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.</p>2024-11-15T00:16:58+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12694Aplikasi Pemesanan Tiket Speedboat Berbasis Android2024-11-27T14:49:15+00:00Nur Azizahnurazzh824@gmail.comRR Hajar Puji Sejatinurazzh824@gmail.com<p><em>Speedboat</em> adalah moda transportasi air yang banyak digunakan untuk perjalanan antar pulau atau wilayah yang dipisahkan oleh perairan, khususnya di Kutai Barat. Saat ini, masyarakat Kabupaten Kutai Barat sering menggunakan <em>speedboat</em> dengan rute Melak – Samarinda dan sebaliknya. Namun, proses pemesanan tiket sering mengalami kendala, seperti antrian panjang, keterlambatan keberangkatan, dan kesalahan informasi. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan solusi ini diterapkan dengan lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi dengan menerapkan sistem pemesanan tiket yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket <em>speedboat</em> secara cepat dan akurat melalui perangkat Android. Dengan adanya aplikasi yang telah dibuat, diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam proses pemesanan tiket pada CV. Berkah Kubar Jaya dan mempermudah penumpang dalam mendapatkan tiket sesuai dengan kebutuhan mereka.</p>2024-11-15T00:25:50+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12675Aplikasi Sistem Informasi Tanaman Hortikultura Berbasis Android2024-11-15T00:31:30+00:00Maganda Jannati Van Bawonomagandajannati3@gmail.comRodhiyah Mardhiyyahrodhiyah@staff.uty.ac.id<p>Budidaya pertanian tanaman hortikultura memiliki peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi. Namun, masih terdapat kendala dan masalah yang terjadi pada pertanian hortikultura di Kelompok Tani Surya Hijau Kota Yogyakarta. Belum adanya informasi secara cepat mengenai kebutuhan pertanian yang digunakan, sehingga petani mengalami keterlambatan dalam proses penerimaan informasi mengenai obat tanaman hortikultura, penyakit tanaman hortikultura, dan harga pasar tanaman hortikultura. Selain itu, pengelolaan keuangan hasil penjualan tanaman dilakukan menggunakan cara pembukuan, sehingga sering terjadinya kelebihan pengeluaran dan memperlambat proses pencatatan keuangan hasil penjualan tanaman hortikultura. Penelitian ini dilakukan untuk membantu petani tanaman hortikultura dalam pengelolaan tanaman hortikultura dan pengelolaan keuangan petani dengan merancang sebuah aplikasi berbasis Android menggunakan metode <em>Unified Modeling Language</em> (UML). Aplikasi ini membantu dalam pengelolaan keuangan, memberikan informasi mengenai harga pasar tanaman hortikultura, obat tanaman hortikultura, dan penyakit tanaman hortikultura. Harapan dibuatnya aplikasi ini dapat berfungsi untuk memperlancar pengelolaan tanaman hortikultura pada Kelompok Tani Surya Hijau.</p>2024-11-15T00:31:29+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12842Sistem Absensi Online Berbasis Aplikasi Mobile Pada Bimbingan Belajar Kedai Ilmu2024-11-15T00:36:19+00:00Alif Sufi Amiliantoalifj581@gmail.comAnita Fira Waluyoanitafira@uty.ac.id<p>Pendidikan memiliki peran esensial dalam pengembangan sumber daya manusia, terutama dalam menghadapi tantangan era digital. Namun, masih banyak lembaga bimbingan belajar yang belum mengoptimalkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi bimbingan belajar berbasis Android sebagai solusi bagi Lembaga Bimbingan Belajar Kedai Ilmu. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode prototyping, yang memungkinkan pengembangan aplikasi dilakukan secara dinamis dengan respon cepat terhadap masukan pengguna. Subjek penelitian ini adalah siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA yang membutuhkan dukungan belajar tambahan. Aplikasi ini dilengkapi fitur-fitur seperti pengaturan jadwal belajar, sistem absensi, sistem pembayaran, dan fasilitas chat untuk memfasilitasi interaksi antara siswa dan pengajar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, serta kualitas layanan pendidikan pada lembaga bimbingan belajar di Kedai Ilmu. Aplikasi ini berpotensi menjadi sarana edukasi yang inklusif dan mudah diakses oleh siswa dari berbagai latar belakang.</p>2024-11-15T00:36:19+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12841Optimalisasi Proses Akademik Melalui Pengembangan Sistem E-Rapor Dan Monitoring Siswa Terintegrasi Di SMAN 1 Krangkeng2024-11-15T00:42:43+00:00Nanda Fahri Argantanandafahri051@gmail.comAnita Fira Waluyoanitafira@uty.ac.id<p class="Sammary">Penelitian ini membahas pengembangan sistem monitoring akademik dan kehadiran siswa berbasis digital yang terintegrasi pada SMAN 1 Krangkeng. Permasalahan utama yang teridentifikasi adalah ketidakefektifan sistem pencatatan manual yang mengakibatkan lambatnya proses pelaporan dan tingginya risiko kesalahan data. Pengembangan sistem dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan masukan dari para pengguna. Implementasi sistem menggabungkan platform web dan mobile menggunakan teknologi PHP, MySQL, HTML5, CSS3, JavaScript untuk antarmuka web, serta Dart dan Flutter untuk aplikasi mobile. Evaluasi menunjukkan sistem berhasil meningkatkan efektivitas pengelolaan data akademik hingga 85%, meminimalisir kesalahan pencatatan sampai 95%, dan mengoptimalkan partisipasi orang tua dalam pemantauan akademik siswa mencapai 78%. Transformasi digital ini berhasil mengubah proses pelaporan akademik dari manual selama 3-4 hari menjadi sistem otomatis secara real-time.</p>2024-11-15T00:42:43+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12792Optimalisasi Aplikasi Toko Bangunan Melalui Integrasi Rest Api Dan Whatsapp Gateway2024-11-15T00:49:48+00:00Tunggal Listyantolistyantotunggal@gmail.comWahyu Sri Utamilistyantotunggal@gmail.com<p>Manajemen aplikasi toko bangunan menjadi tantangan kompleks karena kurangnya integrasi sistem internal, otomatisasi manajemen stok, dan konektivitas dengan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem berbasis Rest API untuk meningkatkan efisiensi operasional toko. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan sistem dan pengembangan REST API yang mengintegrasikan fungsi-fungsi utama seperti manajemen stok, pemesanan, pembayaran, dan pelacakan pengiriman. Hasil menunjukkan peningkatan efisiensi dalam manajemen stok, peningkatan konektivitas antara aplikasi dengan konsumen melalui integrasi e-commerce, serta peningkatan pengalaman konsumen dengan pelacakan pengiriman secara real-time. Simpulan yang diperoleh adalah sistem berbasis REST API mampu memberikan solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi operasional toko bangunan.</p>2024-11-15T00:49:47+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13194Sistem Informasi Inventori Pakan Ternak Menggunakan Metode Design Thinking Pada Kelompok Tani Karya Bersama2024-11-16T04:54:49+00:00Rio Septian Hardinatarioseptian@dosen.pancabudi.ac.idRian Farta Wijayarianfartawijaya@dosen.pancabudi.ac.idDaratika Pratiwidaratikapratiwi123@gmail.com<p>Inventory merupakan pengertian dari penyimpanan atau biasa disebut dengan Gudang. Pakan ialah suatu asupan atau disebut dengan konsumsi. Semua makhluk hidup pasti mengonsumsi suatu makanan atau vitamin agar tubuhnya kuat dan sehat tak terkecuali hewan ternak. Semua hal yang di dapat dari dunia ini disebabkan oleh sebuah informasi. Informasi pada pakan ternak juga tak kalah penting karna demi tumbuh kembang ternak tersebut. Begitu juga pada pemilik dan staff dalam Inventori Pakan Ternak pada Kelompok Tani Karya Bersama. Untuk mempermudah para staff dan pemilik pakan ternak adanya jalan keluar yang mudah, salah satunya “Pembuatan Sistem Informasi Inventori Pakan Ternak” berbasis Web pada Kelompok Tani Karya Bersama dengan menggunakan metode Design Thinking” agar dapat dilihat dengan internet dimana saja dan kapan saja. Pembuatan Web tersebut menggunakan Bahasa pemrograman HTML, PHP, JavaScript dan CSS. Dalam hasil akhir dari penelitian ini ialah sebuah web yang berisikan sebuah informasi-informasi yang ada pada Kelompok Tani Karya Bersama.</p>2024-11-16T04:54:49+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13195Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Untuk Perpustakaan (Studi Kasus : Perpustakaan MTsN 4 Langkat)2024-11-16T05:38:01+00:00Darma Putra Lubisdarma.p06@gmail.comRian Farta Wijayadarma.p06@gmail.comDarmeli Nasutiondarma.p06@gmail.comKhairul Khairuldarma.p06@gmail.comSri Wahyunidarma.p06@gmail.com<p>Penelitian ini berfokus pada analisis dan perancangan tata kelola Teknologi Informasi (TI) di Perpustakaan MTsN 4 Langkat menggunakan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3, khususnya pada domain Service Design. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan TI serta kualitas layanan perpustakaan. Melalui analisis kebutuhan, pengumpulan data dari pimpinan, pengguna dan staf perpustakaan, serta penerapan best practice ITIL V3, penelitian ini menghasilkan Tata Kelola TI yang menerapkan best practice ITIL V3, rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pengelolaan Service Level Agreement (SLA) yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ITIL V3 di perpustakaan ini dapat membantu dalam perbaikan berkelanjutan dan meningkatkan kepuasan pengguna.</p>2024-11-16T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13196Analisis Clustering Pada Pemilihan Tema VSGA Dengan Metode K-Means Dan KNN2024-11-16T05:50:55+00:00Arif Rahmanarieprahmaan@gmail.comAndysah Putera Utama Siahaanarieprahmaan@gmail.comKhairul Khairularieprahmaan@gmail.comMuhammad Iqbalarieprahmaan@gmail.comZulham Sitorusarieprahmaan@gmail.com<p>Dalam era digital ini, pemilihan tema pelatihan yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia di berbagai bidang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan tema pelatihan pada program <em>Vocational School Graduate Academy</em> (VSGA) menggunakan metode <em>clustering K-means. Clustering</em> digunakan untuk mengelompokkan tema pelatihan berdasarkan jumlah peserta yang berhasil lulus, usia, hasil tes substansi, jenis kelamin, dan status peserta. Setelah pengelompokan, metode <em>K-Nearest Neighbors (KNN)</em> digunakan untuk klasifikasi lebih lanjut guna memprediksi tema pelatihan yang paling sesuai untuk peserta baru berdasarkan hasil clustering sebelumnya. Data penelitian diambil dari rekaman peserta pelatihan VSGA selama beberapa periode. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan kombinasi <em>K-means </em>dan KNN memberikan akurasi yang tinggi dalam memprediksi tema pelatihan yang relevan dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan terkait penempatan pelatihan peserta. Studi ini menyimpulkan bahwa analisis data yang komprehensif dan metode pembelajaran mesin dapat memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan efektivitas program pelatihan.</p>2024-11-16T05:50:54+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12960Perancangan Data Mart Penjualan Pada PT. XYZ2024-11-16T05:58:55+00:00Jerrico Alan Mokjerrico.825210086@stu.untar.ac.idDedi Trisnawarmandedit@fti.untar.ac.id<p><em>Di era digital, pengelolaan data penjualan menjadi vital bagi perusahaan dalam menghadapi dinamika pasar dan meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan merancang data mart penjualan di PT. XYZ untuk mengintegrasikan data penjualan sekaligus menyediakan sistem informasi yang mendukung pengambilan keputusan. Data mart berfungsi sebagai repositori terpusat yang memungkinkan penyajian informasi secara real-time, mempercepat pengumpulan data, serta meningkatkan aksesibilitas dan kecepatan analisis. Metode yang digunakan adalah Kimball Nine-Step Methodology, yang meliputi identifikasi proses bisnis, perancangan skema bintang, serta proses ETL (Extract, Transform, Load) menggunakan Pentaho Data Integration dan Microsoft SQL Server Management Studio. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis data penjualan tahun 2022-2023. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan efisiensi dalam pengelolaan data penjualan, yang mendukung PT. XYZ dalam mencapai efisiensi operasional dan memperkuat proses pengambilan keputusan.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>:</em><em> Data Mart, Nine-Step </em>Kimball<em>, Extract Transform Load </em>(ETL), Penjualan</p>2024-11-16T05:57:59+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12751Pemantauan Limbah Amonia Menggunakan Sistem IoT Berbasis Android2024-11-16T06:05:22+00:00Raden Ayu Janica Rahmaditha Indriaswarirdnayjnc@gmail.comRodhiyah MardhiyyahRodhyah.office@staff.uty.a.cid<p><em>The development of the urea fertilizer industry in increasing fertilizer production has had negative impacts, especially related to the increase in ammonia waste which can endanger the health of local communities. To overcome this, a warning system was developed that can monitor and manage the spread of ammonia in the environment. This system uses data analysis methods and sensor technology to detect dangerous ammonia levels and provide real-time information to the public. With a warning system in place, companies can take immediate action to control waste, prevent further negative impacts, and support sustainability efforts. Apart from that, this system also increases public awareness of the importance of maintaining air quality and health, as well as encouraging company transparency regarding the resulting environmental impacts. It is also hoped that the community's active role in monitoring can strengthen relations between the company and local residents.</em></p>2024-11-16T06:05:22+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12873Rancang Bangun Dashboard Appointment Pada Layanan Kesehatan Mental X Dengan Metode Prototyping2024-11-16T08:54:25+00:00Octarifa Angelaoctarifa.825210106@stu.untar.ac.idRahmiyana Nurkholizarahmiyana.825210110@stu.untar.ac.idValerie Lawrencevalerie.825210147@stu.untar.ac.idDedi Trisnawarmandedit@fti.untar.ac.idJap Tji Bengt.jap@untar.ac.id<p>Data berkontribusi secara signifikan dalam kesinambungan suatu perusahaan. Data berpengaruh besar melalui<br>informasi yang disediakannya. Untuk itu penting bagi suatu perusahaan dapat mengelola serta memanfaatkan<br>data yang tersedia. Demikian pula pada layanan kesehatan mental X yang mengoptimalkan layanannya melalui<br>pemanfaatan data secara efektif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah dashboard<br>sehingga dapat digunakan dalam memahami, monitoring, menganalisis data, dan mendukung pengambilan<br>keputusan. Perancangan dashboard dilaksanakan dengan menggunakan metode prototyping yang terdiri dari<br>empat tahapan yaitu communication, quick plan and modeling quick design, construction of prototype, dan<br>deployment delivery and feedback. Data divisualisasikan sehingga menghasilkan sebuah dashboard dengan<br>menggunakan tools Microsoft Power BI. Dengan dashboard yang dirancang, data dapat lebih mudah dipahami<br>sehingga mendukung dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan kinerja layanan. Pengambilan<br>keputusan dilakukan berdasarkan Key Performance Indicator (KPI). Adanya dashboard juga menghasilkan<br>suatu informasi yang berguna bagi proses bisnis melalui data yang ada.<br>Kata Kunci: Dashboard, Data, Key Performance Indicator (KPI), Metode Prototyping, Microsoft Power BI</p>2024-11-16T08:54:25+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13031Visualisasi Data Penjualan PT XYZ Dengan Tableau2024-11-16T09:15:02+00:00Ariya Sagaroariya.825210109@stu.untar.ac.idTri Sutrisnoariya.825210109@stu.untar.ac.idIrvan Lewenusaariya.825210109@stu.untar.ac.id<p><em>In a competitive business environment, Company XYZ faced challenges in efficiently managing and analyzing sales data. To address this issue, this study developed an interactive dashboard that simplifies data visualization through prototyping methods, using the Extract, Transform, and Load (ETL) process with Google Colab and Python, and final visualization using Tableau. The goal was to speed up and clarify the decision-making process by presenting sales data in various visual formats such as graphs, charts, and maps. The author faced several significant challenges including integrating inconsistent data from various sources, gaining a deep understanding of user needs, overcoming technological limitations, designing an intuitive user interface, and the necessity for comprehensive testing to ensure system reliability. As a result, this dashboard enhanced operational efficiency and data analysis quality at Company XYZ, enabling quicker responses to market dynamics and improving the company’s competitiveness. With this dashboard, Company XYZ has been able to minimize data analysis time while enhancing accuracy in their business and operational strategies.</em></p>2024-11-16T09:15:02+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13084Pengembangan Sistem Manajemen Stok, Penjualan, Dan Reseller Berbasis Progressive Web Application (Pwa) Dengan Metode EOQ Dan Reorder Point Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm Mamono Cake Di Kabupaten Garut2024-11-16T09:27:01+00:00Esa Fauziesa.fauzi@gmail.comRickard Elsenrickardelsen@itg.ac.idYani Irianiyani.iriani@widyatama.ac.idEdbert Wijaya Irawanedbert.irawan@unai.edu<p> Pengembangan Sistem Manajemen Stok, Penjualan, dan Reseller berbasis Progressive Web Application (PWA) diterapkan pada UMKM Mamono Cake di Kabupaten Garut dengan tujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan persediaan dan meningkatkan efisiensi penjualan. Aplikasi ini menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Reorder Point yang memungkinkan pemantauan stok secara real-time, memberikan notifikasi otomatis ketika stok mencapai batas minimum, serta memfasilitasi manajemen pesanan reseller. Dengan teknologi berbasis PWA, aplikasi ini dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat, baik desktop maupun mobile, dengan antarmuka yang responsif. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil meningkatkan efisiensi operasional UMKM, khususnya dalam manajemen stok dan penanganan pesanan reseller. Penggunaan metode EOQ dan Reorder Point memberikan kemudahan dalam pengelolaan persediaan, mencegah terjadinya kekurangan stok, dan memungkinkan pemilik usaha mengambil keputusan yang lebih cepat dan tepat. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pengelolaan pesanan reseller secara otomatis, sehingga mempercepat waktu respon terhadap pesanan dan meningkatkan akurasi dalam pengiriman produk. Secara keseluruhan, aplikasi ini telah membantu UMKM Mamono Cake dalam meningkatkan produktivitas usaha dan penjualan melalui penerapan teknologi digital. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi UMKM lainnya yang ingin mengadopsi teknologi serupa untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas pasar mereka di era digital.</p>2024-11-16T09:27:01+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12916Perancangan Datamart Nilai Akademik Siswa Pada SMA Z Bekasi2024-11-21T02:31:37+00:00Andrew Haikal Marcydiazandrew.825210152@stu.untar.ac.idFebby Nurul Fitriyafebby.825210150@stu.untar.ac.idAlice Shizuka Hutagaolalice.825210095@stu.untar.ac.idDedi Trisnawarmandedit@fti.untar.ac.idJap Tji Bengt.jap@untar.ac.id<p>Pemantauan prestasi akademik siswa merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. SMA Z Bekasi membangun dashboard analitik untuk membantu pemantauan prestasi akademik siswa. Dalam pembangunan dashboard tersebut, diperlukannya datamart yang memiliki peran penting dalam pengelolaan nilai akademik secara efisien dan terstruktur, serta menyatukan data dalam satu sumber dan format. Penelitian ini bertujuan untuk merancang datamart yang mengakomodasi kebutuhan pengelolaan data nilai akademik siswa secara terpusat. Datamart dirancang menggunakan pendekatan <em>dimensional modeling</em> dengan metode <em>star schema</em>, yang mencakup tabel fakta nilai akademik dan tabel dimensi seperti siswa, mata pelajaran, dan periode waktu. Proses pengembangan meliputi tahapan <em>extract, transform</em>, <em>and load</em> ETL, sehingga data dari berbagai sumber dapat diintegrasikan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa datamart yang dirancang berhasil meningkatkan efisiensi pengelolaan dan analisis data akademik, serta mendukung proses pengambilan keputusan terkait evaluasi prestasi akademik di SMA Z Bekasi. Implementasi ini juga memudahkan pelaporan dan pemantauan nilai siswa secara lebih cepat dan akurat.</p>2024-11-21T02:31:37+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12917Proses Desain Pada Perancangan Dashboard Pemantauan Penjualan Produk PT. XYZ2024-11-21T02:59:55+00:00Velline Samanthavelline.825210082@stu.untar.ac.idTasya Mulia Salsabilatasya.825210148@stu.untar.ac.idAngeline Carolina Wijayaangeline.825210138@stu.untar.ac.idDedi Trisnawarmandedit@fti.untar.ac.idJap Tji Bengt.jap@untar.ac.id<p>Perancangan desain dashboard penjualan menjadi komponen krusial dalam mendukung efisiensi analisis data dan pengambilan keputusan di perusahaan. Proses ini melibatkan integrasi berbagai elemen visual yang mencakup penggunaan Data Analytics, Decision Support System (DSS), serta desain Human Machine Interface (HMI). Desain dashboard yang efektif tidak hanya mengutamakan penyajian data secara komprehensif, tetapi juga memfokuskan pada aspek visual, seperti pemilihan warna, tata letak, dan format tampilan yang intuitif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dashboard pemantauan penjualan produk di PT. XYZ yang berorientasi pada Key Performance Indicator (KPI) perusahaan, dengan penekanan pada desain user-friendly. Desain yang baik akan memudahkan pengguna dalam memahami data dan meningkatkan efektivitas pemantauan performa penjualan.</p>2024-11-21T02:59:54+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13139Analisis Pemilihan Material Prosthetic Dan Orthotic Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Klinik X2024-11-21T03:11:02+00:00Rahmiyana Nurkholizarahmiyana.825210110@stu.untar.ac.idValerie Lawrencevalerie.825210147@stu.untar.ac.idEllen Gabriel Limborellen.825210125@stu.untar.ac.idWasino Wasinowasino@fti.untar.ac.idJap Tji Bengt.jap@untar.ac.id<p>Pemilihan material dalam bidang prostetik dan ortotik sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan efektivitas alat bantu medis bagi pasien. Penelitian ini mengusulkan penggunaan metode <em>Simple Additive Weighting</em> (SAW) untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pemilihan material. Metode ini memungkinkan evaluasi berbagai kriteria yang relevan, termasuk kebutuhan pasien, aktivitas fisik, kondisi medis, serta preferensi individu. Dengan merancang sebuah sistem pendukung keputusan berbasis pembelajaran mesin, proses seleksi material dapat dioptimalkan sehingga lebih responsif terhadap parameter individual pasien. Studi ini menganalisis beberapa jenis material <em>prosthetic </em>dan <em>orthotic</em> serta bagaimana metode SAW dapat membantu dalam menyusun peringkat material terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa material <em>import </em>memiliki peringkat pertama dalam material terbaik serta integrasi teknologi ini dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengambilan keputusan, memberikan solusi yang lebih dipersonalisasi, dan memperbaiki kualitas hidup pasien.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Disabilitas, Simple Additive Weighting, Prosthetic, Orthotic</em></p>2024-11-21T03:11:02+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12938Implementasi Algoritma Arima Dalam Prediksi Permintaan Penjualan PT X Untuk Optimasi Reorder Point Dan Economic Order Quantity2024-11-21T03:23:10+00:00Meili Christabelmeili.825210143@stu.untar.ac.idDedi Trisnawarmandedit@fti.untar.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen persediaan di PT X melalui implementasi algoritma ARIMA dalam peramalan permintaan penjualan. Metode ini digunakan untuk menghitung <em>Reorder Point</em> (ROP) dan <em>Economic Order Quantity</em> (EOQ) yang optimal, guna menghindari masalah kelebihan maupun kekurangan stok. Data yang digunakan adalah data penjualan harian dari tiga produk terlaris selama periode dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARIMA efektif dalam memberikan prediksi permintaan dengan akurasi tinggi, sehingga mampu meminimalkan biaya persediaan sekaligus meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Model ARIMA terbaik yang dipilih untuk setiap produk adalah ARIMA(1,0,1), dengan hasil perhitungan yaitu ICFRA (ROP = 5026.22, EOQ = 190.88), IMNPB (ROP = 4647.21, EOQ = 73.20), dan VPELA (ROP = 2741.07, EOQ = 191.48).</p>2024-11-21T03:23:09+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12550Implementasi Devops Pada Pengembangan Sistem Informasi Laporan Perkembangan Penyelidikan Polda Jambi2024-11-21T03:33:13+00:00Ade Oktarinojambeiy57@gmail.comAdam Afriansyahadamafriansyah@unaja.ac.idAhmad Ferdian Shoburahmadferdian@unaja.ac.idRD. Rahmat Daulird.rahmat@unaja.ac.id<p>Governance 5.0 merupakan konsep tata kelola yang mengintegrasikan teknologi informasi dalam layanan publik untuk mencapai transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Laporan Perkembangan Penyelidikan di Polda Jambi dengan menggunakan pendekatan DevOps. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan penyelidikan kepolisian melalui pemantauan dan pelaporan perkembangan penyelidikan secara real-time yang terintegrasi dengan aplikasi DORS milik Mabes Polri. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fitur pengawasan tingkat pimpinan melalui notifikasi otomatis WhatsApp, yang akan mengirimkan peringatan jika laporan masyarakat tidak ditindaklanjuti dalam waktu 14 hari. Penelitian ini berhasil mencapai target pengembangan hingga level TKT 3, dengan hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kecepatan layanan penyelidikan. Implementasi sistem ini diharapkan dapat mendukung Polda Jambi dalam mewujudkan tata kelola berbasis teknologi yang lebih baik sesuai dengan visi Governance 5.0.</p>2024-11-21T03:33:13+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12570Evaluasi Kecacatan Produk Pipa Baja Hollow Melalui Pendekatan Statistical Process Control (SPC) Dan FMEA di CV. Perjuangan Steel2024-11-30T14:54:32+00:00Mohammad Wahyu Hidayatwahyuhidayat9205@gmail.comHidayat Hidayatwahyuhidayat9205@gmail.comYanuar Pandu Negorowahyuhidayat9205@gmail.com<p>PERJUANGAN STEEL adalah perusahaan yang fokus dibidang produksi besi dan baja. Besi dan baja yang diproduksi oleh CV. PERJUANGAN STEEL di unit 3 18C, diantaranya yaitu round pipe dan square pipe (hollow). Jenis kecacatan yang terjadi pada proses produksi antara lain yaitu, produk pipa baja hollow mengalami defect diantaranya yaitu undercut, tidak sesuai bentuk, underfill, Panjang tidak sesuai. Oleh karena itu, SPC( Statistical Process Control) dan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, yang meliputi pengumpulan data, analisis data menggunakan SPC, perhitungan RPN menggunakan FMEA, dan rekomendasi perbaikan. Hasil dari penelitian diketahui cacat produk paling dominan adalah undercut (28%), underfill (25%), tidak sesuai bentuk (25%), panjang tidak sesuai (22%). Penyebab kecacatan disebabkan karena faktor manusia, material, dan mesin. Nilai RPN tertinggi yaitu 432 pada mesin kurang maintenance.</p>2024-11-30T14:54:31+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12583Analisis Tingkat Risiko Keluhan Musculoskeletal Disorder (Msds) Pada Pekerja Welder Di PT Xyz Dengan Metode Reba Dan Owas2024-11-30T15:13:47+00:00Gala Arda Fahmi RozaqiGalaarda21@gmail.comAkhmad Wasiur Rizqiakhmad_wasiur@umg.ac.idHidayat Hidayathidayat@umg.ac.id<p>Pekerjaan konstruksi di PT Xyz yang beresiko terkena gangguan <em>musculoskeletal</em> adalah <em>Welder</em>. Pekerjaan yang dilakukan dengan posisi yang tidak tepat secara berulang dapat meningkatkan gangguan pada sistem <em>muskuloskeletal </em>dan berpotensi merusak kesehatan pekerja. Penelitian dilakukan untuk mengetahui risiko sistem <em>Musculoskelletal</em> pekerja dan memberi usulan perbaikan pada pekerja. Penelitian ini menggunakan metode REBA dan OWAS, hasil analisis postur kerna ini menunjukan jika skor paling tinggi pada pekerja ketiga dengan skor REBA 12 dan nilai kategori OWAS 4 artinya Pada sikap ini termasuk pada kategori sangat berbahaya dan perlu adanya perbaikan sekarang juga, sedangkan postur kerja pekerja pertama dan kedua memiliki hasil kategori yang sama, dengan skor REBA 11 dan nilai kategori OWAS 2 yang berarti di kategori ini postur kerja berbahaya bagi sistem <em>musculoskeleta</em>l dan perlu adanya perbaikan di masa yang akan datang. Usulan yang diberikan berupa perbaikan postur tubuh dan penambahan alat saat bekerja</p>2024-11-30T15:13:47+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12956Analisis Kepuasan Pelanggan Cv Donattour By Mitarasa Menggunakan Metode (Servqual) dan Metode Analisis Kinerja (IPA)2024-11-30T15:26:39+00:00Roihatus MiskiyahRoihatusmiskiyah@gmail.comHidayat Hidayathidayat@umg.ac.idYanuar Pandu Negoroyanuar.pandu@umg.ac.id<p>Persaingan antar perusahaan semakin ketat saat ini. Merk memiliki peran penting dan menjadi asset perusahaan yang paling berharga. Merek diduga bisa berperan dalam meningkatkan saing produk dengan menciptakan citra khusus yang menghasilkan asosiasi tertentu pada pikiran konsumen. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan CV Donatour dan untuk melihat apakah ada perbedaan yang signifikan antara persepsi dan harapan pelanggan dalam setiap dimensi. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, peneliti melakukan penelitian dengan pendekatan kualitas layanan Servqual - IPA. Data dikumpulkan melalui kuisioner.</p> <p>Data dianalisis menggunakan metode Servqual dan (IPA). Kuisioner ini mencakup dua puluh dua atribut kualitas yang dikelompokkan ke dalam lima dimensi. IPA digunakan untuk memberikan prioritas pada atribut kualitas layanan. Metode Servqual menemukan adanya kesenjangan negatif yang menunjukkan pelayanan kurang optimal. Harapannya, hasil dari penelitian ini agar dapat bermanfaat kepada manajemen perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>:kepuasan pelanggan, Service Quality, Impormance analysis</em></p>2024-11-30T15:26:38+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13228Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Drumming White Oil PT. ABC Dengan Metode Six Sigma Dan FMEA2024-11-30T16:02:46+00:00Bayu De Wanda Putraismi_elly24@umg.ac.idElly Ismiyahismi_elly@umg.ac.id<p>PT. ABC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa distribusi bahan kimia salah satunya white oil. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah drumming. Pada proses drumming terdapat 4 CTQ (Critical To Quality) meliputi pengotoran, drum bocor, seal rusak, dan kurang timbang. Selama periode Januari-Agustus 2024, proporsi cacat produk sebesar 6,38%. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi cacat produksi dengan metode six sigma dan mengetahui solusi prioritas tindakan perbaikan yang dilakukan dengan metode FMEA. Hasil analisis menunjukkan nilai sigma pada proses drumming sebesar 3,72, cacat pengotoran merupakan jenis cacat yang dominan. Faktor utama penyebab hal tersebut adalah kondisi pompa dan filter yang bermasalah. Solusi tindakan perbaikan yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan pompa secara rutin, membersihkan atau mengganti filter khusus white oil, membuat jadwal rutin perawatan pompa, melakukan perawatan pada jaringan pipa white oil, dan menggunakan pompa dan filter khusus white oil.</p>2024-11-30T16:02:45+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12543Analisis Efisiensi Tata Letak Produksi Minyak Pelumas Botol PT. XYZ Menggunakan Integrasi Metode FTC dan ARC2024-11-30T16:15:23+00:00Amanda Rizqi Khoiriyahamandakhairahafiza@gmail.comMoh. Jufriyantoamandakhairahafiza@gmail.com<p>PT.XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan penjualan minyak pelumas. Salah satu persoalan terkait penempatan stasiun kerja dibidang produksi pelumas kemasan botol pada PT.XYZ yaitu jarak perpindahan antara area pallet holder menuju area finsih produk yaitu terlalu panjang. Penelitian ini dilakukan untuk mengurangi jarak perpindahan. Salah satu metodologi yang cocok digunakan untuk menganalisis kondisi tersebut adalah yaitu <em>FTC</em> dan <em>ARC</em>. Dengan integrasi kedua metodologi ini memiliki kelebihan untuk menentukan besarnya efisiensi guna mengoptimalkan keseluruhan kinerja. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat efisiensi sebesar 30% dari layout awal, yang disebabkan karena menurunnya jarak antar fasilitas sebanyak 78,9 meter.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> From To Chart (FTC), Activity Relation Chart (ARC), Fasilitas, Layout</p>2024-11-30T16:15:23+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13137Perancangan Alat Penyaring Udara Kotor Dengan Sistem Elektroforesis Menggunakan Metode Verein Deutsche Ingenieuer 2222 (VDI 2222)2024-11-30T16:59:26+00:00Taufiq Akbartaufiqakbar5489@gmail.comNazaruddin Nazaruddintaufiqakbar5489@gmail.comAnwardi Anwarditaufiqakbar5489@gmail.comSuherman Suhermantaufiqakbar5489@gmail.com<p>Penelitian ini berfokus pada perancangan alat penyaring udara kotor dengan sistem elektroforesis. Metode penelitian menggunakan metode <em>Verein Deutcher Ingenieure </em>(VDI) 2222. Hasil penelitian menunjukkan menggunakan metode <em>Verein Deutcher Ingenieure </em>(VDI) 2222 yang telah dilakukan, maka alat penyaring udara kotor dengan sistem elektroforesis yang terpilih adalah konsep 1. Dengan spesifikasi alat yaitu menggunakan akrilik bening sebagai rangkanya. Blower fan portable digunakan sebagai sumber angin untuk mendorong udara kotor masuk ke dalam alat dan memasuki penyaringan pertama yaitu air. Selanjutnya udara yang telah disaring pada penyaringan pertama dialirkan ke penyaringan kedua menggunakan fan CPU. Molekul asap yang telah memasuki penyaringan kedua dipecah dengan menerapkan sistem elektroforesis menggunakan coil plasma tesla mini, dan dilakukan berulang kali di dalam alat sehingga dihasilkan udara yang bersih. Dari hasil pengujian alat penyaring udara kotor, proses penyaringan udara kotor hasil pembakaran membutuhkan waktu selama 8 menit 36 detik untuk bisa diperoleh udara yang bersih.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Aplikasi Penjualan, Berbasis Website, Metode <em>Prototyping</em>, SDLC</p>2024-11-30T16:59:26+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12824Implementasi Sistem Penjualan Online Kacamata Berbasis Android Untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis Alat Optik2024-12-01T12:22:14+00:00Fahmi Fatahillahfatahilahfahmi@gmail.comSulistyo Dwi Sancokosulistyo.dwisancoko@staff.uty.ac.id<p>Penelitian ini berfokus pada tantangan penjualan yang dihadapi oleh CV. Optikal Cirebon, sebuah bisnis optik yang sedang berkembang. Sistem e-commerce berbasis Android dikembangkan menggunakan Laravel untuk mempercepat proses transaksi dan memperluas jangkauan pasar. Desain sistem melibatkan pengumpulan data terstruktur serta integrasi Laravel untuk pemrosesan data yang lebih efisien. Pengujian blackbox dilakukan guna memastikan fungsionalitas sistem. Hasilnya menunjukkan pengurangan waktu transaksi, biaya operasional yang lebih rendah, serta jangkauan pasar yang lebih luas di luar area lokal. Fitur utama seperti konsultasi online, katalog produk yang lengkap, dan opsi pembayaran digital yang aman meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Peningkatan ini mendukung pertumbuhan bisnis, terutama dalam industri optik dan penjualan kacamata.</p>2024-12-01T12:22:13+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12640Tata Kelola Sistem Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Menggunakan Togaf2024-12-01T14:11:04+00:00Akhmad Bakhrunabakhrun23@polban.ac.idArdhian Ekawijanaardhian.ekawijana@polban.ac.idIrawan Thamrinirawanthamrin@polban.ac.id<p><em>Sistem Pembelajaran Daring (SPD) telah banyak diterapkan di perguruan tinggi baik sebagai pelengkap maupun sebagai pengganti pembelajaran tatap muka. Pemanfaatan SPD meningkat terutama saat pandemi Covid-19 yang berimplikasi pada pergeseran metode pembelajaran dari konvensional menjadi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Meskipun saat ini wabah pandemi Covid-19 telah berakhir, namun sebagian perguruan tinggi masih tetap menggunakan SPD sebagai penunjang pembelajaran tradisional. Perguruan tinggi menyadari bahwa SPD memiliki manfaat yang positif dari sisi kecepatan pengiriman konten bahan ajar, kemudahan akses terhadap konten bahan ajar kapan dan dari mana saja, mengurangi keterbatasan daya tampung ruang kelas secara fisik, dan dukungan terhadap lifelong learning yang sejalan dengan program pemerintah yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Di sisi lain, perguruan tinggi sudah terlanjur mengalokasikan investasi TIK untuk menunjang SPD. Oleh karena itu, SPD harus terus dikelola agar bertahan lama dan berkelanjutan untuk tetap memberikan manfaat yang baik dalam proses belajar mengajar. Namun demikian, menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi untuk memulai dari mana dan memilih framework apa yang sesuai untuk melakukan tata kelola SPD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang blueprint sebagai rekomendasi untuk membangun tata kelola SPD di perguruan tinggi menggunakan The Open Group Architecture Framework (TOGAF).</em></p>2024-12-01T14:11:04+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12919Pengembangan Aplikasi Konseling Dalam Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Android2024-12-01T14:25:40+00:00Muhammad Riefky Rabbaniriefkyrabbani777@gmail.comUmar Zakyumarzaky@gmail.com<p>Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak negatif terhadap siswa sekolah, salah satunya perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan pada pengembangan aplikasi konseling dalam upaya pencegahan terhadap perilaku perundungan serta efektivitas dan efisiensi pelayanan bimbingan & konseling di SMA Negeri 1 Ciamis. Realtime chat dirancang sebagai komunikasi yang lebih efisien antara siswa dan guru bimbingan konseling melalui aplikasi. Framework Laravel digunakan dalam pemrosesan data dan mengatur seluruh akses pengguna terhadap aplikasi konseling. Pengujian blackbox memberikan hasil yang memuaskan terhadap fungsionalitas sistem yang dibuat. Efisiensi waktu dalam pelayanan konseling, privasi bagi para siswa korban perundungan, serta memberikan efektivitas bagi para siswa dalam mencari informasi yang diperlukan. Aplikasi ini mendukung kesadaran siswa terhadap perilaku perudungan yang membawa dampak besar pada kesehatan mental.</p>2024-12-01T14:25:40+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13122Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Service Quality Dan Improvement Gap Analysis Pada Elisen Kafe2024-12-01T14:44:04+00:00Rizal Dwi Nugrohorizalnugraha809@gmail.comElly Ismiyahismi_elly@umg.ac.id<p>Perkembangan bisnis kafe saat ini telah begitu pesat dikarenakan kafe telah menjadi bagian dari gaya hidup bagi gen z, sehingga penting bagi pemilik kafe untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan mereka untuk dapat lebih unggul dari kompetitor. Penelitian ini mengambil objek Elisen kafe dengan tujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan di Elisen Kafe menggunakan metode <em>Servqual</em> dan <em>Improvement Gap Analysis</em> (IGA). <em>Servqual</em> digunakan untuk mengevaluasi gap antara layanan yang diharapkan dan yang diterima, sementara IGA membantu mengidentifikasi area perbaikan yang dapat meningkatkan kualitas layanan. Responden yang digunakan adalah 75 orang dengan 20 indikator pertanyaan dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan 14 dari 20 atribut memiliki gap negatif yang mengartikan bahwa terdapat kesenjangan antara tingkat kepuasan dan tingkat harapan. Melalui IGA diperoleh bahwa <em>Critical Attribute </em>pada Elisen Kafe meliputi ketepatan jam operasional kafe dan keakuratan informasi media sosial seperti instagram maupun google <em>maps. </em>Solusi yang dapat diusulkan ialah pembuatan SOP jadwal, penyusunan shift, monitoring disertai evaluasi serta pembuatan konten berkala, monitoring serta pelatihan staf.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>Kepuasan Pelanggan, <em>Service Quality</em>, <em>Improvement Gap Analysis</em></p>2024-12-01T14:44:04+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/11379Sistem Analis Ui/Ux Mobile Jkn Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus Peningkatan Akses Dan Kepuasan Pengguna)2024-12-08T02:52:27+00:00Noviyani Purwaning Rohmahnoviyaninovi29@gmail.comHeribertus Yuliantonheri@edu.unisbank.ac.id<p>Sistem analis UI/UX (User Interface/User Experience) dalam aplikasi mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) telah menjadi fokus penelitian dengan pendekatan Design Thinking untuk meningkatkan aksesibilitas dan kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama dalam penggunaan aplikasi JKN, merancang solusi inovatif, dan mengimplementasikannya dengan pendekatan yang berorientasi pada kebutuhan pengguna. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis konten untuk memahami persepsi dan pengalaman pengguna terhadap aplikasi JKN. Hasilnya menunjukkan bahwa beberapa hambatan terkait kompleksitas navigasi, kebingungan terhadap fitur tertentu, dan kurangnya personalisasi dalam pengalaman pengguna. Dengan pendekatan Design Thinking, penelitian ini menghasilkan solusi berbasis pengguna yang melibatkan iterasi prototipe, pengujian pengguna, dan refleksi terus-menerus. Solusi yang diusulkan meliputi penyederhanaan antarmuka, penambahan fitur panduan interaktif, dan personalisasi konten sesuai dengan preferensi pengguna. Implementasi solusi tersebut telah berhasil meningkatkan aksesibilitas dan kepuasan pengguna aplikasi JKN. Evaluasi lanjutan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman pengguna terhadap fungsionalitas aplikasi dan pengurangan kesulitan dalam penggunaannya. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis tentang bagaimana pendekatan Design Thinking dapat diterapkan dalam merancang sistem UI/UX mobile untuk meningkatkan aksesibilitas dan kepuasan pengguna. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya keterlibatan pengguna dalam seluruh proses pengembangan produk untuk mencapai hasil yang optimal.</p> <p>Kata kunci: Sistem Analis UI/UX, Design Thinking, JKN Mobile</p>2024-12-08T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12800Analisis Kelayakan Usaha Produksi Keripik Sirip Hiu di UD. Rovita2024-12-08T03:06:37+00:00Fahri Alvianfahrialvian00@gmail.comMoh. Jufriyantojufriyanto@umg.ac.id<p>Rovita merupakan perusahaan makanan yang memproduksi keripik sirip ikan hiu. Selama proses operasi perusahaan belum pernah melakukan penilaian kelayakan usaha, sehingga dilakukannya penelitian ini untuk menilai kelayakan usaha. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis biaya dan laba untuk evaluasi data. Guna menilai kelayakan usaha, digunakan rumus Revenue Cost(R/C), Benefit Cost Ratio(B/C), dan Return On Investment(ROI). Hasil penelitian menunjukkan penjualan keripik sirip ikan hiu per-tahun Rp.1.000.000.000, biaya produksi per-tahun Rp.537.949.483. Biaya produksi meliputi biaya tetap Rp.519.600.000 dan biaya variabel Rp.18.349.483. Berdasarkan analisis data, diperoleh laba per-bulan Rp. 462.050.517. Perhitungan kelayakan usaha yang direpresentasikan dengan R/C Ratio membandingkan pendapatan dengan total biaya sebesar 1,86, yang berarti 1,86 > 1. B/C Ratio merupakan penilaian laba terhadap total biaya produksi yang nilainya lebih dari nol, dengan nilai perbandingan sebesar 0,86 atau 0,86 > 0. Nilai ROI yang diperoleh dari perbandingan laba dan modal produksi sebesar 86%, Sehingga usaha ini menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Kata Kunci : Analisis Bisnis, Keuntungan, Kelayakan Bisnis, Keripik Bisnis</p>2024-12-08T03:06:37+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12907Model Aplikasi Point of Sale pada Toko Ada Berbasis Android2024-12-08T03:17:46+00:00Ikbal Sohiburido Lukfisohiburido05@gmail.comFarida Ardianiardianifarida@gmail.com<p>Pengembangan aplikasi <em>Point of Sale</em> (POS) berbasis android untuk Toko Ada, sebuah toko ritel di Batang, Jawa Tengah, Indonesia. Toko Ada, yang didirikan pada tahun 2022, menghadapi tantangan operasional akibat pencatatan penjualan dan manajemen inventaris yang dilakukan secara manual, yang mengakibatkan ketidakefisienan dan kesalahan. Dari masalah tersebut, penelitian ini menyarankan penerapan sistem POS modern yang terhubung dengan payment gateway, dengan tujuan meningkatkan efisiensi transaksi serta pengalaman pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Proses pengembangan mengikuti model air terjun yang mencakup analisis, perancangan, pelaksanaan, pengujian, penerapan, dan pemeliharaan. Temuan penelitian menunjukkan antarmuka aplikasi yang ramah pengguna dengan fitur manajemen produk dan transaksi yang efektif, serta pengujian yang mengonfirmasi bahwa sistem berfungsi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem POS berbasis Android dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional Toko Ada.</p>2024-12-08T03:17:46+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12467Analisis Efektivitas Kinerja Mesin Sandblasting Manual Dan Otomatis Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dan Fault Tree Analysis (FTA)2024-12-08T03:30:47+00:00Ricky Wahyu Kurniawank.rickywahyu@gmail.comHidayat Hidayathidayat@umg.ac.idMoh. Jufriyantojufriyanto@umg.ac.id<p>BSB merupakan perusahaan konstruksi dalam bidang fabrikasi baja. Selama proses produksi masih ditemukan beberapa hambatan, terutama pada mesin sandblasting manual & otomatis. Dengan hambatan seperti selang nozzel rusak, involter air rusak, dan hambatan lainnya. Adanya masalah yang ada, mesin mengalami Reduce Speed Loss yang menyebabkan efektivitas berkurang. Tujuan penelitian ini menentukan nilai efektivitas mesin dengan metode OEE, kemudian mencari jenis losses yang dominan terhadap penurunan efektivitas mesin serta menganalisis akar permasalahan penyebab kegagalan pada komponen mesin sandblasting manulal & Aultomatic. Hasil perhitungan menunjukkan nilai OEE sebesar 81,56% mesin manual dan 80,55% untuk otomatis yang tergolong perlu dilakukan improvisasi. Jenis losses yang paling dominan terhadap penurunan efektivitas mesin adalah Reduce Speed Loss dengan nilai sebesar 25,72% mesin manual dan 16,43% untuk otomatis. Kemudian untuk akar permasalahan terjadinya kerusakan pada komponen mesin dikarenakan kurangnya perawatan.</p>2024-12-08T03:30:46+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12896Implementasi Metode Material Requirement Planning (MRP) Dalam Pengendalian Bahan Baku Di CV. D BY MITARASA2024-12-08T03:47:32+00:00Jihan Faustina Sarijihanfaustina06@gmail.comHidayat Hidayathidayat@umg.ac.idYanuar Pandu Negoroyanuar.pandu@umg.ac.id<p>D adalah perusahaan produksi makanan dengan produk donat, bahan baku utama yang digunakan yaitu tepung, telur, ragi, susu bubuk, margarin, dan gula. Namun, dalam melakukan perencanaan kebutuhan bahan baku terjadi kekurangan maupun kelebihan yang membuat sistem produksi terjadi masalah. Tujuan penelitian ini untuk dapat melakukan perencanaan kebutuhan bahan baku. Dalam perencanaan yang dapat memecahkan masalah yaitu dengan menggunakan metode MRP. Dalam perhitungan MRP didapatkan total biaya persedian LFL sebesar Rp. 2.220.000 dan EOQ sebesar Rp. 1.450.674 sedangkan dari perusahaan sebesar Rp. 2.328.973. Sehingga metode yang tepat di terapkan pada perusahaan yaitu metode MRP dengan metode EOQ. Kata Kunci: Material Requirement Planning, Lot-Sizing, Peramalan.</p>2024-12-08T03:47:31+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13386Sistem Informasi Keuangan Masjid Dengan Menggunakan Metode Extreme Programing2024-12-08T14:51:32+00:00Andika Rifandiandikarifandi614@gmail.comMuhamad Aldaandikarifandi614@gmail.com<p>Pengelola keuangan masjid merupakan bagian penting dalam menjalankan aktivitas pembangunan kemakmuran masjid, oleh karena itu amal yang berasal dari umat sangat bermanfaat demi kelangsungan pengelolaan masjid. pada saat ini sistem yang berjalan di masjid nurul iman yaitu seperti tim pengelola keuangan masjid nurul iman masih melakukan secara manual dengan cara laporan keuangan dicatat dibuku dan di print out ditempel dinding masjid. Kemudian pengelola mengunjungi donatur satu per satu maupun bagi donatur yang harus menunggu kedatangan pengelola keuangan. perancangan sistem informasi keuangan masjid berbasis mobile agar pengelola keuangan masjid dan donator memberikan donasi secara online dan otomatis, serta pencatatan dan penyajian pelaporan keuangan yang lebih terstruktur dan mudah diakses dilihat kapan saja adalah tujuan penelitian ini dilakukan, Metode Extreme Programing untuk pengembangan sistem, Dengan adanya sistem informasi keuangan masjid ini dapat membantu pengelola keuangan lebih mudah meyajikan laporkan pemasukkan dan pengeluaran saldo masjid kepada jamaah dan donatur memahami dengan jelas bahwa uang sumbangan digunakan untuk kebutuhan apa saja di masjid Nurul Iman melalui perangkat seluler mobile android</p>2024-12-08T14:50:32+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12623Analisis Efisiensi Relayout Production Flow Oli Drum Menggunakan Metode TFD dan FTC Pada PT. XYZ2024-12-19T12:33:45+00:00Mohammad Nabil Firmansyahnabilfirmansyah97@gmail.comMoh. Jufriyantonabilfirmansyah97@gmail.com<p>XYZ adalah anak Perusahaan milik negara yang mana Perusahaan ini memproduksi pelumas mesin. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis pelumas/oli dengan berbagai macam merk dan ukuran kemasan. Saat ini permasalahan yang terjadi di Perusahaan adalah kurangnya efisiensi produksi akibat jarak perpindahan material yang terlalu jauh. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah mengintegrasikan metode Triangular Flow Diagram (TFD) dan From To Chart (FTC). Kedua metode tersebut digunakan untuk membantu Perusahaan mengidentifikasi aliran material dan meningktakan efisiensi secara keseluruhan melalui pendekatan berbasis data. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat efisiensi jarak perpindahan sebesar 40% dari layout lama. Kata Kunci: Triangular Flow Diagram (TFD), From To Chart (FTC), Fasilitas, Layout</p>2024-12-19T12:33:45+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12840Identifikasi Tingkat Kecacatan Kemasan Mie Instant Soto Menggunakan Metode Six Sigma Dan Fmea Pada PT. Xyz2024-12-19T12:56:25+00:00Aprilia Catur Pratiwiaprilliacatur2003@gmail.comHidayat Hidayathidayat@umg.ac.idEfta Dhartikasari Priyanaeftadhartikasari@umg.ac.id<p>XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi mie instan, dalam proses produksinya melibatkan pengemasan mie beserta tambahan bumbu sesuai dengan variasi beragam rasa. Namun, dalam proses tersebut, terjadi berbagai jenis cacat produk, seperti masalah pada suhu atau sambungan, kebocoran bumbu oil dalam kemasan, gencet bumbu, gencet mie, serta kesalahan cetak tanggal kedaluwarsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi cacat produk menggunakan metode Six Sigma dan FMEA. Berdasarkan analisis data, produk mie Instan soto memiliki nilai sigma sebesar 4,96. Selain itu, nilai RPN tertinggi ditemukan pada masalah suhu atau sambungan, dengan faktor manusia (man) sebagai penyebab utama, mencapai nilai 504. Sementara itu, kebocoran bumbu oil dalam kemasan juga memiliki nilai RPN tertinggi sebesar 576, yang juga disebabkan oleh faktor manusia (man). Kata Kunci: Mie Instan, Six Sigma, FMEA, RPN</p>2024-12-19T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12801Analisis Pengendalian Kualitas Liquid NaOH Dengan Metode SQC dan FMEA Pada PT. AJG2024-12-19T13:09:42+00:00Rahmat Hasyimrahmathasyim12@gmail.comHidayat Hidayathidayat@umg.ac.idEfta Dhartikasari Priyanaeftadhartikasari@umg.ac.id<p>PT.Aneka Jasa Grhadika adalah perusahaan menggunakan sistem produksi <em>Make to Order</em> (MTO), <em>Assembly to Order</em> (ATO), dan <em>Engineer to Order</em> (ETO). Produknya dibuat dengan sangat mempertahankan kualitas untuk memberikan kepuasaan kepada pelanggan. PT.AJG juga bekerja di bidang <em>Engineering, Procurement,</em> dan <em>Construction</em> (EPC). Permasalahan seringkali terjadi yaitu ketidaksesuaian antara liquid NaOH yang diterima dan standar spesifikasi perusahaan selama proses pengadaan. Peneliti membicarakan untuk mengetahui apa yang menyebabkan liquid NaOH tidak sesuai dan bagaimana mengendalikan kualitas dengan benar. Penelitian ini menggunakan metode <em>Statistical Quality Control</em> (SQC) dan <em>Failure Mode and Effect Analysis</em> (FMEA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa liquid NaOH berada di luar batas kendali. Faktor manusia, metode, pengukuran, dan lingkungan adalah penyebab ketidaksesuaian liquid NaOH. Rekomendasi untuk perbaikan termasuk memberikan tugas sertifikasi keahlian kepada karyawan, mengidentifikasi supplier yang memenuhi standar pelayanan dan kualitas terbaik, berkomunikasi dengan rekanan mengenai kondisi aktual kualitas liquid NaoH, dan melakukan pemeliharaan rutin terhadap suhu liquid NaOH.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Cacat<em>, Liquid NaOH, Statistical Quality Control, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA).</em></p>2024-12-19T13:09:42+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12861Analisis Produktivitas Proyek Fabrikasi Menggunakan Metode Objective Matrix, Analytical Hierarchy Proses, Dan Fault Tree Analysis2024-12-19T13:24:00+00:00Ramadhan Muhammad Alfathalfathramadhan1234@gmail.comHidayat Hidayathidayat@umg.ac.idYanuar Pandu Negoroyanuar.pandu@umg.ac.id<p>Produktivitas merupakan aspek yang menentukan keberhasilan suatu industri dalam persaingan dunia industri yang semakin ketat. PT. Ravana Jaya melakukan analisis produktivitas secara total yaitu real waktu selesai proyek dibagi dengan target waktu selesai proyek, tidak melakukan analisis produktivitas secara parsial. Dengan ini perusahaan tidak mengetahui bagian mana yang produktivitasnya rendah pada pengerjaan proyek fabrikasi baja. Dari permasalahan tersebut penelitian menggunakan metode Objective Matrix (OMAX), Analytical Hierarchy Process (AHP), dan Fault Tree Analysis (FTA) dengan langkah menentukan kriteria, pembobotan AHP, menentukan nilai level, nilai interval, indikator performansi, penilaian Traffic Light System. Diketahui bahwa rasio 10 yaitu kualitas welding memiliki nilai produktivitas terendah. kemudian dilakukan analisa mengunakan FTA untuk membuat pohon kegagalan top event dan basic event. Lalu didapat hasil usulan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan produktivitasnya.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: OMAX, AHP, FTA, Analisis Produktivitas</p>2024-12-19T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13310Rancang Bangun Website Pemesanan Sparepart Online Dengan Implementasi Metode Waterfall Pada Bengkel Tiga Putra Di Kota Semarang2024-12-19T13:32:26+00:00Lintang Putra Risaldilintangputrarisaldi@mhs.unisbank.ac.idHari Murtiharimurti@edu.unisbank.ac.id<p>Merancang dan mengembangkan website pemesanan sparepart online untuk Bengkel Tiga Putra di Kota Semarang menggunakan metode Waterfall. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi proses pemesanan, mempermudah akses pelanggan dalam bertransaksi, serta mendukung transparansi dan pengelolaan data oleh bengkel. Metode pengembangan mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Website yang dihasilkan memiliki fitur utama seperti katalog produk, sistem pemesanan online, pengelolaan transaksi, dan laporan penjualan. Implementasi sistem ini diharapkan mampu menjadi solusi efektif dalam mendukung operasional Bengkel Tiga Putra secara digital dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>:Website, Waterfall, Digitalisasi</em></p>2024-12-19T13:31:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13257Sistem Inventory dan Pemesanan Menu Berbasis Web dan Mobile pada Hana Chick2024-12-22T14:02:30+00:00Yuniar Ayu Wulandariyniaraa76@gmail.comIrma Handayaniirma.handayani@staff.uty.ac.id<p>Laporan pemasukan dan pengeluaran sangat penting dalam bisnis untuk mengetahui keuntungan atau kerugian harian<em>. Hana chick</em> adalah sebuah usaha kuliner yang menghadapi permasalahan dalam pencatatan keuangan karena masih menggunakan <em>Microsoft excel</em>. Pencatatan manual ini sering kali menimbulkan selisih hasil dalam laporan keuangan. Selain itu, usaha ini juga menghadapi tantangan dalam layanan pesan online melalui <em>WhatsApp</em> yang sering mengalami keterlambatan respons, sehingga menyebabkan pembatalan pesanan. Berdasarkan permasalahan ini, penelitian bertujuan untuk membangun sistem <em>inventory</em> dan pemesanan menu berbasis <em>web</em> dan <em>mobile</em>. Metode pengembangan yang digunakan merupakan metode dengan sistem <em>Waterfall,</em> sistem ini melibatkan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data pegawai, pelanggan, menu, transaksi, stok dan <em>inventory</em>. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem yang dibangun mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan <em>inventory</em> dan mempercepat proses pemesanan secara online, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.</p>2024-12-22T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/10900Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Baru Berbasis Website Pada PT Shinwoo Global Indonesia2024-12-22T15:21:02+00:00Nandang Iriadifelix24@bsi.ac.idElly Mufidafelix@bsi.ac.idFelix Wuryo Handonofelix@bsi.ac.idPriatno Priatnofelix@bsi.ac.id<p>Perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan untuk melalui pelayanan sistem informasi beragam, salah satu yang memberikan kemudahan adalah dalam pelayanan perekrutan calon karyawan. Oleh sebab itu peran teknologi penting bagi perusahaan atau industri maupun masyarakat. Banyak perusahaan mungkin saat ini sudah menggunakan media online untuk memberikan informasi tentang rekruitmen calon karyawan, tetapi belum pada PT Shinwoo Global Indonesia. PT Shinwoo Global Indonesia merupakan salah satu perusahaan percetakan yang mempunyai banyak konsumen sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga kerja dengan cepat dan lebih efisien maka dari itu perusahaan membutuhkan adanya suatu sistem informasi untuk memberikan kemudahan untuk mendaftarkan diri sebagai calon karyawan pada PT Shinwoo Global Indonesia. Pada perusahaan ini masih dilakukan secara manual mulai dari pencatatan identitas calon karyawan sampai dengan penerimaan karyawan sehingga membuat tidak efesien dan tidak efektif. Dari permasalahan tersebut penulis membangun sistem informasi penerimaan karyawan berbasis web pada PT Shinwoo Global Indonesia yang dikelola oleh manajemen perusahaan dengan harapan dapat lebih memudahkan perusahaan dan calon karyawan dalam proses perekrutan karyawan.</p>2024-12-22T15:21:02+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12857Identifikasi Potensi Bahaya Pada Proses Fabrikasi Dengan Metode HAZOP dan FTA PT. Ravana Jaya2024-12-22T15:32:11+00:00Muhammad Hafid Ar Rohmanmuhammadhafid11092003@gmail.comMoh Jufriyantojufriyanto@umg.ac.idAkhmad Wasiur Rizqiakhmad_wasiur@umg.ac.id<p>Salah satu elemen yang membantu menurunkan frekuensi pada kecelakaan di tempat kerja dan meningkatkan proses produksi pada manufaktur yang produktif merupakan keselamatan dan kesehatan kerja. PT. Ravana Jaya bergerak Pekerja di industri baja merupakan fabrikasi yang terlibat langsung dalam tugas -tugas terkait pekerjaan yang berbahaya dan berisiko tinggi seperti penandaan, pemotongan, penggilingan, pengeboran, pengelasan, dan pengecatan. Dari permasalahan ini penelitin menggunakan metode dari <em>Hazard and Operability Study</em> (HAZOP) serta <em>Fault Tree Analysis</em> (FTA) sebagai mencari tahu dari potensi bahaya apa saja serta mengungkap dari unsur yang berpotensi berbahaya. Dalam penelitian ini ditemukan 40 temuan bahaya dengan 2 yang termasuk dalam golongan risiko tinggi, 28 yang termasuk dalam golongan risiko sedang, 10 yang termasuk dalam golongan risiko rendah. Analisa dan <em>Fault Tree Analysis</em> (FTA) didapatkan hasil 6 basic event dari sinar UV/IR waktu proses welding dan 6 basic event dari pecahnya roda gerinda waktu proses grinding.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em><em>Keselamatan kerja, Hazard and Operability Study, Fault Tree Analysis</em></p>2024-12-22T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##