https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/issue/feed INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science 2024-11-21T03:33:13+00:00 Ahmad Gawdy Prananosa ahmadgawdynano@yahoo.com Open Journal Systems <p align="justify">INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science&nbsp;is published IPM2KPE as the information and communication media for practitioners, researchers and academics who engaged, put interest and fully attention on the development of information system, information technology, computer science, software engineering, informatics engineering, Electrical Engineering &amp; Industrial Engineering.&nbsp;INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science is published annually 6 times every January- March- Mei-July- September and November. Journal of Information Technology and Computer Science publishes articles both in in online/OJS (e-ISSN 2614-1574) and printed (p-ISSN 2621-3249).&nbsp;</p> https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13153 Analisis Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada Fasilitas Penunjang Tower Bandara 2024-11-13T14:44:08+00:00 Arif Zulfahri Siregar arifzulfahrisiregar@gmail.com Zuraidah Tharo zuraidahtharo@dosen.pancabudi.ac.id Dino Erivianto derivianto@gmail.com <p>Perancangan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) pada fasilitas penunjang tower bandara bertujuan untuk menyediakan sumber energi yang ramah lingkungan dan efisien. Penelitian ini menganalisis kebutuhan energi dan potensi pemanfaatan energi surya sebagai sumber daya utama dalam mendukung operasional fasilitas penunjang. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan daya, pemilihan komponen sistem seperti panel surya, inverter, baterai, dan struktur pendukung, serta simulasi untuk mengukur efisiensi dan keandalan sistem. Hasil studi menunjukkan bahwa PLTS mampu menyediakan energi yang cukup untuk operasional fasilitas dengan penghematan energi konvensional dan pengurangan emisi karbon. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi energi di bandara dan mendukung inisiatif keberlanjutan dalam pengelolaan fasilitas infrastruktur bandara.</p> 2024-11-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13154 Optimalisasi Kapasitor Bank Untuk Peningkatan Faktor Daya Pada Beading Plant Di PT Permata Hijau Palm Oleo Kim II 2024-11-13T14:44:08+00:00 Charles Ricardo Sihombing charlesricardosihombing14@gmail.com Zuraidah Tharo zuraidahtharo@dosen.pancabudi.ac.id Erpandi Dalimunthe erpandi@dosen.pancabudi.ac.id <p>Dalam dunia industri penggunaan daya listrik dengan kapasitas yang besar sering sekali ditemukan berbagai permasalahan yang disebabkan oleh beberapa factor. Permasalahan tersebut antara lain adanya beban-beban induktif yang muncul dari beban yang terpasang seperti motor listrik, trafo, generator listrik dan lainnya. Yang dapat menyebakan menurun nya kualitas daya listrik dan rugi rugi daya&nbsp; sehingga dapat menimbulkan harmonisa yang dapat memepengaruhi komponen komponen elektronika. Maka perlu dilakukan perbaikan kualitas daya listrik dengan menaikkan factor daya atau cos phi. Perbaikan cosphi dapat dilakukan dengan menambah kapasitor bank, Pengamatan yang dilakukan melalui studi kasus di PT.Permata HIjau Palm Oleo Kim II Ini menyelidiki tentang pengaruh pemasangan kapasitor bank yang digunakan untuk peningkatan faktor daya (power factor) dengan kompensator kapasitor bank yang menghasilkan daya reaktif kapasitif (Leading) untuk melawan daya reaktif induktif (Lagging) beban listrik tiga phasa. Dimana melalui hasil perhitungan yang dilakukan guna perbaikan faktor daya beban di PT.Permata HIjau Palm Oleo Kim II, dari faktor daya mula-mula sebesar 0,87 menjadi 0,97.</p> 2024-11-13T14:43:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12876 Pengembangan Early Warning System Dengan Smtpclient Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen Data Akreditasi Di PTS Y 2024-11-13T15:18:30+00:00 Tifani Anasya Putri tifani.825210113@stu.untar.ac.id Octarifa Angela octarifa.825210106@stu.untar.ac.id Sekar Aurannisa Ramdhani Qadriah sekar.825210087@stu.untar.ac.id Dedi Trisnawarman dedit@fti.untar.ac.id Jap Tji Beng t.jap@untar.ac.id <p>Early Warning System (EWS) adalah mekanisme untuk memberikan pemberitahuan dini tentang masalah yang dapat memengaruhi suatu sistem. Penelitian ini menerapkan EWS untuk memberikan notifikasi terkait masalah akreditasi program studi di perguruan tinggi swasta Y, yang saat ini belum memiliki sistem serupa. EWS penting dalam manajemen data akreditasi, memastikan pendidikan sesuai standar. Dengan adanya EWS, tindakan proaktif dapat diambil untuk mencegah penurunan kuantitas data yang tidak memenuhi key performance indicators (KPI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data melalui wawancara dan penerapan Scrum yang diselaraskan dengan PMBOK. Implementasi dilakukan menggunakan SmtpClient dalam VB.NET dan ASP.NET, serta akses database melalui SQL Server Management Studio (SSMS) 18. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berhasil memberikan notifikasi terkait penurunan data. Kesimpulannya, penggunaan SmtpClient mempermudah pengembangan aplikasi berbasis web dan pengiriman pesan notifikasi EWS melalui email, mendukung pengelolaan akreditasi di perguruan tinggi. Kata Kunci: early warning system, SmtpClient, PMBOK, akreditasi, perguruan tinggi</p> 2024-11-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12869 Perancangan Dashboard Sebagai Perbandingan Visualisasi Data Iklim BMKG Di Jakarta 2024-11-14T01:57:54+00:00 Divyas Bharath divyas.825210129@stu.untar.ac.id Hugeng Hugeng divyas.825210129@stu.untar.ac.id Manatap Dolok Lauro Sitorus divyas.825210129@stu.untar.ac.id <p><span lang="EN-ID" style="font-size: 10.0pt;">Perubahan iklim global mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk kota besar seperti Jakarta yang menghadapi tantangan cuaca ekstrem dan dampak iklim. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memerlukan pemantauan iklim yang tepat untuk mengatasi masalah terkait cuaca dan iklim. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bertanggung jawab dalam penyediaan data iklim, namun seringkali penyajian data ini kurang memadai untuk mendukung pengambilan keputusan yang efektif. Dashboard visualisasi data dapat menjadi solusi untuk menyajikan informasi yang kompleks dalam format yang lebih mudah dipahami. Dengan dashboard, data iklim dapat diakses secara real-time, meningkatkan respons terhadap perubahan iklim, dan mempercepat pengambilan keputusan melalui tampilan visual yang jelas dan terstruktur. Penelitian ini berfokus pada desain dashboard yang efisien untuk analisis data iklim BMKG di Jakarta, guna mempermudah pemantauan perubahan iklim dan mendukung pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data iklim BMKG di Jakarta menggunakan dashboard untuk mengevaluasi tren kenaikan atau penurunan data iklim tahunan, sehingga memudahkan pemahaman dan keputusan bagi para pengguna.</span></p> 2024-11-14T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12875 Perancangan Data Mart Untuk Manajemen Data Penjualan Pada Kedai Kopi X Di Jakarta 2024-11-14T23:55:46+00:00 Tasya Mulia Salsabila tasya.825210148@stu.untar.ac.id Angeline Caroline angeline.825210138@stu.untar.ac.id Andrew Haikal Marcydiaz andrew.825210152@stu.untar.ac.id Dedi Trisnawarman dedit@fti.untar.ac.id Jap Tji Beng t.jap@untar.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">Data yang kompleks dengan volume besar dan format bervariasi memiliki peran penting bagi suatu perusahaan. Semakin kompleksnya data transaksi penjualan, kebutuhan sistem manajemen data yang efisien untuk memberikan wawasan yang cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan merancang </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">data mart </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">untuk menganalisis data penjualan, mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Data dari </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Online Transaction Processing </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">diubah menjadi </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Online Analytical Processing </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">untuk memudahkan pengolahan, penyimpanan, dan analisis secara efisien. Penelitian ini, menggunakan metode </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Nine-step </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">Kimball untuk perancangan </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">data mart </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">dan mengimplementasikan dalam </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">star schema </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">dengan melakukan proses </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Extract, Transform, Load</span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan data penjualan dari tahun 2023 hingga 2024, disimpan dalam </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Database Management System </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">menggunakan Microsoft SQL Server Management Studio 18. Hasil dari penelitian ini, terbentuknya data mart dengan star schema, yang terdiri dari tabel fakta dan tabel dimensi. Perancangan </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">data mart </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">untuk management dapat mengoptimalkan pemrosesan data penjualan pada kedai kopi x dalam pengambilan keputusan. </span></p> <p><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-weight: bold; font-style: italic;">Kata Kunci</span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">: Data Mart, Extract Transform Load </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">(ETL), Penjualan</span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">, Nine-step </span><span style="font-size: 10.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPSMT';">Kimball </span></p> </div> </div> </div> 2024-11-14T23:55:46+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12786 Implementasi Sistem E-Commerce Berbasis Mobile Android Menggunakan Rest Api Dan Web Service Pada Perusahaan Percetakan 2024-11-16T04:34:00+00:00 Ryan Ali Pratama ryanalipratamaa@gmail.com Anita Fira Waluyo anitafira@uty.ac.id <p>Dalam era digital, <em>e-commerce</em> menjadi elemen penting dalam perdagangan global. Namun, banyak perusahaan masih menghadapi tantangan dalam pemasaran karena keterbatasan akses informasi produk dan pembayaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem <em>e-commerce </em>berbasis aplikasi mobile untuk CV Bintang Tiga Jaya menggunakan teknologi REST API dan <em>web service</em>. Aplikasi dibangun dengan Dart dan Flutter, serta <em>web service</em> menggunakan PHP dan Laravel untuk memudahkan admin memperbarui data. Pembayaran otomatis diintegrasikan dengan Midtrans guna memudahkan transaksi online. Fitur <em>live chat</em> ditambahkan menggunakan Firebase sebagai <em>realtime</em> database, sedangkan data lainnya dikelola dengan MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa REST API berfungsi dengan baik, mempermudah akses data dan meningkatkan aksesibilitas informasi produk, efisiensi operasional, serta proses pembayaran dan interaksi pelanggan dari fitur <em>live chat.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>:</em> <em>E-commerce, Aplikasi Mobile, REST API, Web Service, Flutter</em></p> 2024-11-15T00:02:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12759 E-Library SMAK Frateran Maumere Berbasis Mobile 2024-11-15T00:12:02+00:00 Ludgardis Amadea Diaz deadiaz404@gmail.com Wahyu Sri Utami deadiaz404@gmail.com <p><em>In this digital era, the need for fast and easy access to information is increasing, including in the world of libraries. The Android-based e-library is here as a solution to provide wider and more practical access for users to access various reading materials. The system is designed to provide a user-friendly platform, allowing users to search, borrow, and read a variety of e-books directly from their Android devices. With features such as advanced search, book recommendations, and integrated loan and return management, this e-library aims to improve the reading experience and efficiency in library management. It is hoped that the implementation of an Android-based e-library will not only facilitate access to information but also encourage interest in reading among the wider community, as well as support digital transformation in the library sector</em>.</p> 2024-11-15T00:12:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12758 Inovasi Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Monitoring Pembayaran Wifi 2024-11-15T00:16:58+00:00 Muhammad Tegar Prayogo prayogo42.mp@gmail.com Anita Fira Waluyo prayogo42.mp@gmail.com <p>Ketersediaan layanan internet yang handal dan terjangkau menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat saat ini, terutama di tengah meningkatnya ketergantungan terhadap teknologi informasi. BSI Net, sebagai penyedia layanan internet, menghadapi tantangan signifikan dalam pengelolaan keluhan pelanggan dan sistem pembayaran yang masih bersifat manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi yang menangani layanan keluhan dan pembayaran tagihan Wi-Fi, dilengkapi dengan integrasi payment gateway. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat lunak dengan memanfaatkan teknologi Node.js dan Laravel pada sisi back-end, serta React Native untuk pengembangan front-end. Subjek penelitian ini adalah pelanggan BSI Net yang berinteraksi dengan aplikasi untuk menyampaikan keluhan dan melakukan pembayaran secara daring. Hasil pengujian yang dilakukan dengan pendekatan black-box menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi secara optimal, aman, dan mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat mempermudah pelanggan dalam melaporkan keluhan, membayar tagihan secara online, serta memantau status secara real-time. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional BSI Net dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.</p> 2024-11-15T00:16:58+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12694 Perancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Speedboat Berbasis Android 2024-11-15T00:25:50+00:00 Nur Azizah nurazzh824@gmail.com RR Hajar Puji Sejati nurazzh824@gmail.com <p><em>Speedboat</em> adalah moda transportasi air yang banyak digunakan untuk perjalanan antar pulau atau wilayah yang dipisahkan oleh perairan, khususnya di Kutai Barat. Saat ini, masyarakat Kabupaten Kutai Barat sering menggunakan <em>speedboat</em> dengan rute Melak – Samarinda dan sebaliknya. Namun, proses pemesanan tiket sering mengalami kendala, seperti antrian panjang, keterlambatan keberangkatan, dan kesalahan informasi. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan solusi ini diterapkan dengan lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi dengan menerapkan sistem pemesanan tiket yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket <em>speedboat</em> secara cepat dan akurat melalui perangkat Android. Dengan adanya aplikasi yang telah dibuat, diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam proses pemesanan tiket pada CV. Berkah Kubar Jaya dan mempermudah penumpang dalam mendapatkan tiket sesuai dengan kebutuhan mereka.</p> 2024-11-15T00:25:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12675 Aplikasi Sistem Informasi Tanaman Hortikultura Berbasis Android 2024-11-15T00:31:30+00:00 Maganda Jannati Van Bawono magandajannati3@gmail.com Rodhiyah Mardhiyyah rodhiyah@staff.uty.ac.id <p>Budidaya pertanian tanaman hortikultura memiliki peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi. Namun, masih terdapat kendala dan masalah yang terjadi pada pertanian hortikultura di Kelompok Tani Surya Hijau Kota Yogyakarta. Belum adanya informasi secara cepat mengenai kebutuhan pertanian yang digunakan, sehingga petani mengalami keterlambatan dalam proses penerimaan informasi mengenai obat tanaman hortikultura, penyakit tanaman hortikultura, dan harga pasar tanaman hortikultura. Selain itu, pengelolaan keuangan hasil penjualan tanaman dilakukan menggunakan cara pembukuan, sehingga sering terjadinya kelebihan pengeluaran dan memperlambat proses pencatatan keuangan hasil penjualan tanaman hortikultura. Penelitian ini dilakukan untuk membantu petani tanaman hortikultura dalam pengelolaan tanaman hortikultura dan pengelolaan keuangan petani dengan merancang sebuah aplikasi berbasis Android menggunakan metode <em>Unified Modeling Language</em> (UML). Aplikasi ini membantu dalam pengelolaan keuangan, memberikan informasi mengenai harga pasar tanaman hortikultura, obat tanaman hortikultura, dan penyakit tanaman hortikultura. Harapan dibuatnya aplikasi ini dapat berfungsi untuk memperlancar pengelolaan tanaman hortikultura pada Kelompok Tani Surya Hijau.</p> 2024-11-15T00:31:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12842 Sistem Absensi Online Berbasis Aplikasi Mobile Pada Bimbingan Belajar Kedai Ilmu 2024-11-15T00:36:19+00:00 Alif Sufi Amilianto alifj581@gmail.com Anita Fira Waluyo anitafira@uty.ac.id <p>Pendidikan memiliki peran esensial dalam pengembangan sumber daya manusia, terutama dalam menghadapi tantangan era digital. Namun, masih banyak lembaga bimbingan belajar yang belum mengoptimalkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi bimbingan belajar berbasis Android sebagai solusi bagi Lembaga Bimbingan Belajar Kedai Ilmu. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode prototyping, yang memungkinkan pengembangan aplikasi dilakukan secara dinamis dengan respon cepat terhadap masukan pengguna. Subjek penelitian ini adalah siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA yang membutuhkan dukungan belajar tambahan. Aplikasi ini dilengkapi fitur-fitur seperti pengaturan jadwal belajar, sistem absensi, sistem pembayaran, dan fasilitas chat untuk memfasilitasi interaksi antara siswa dan pengajar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, serta kualitas layanan pendidikan pada lembaga bimbingan belajar di Kedai Ilmu. Aplikasi ini berpotensi menjadi sarana edukasi yang inklusif dan mudah diakses oleh siswa dari berbagai latar belakang.</p> 2024-11-15T00:36:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12841 Optimalisasi Proses Akademik Melalui Pengembangan Sistem E-Rapor Dan Monitoring Siswa Terintegrasi Di SMAN 1 Krangkeng 2024-11-15T00:42:43+00:00 Nanda Fahri Arganta nandafahri051@gmail.com Anita Fira Waluyo anitafira@uty.ac.id <p class="Sammary">Penelitian ini membahas pengembangan sistem monitoring akademik dan kehadiran siswa berbasis digital yang terintegrasi pada SMAN 1 Krangkeng. Permasalahan utama yang teridentifikasi adalah ketidakefektifan sistem pencatatan manual yang mengakibatkan lambatnya proses pelaporan dan tingginya risiko kesalahan data. Pengembangan sistem dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan masukan dari para pengguna. Implementasi sistem menggabungkan platform web dan mobile menggunakan teknologi PHP, MySQL, HTML5, CSS3, JavaScript untuk antarmuka web, serta Dart dan Flutter untuk aplikasi mobile. Evaluasi menunjukkan sistem berhasil meningkatkan efektivitas pengelolaan data akademik hingga 85%, meminimalisir kesalahan pencatatan sampai 95%, dan mengoptimalkan partisipasi orang tua dalam pemantauan akademik siswa mencapai 78%. Transformasi digital ini berhasil mengubah proses pelaporan akademik dari manual selama 3-4 hari menjadi sistem otomatis secara real-time.</p> 2024-11-15T00:42:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12792 Optimalisasi Aplikasi Toko Bangunan Melalui Integrasi Rest Api Dan Whatsapp Gateway 2024-11-15T00:49:48+00:00 Tunggal Listyanto listyantotunggal@gmail.com Wahyu Sri Utami listyantotunggal@gmail.com <p>Manajemen aplikasi toko bangunan menjadi tantangan kompleks karena kurangnya integrasi sistem internal, otomatisasi manajemen stok, dan konektivitas dengan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem berbasis Rest API untuk meningkatkan efisiensi operasional toko. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan sistem dan pengembangan REST API yang mengintegrasikan fungsi-fungsi utama seperti manajemen stok, pemesanan, pembayaran, dan pelacakan pengiriman. Hasil menunjukkan peningkatan efisiensi dalam manajemen stok, peningkatan konektivitas antara aplikasi dengan konsumen melalui integrasi e-commerce, serta peningkatan pengalaman konsumen dengan pelacakan pengiriman secara real-time. Simpulan yang diperoleh adalah sistem berbasis REST API mampu memberikan solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi operasional toko bangunan.</p> 2024-11-15T00:49:47+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13194 Sistem Informasi Inventori Pakan Ternak Menggunakan Metode Design Thinking Pada Kelompok Tani Karya Bersama 2024-11-16T04:54:49+00:00 Rio Septian Hardinata rioseptian@dosen.pancabudi.ac.id Rian Farta Wijaya rianfartawijaya@dosen.pancabudi.ac.id Daratika Pratiwi daratikapratiwi123@gmail.com <p>Inventory merupakan pengertian dari penyimpanan atau biasa disebut dengan Gudang. Pakan ialah suatu asupan atau disebut dengan konsumsi. Semua makhluk hidup pasti mengonsumsi suatu makanan atau vitamin agar tubuhnya kuat dan sehat tak terkecuali hewan ternak. Semua hal yang di dapat dari dunia ini disebabkan oleh sebuah informasi. Informasi pada pakan ternak juga tak kalah penting karna demi tumbuh kembang ternak tersebut. Begitu juga pada pemilik dan staff dalam Inventori Pakan Ternak pada Kelompok Tani Karya Bersama. Untuk mempermudah para staff dan pemilik pakan ternak adanya jalan keluar yang mudah, salah satunya “Pembuatan Sistem Informasi Inventori Pakan Ternak” berbasis Web pada Kelompok Tani Karya Bersama dengan menggunakan metode Design Thinking” agar dapat dilihat dengan internet dimana saja dan kapan saja. Pembuatan Web tersebut menggunakan Bahasa pemrograman HTML, PHP, JavaScript dan CSS. Dalam hasil akhir dari penelitian ini ialah sebuah web yang berisikan sebuah informasi-informasi yang ada pada Kelompok Tani Karya Bersama.</p> 2024-11-16T04:54:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13195 Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Untuk Perpustakaan (Studi Kasus : Perpustakaan MTsN 4 Langkat) 2024-11-16T05:38:01+00:00 Darma Putra Lubis darma.p06@gmail.com Rian Farta Wijaya darma.p06@gmail.com Darmeli Nasution darma.p06@gmail.com Khairul Khairul darma.p06@gmail.com Sri Wahyuni darma.p06@gmail.com <p>Penelitian ini berfokus pada analisis dan perancangan tata kelola Teknologi Informasi (TI) di Perpustakaan MTsN 4 Langkat menggunakan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3, khususnya pada domain Service Design. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan TI serta kualitas layanan perpustakaan. Melalui analisis kebutuhan, pengumpulan data dari pimpinan, pengguna dan staf perpustakaan, serta penerapan best practice ITIL V3, penelitian ini menghasilkan Tata Kelola TI yang menerapkan best practice ITIL V3, rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pengelolaan Service Level Agreement (SLA) yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ITIL V3 di perpustakaan ini dapat membantu dalam perbaikan berkelanjutan dan meningkatkan kepuasan pengguna.</p> 2024-11-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13196 Analisis Clustering Pada Pemilihan Tema VSGA Dengan Metode K-Means Dan KNN 2024-11-16T05:50:55+00:00 Arif Rahman arieprahmaan@gmail.com Andysah Putera Utama Siahaan arieprahmaan@gmail.com Khairul Khairul arieprahmaan@gmail.com Muhammad Iqbal arieprahmaan@gmail.com Zulham Sitorus arieprahmaan@gmail.com <p>Dalam era digital ini, pemilihan tema pelatihan yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia di berbagai bidang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan tema pelatihan pada program <em>Vocational School Graduate Academy</em> (VSGA) menggunakan metode <em>clustering K-means. Clustering</em> digunakan untuk mengelompokkan tema pelatihan berdasarkan jumlah peserta yang berhasil lulus, usia, hasil tes substansi, jenis kelamin, dan status peserta. Setelah pengelompokan, metode <em>K-Nearest Neighbors (KNN)</em> digunakan untuk klasifikasi lebih lanjut guna memprediksi tema pelatihan yang paling sesuai untuk peserta baru berdasarkan hasil clustering sebelumnya. Data penelitian diambil dari rekaman peserta pelatihan VSGA selama beberapa periode. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan kombinasi <em>K-means </em>dan KNN memberikan akurasi yang tinggi dalam memprediksi tema pelatihan yang relevan dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan terkait penempatan pelatihan peserta. Studi ini menyimpulkan bahwa analisis data yang komprehensif dan metode pembelajaran mesin dapat memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan efektivitas program pelatihan.</p> 2024-11-16T05:50:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12960 Perancangan Data Mart Penjualan Pada PT. XYZ 2024-11-16T05:58:55+00:00 Jerrico Alan Mok jerrico.825210086@stu.untar.ac.id Dedi Trisnawarman dedit@fti.untar.ac.id <p><em>Di era digital, pengelolaan data penjualan menjadi vital bagi perusahaan dalam menghadapi dinamika pasar dan meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan merancang data mart penjualan di PT. XYZ untuk mengintegrasikan data penjualan sekaligus menyediakan sistem informasi yang mendukung pengambilan keputusan. Data mart berfungsi sebagai repositori terpusat yang memungkinkan penyajian informasi secara real-time, mempercepat pengumpulan data, serta meningkatkan aksesibilitas dan kecepatan analisis. Metode yang digunakan adalah Kimball Nine-Step Methodology, yang meliputi identifikasi proses bisnis, perancangan skema bintang, serta proses ETL (Extract, Transform, Load) menggunakan Pentaho Data Integration dan Microsoft SQL Server Management Studio. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis data penjualan tahun 2022-2023. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan efisiensi dalam pengelolaan data penjualan, yang mendukung PT. XYZ dalam mencapai efisiensi operasional dan memperkuat proses pengambilan keputusan.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>:</em><em> Data Mart, Nine-Step </em>Kimball<em>, Extract Transform Load </em>(ETL), Penjualan</p> 2024-11-16T05:57:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12751 Pemantauan Limbah Amonia Menggunakan Sistem IoT Berbasis Android 2024-11-16T06:05:22+00:00 Raden Ayu Janica Rahmaditha Indriaswari rdnayjnc@gmail.com Rodhiyah Mardhiyyah Rodhyah.office@staff.uty.a.cid <p><em>The development of the urea fertilizer industry in increasing fertilizer production has had negative impacts, especially related to the increase in ammonia waste which can endanger the health of local communities. To overcome this, a warning system was developed that can monitor and manage the spread of ammonia in the environment. This system uses data analysis methods and sensor technology to detect dangerous ammonia levels and provide real-time information to the public. With a warning system in place, companies can take immediate action to control waste, prevent further negative impacts, and support sustainability efforts. Apart from that, this system also increases public awareness of the importance of maintaining air quality and health, as well as encouraging company transparency regarding the resulting environmental impacts. It is also hoped that the community's active role in monitoring can strengthen relations between the company and local residents.</em></p> 2024-11-16T06:05:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12873 Rancang Bangun Dashboard Appointment Pada Layanan Kesehatan Mental X Dengan Metode Prototyping 2024-11-16T08:54:25+00:00 Octarifa Angela octarifa.825210106@stu.untar.ac.id Rahmiyana Nurkholiza rahmiyana.825210110@stu.untar.ac.id Valerie Lawrence valerie.825210147@stu.untar.ac.id Dedi Trisnawarman dedit@fti.untar.ac.id Jap Tji Beng t.jap@untar.ac.id <p>Data berkontribusi secara signifikan dalam kesinambungan suatu perusahaan. Data berpengaruh besar melalui<br>informasi yang disediakannya. Untuk itu penting bagi suatu perusahaan dapat mengelola serta memanfaatkan<br>data yang tersedia. Demikian pula pada layanan kesehatan mental X yang mengoptimalkan layanannya melalui<br>pemanfaatan data secara efektif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah dashboard<br>sehingga dapat digunakan dalam memahami, monitoring, menganalisis data, dan mendukung pengambilan<br>keputusan. Perancangan dashboard dilaksanakan dengan menggunakan metode prototyping yang terdiri dari<br>empat tahapan yaitu communication, quick plan and modeling quick design, construction of prototype, dan<br>deployment delivery and feedback. Data divisualisasikan sehingga menghasilkan sebuah dashboard dengan<br>menggunakan tools Microsoft Power BI. Dengan dashboard yang dirancang, data dapat lebih mudah dipahami<br>sehingga mendukung dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan kinerja layanan. Pengambilan<br>keputusan dilakukan berdasarkan Key Performance Indicator (KPI). Adanya dashboard juga menghasilkan<br>suatu informasi yang berguna bagi proses bisnis melalui data yang ada.<br>Kata Kunci: Dashboard, Data, Key Performance Indicator (KPI), Metode Prototyping, Microsoft Power BI</p> 2024-11-16T08:54:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13031 Visualisasi Data Penjualan PT XYZ Dengan Tableau 2024-11-16T09:15:02+00:00 Ariya Sagaro ariya.825210109@stu.untar.ac.id Tri Sutrisno ariya.825210109@stu.untar.ac.id Irvan Lewenusa ariya.825210109@stu.untar.ac.id <p><em>In a competitive business environment, Company XYZ faced challenges in efficiently managing and analyzing sales data. To address this issue, this study developed an interactive dashboard that simplifies data visualization through prototyping methods, using the Extract, Transform, and Load (ETL) process with Google Colab and Python, and final visualization using Tableau. The goal was to speed up and clarify the decision-making process by presenting sales data in various visual formats such as graphs, charts, and maps. The author faced several significant challenges including integrating inconsistent data from various sources, gaining a deep understanding of user needs, overcoming technological limitations, designing an intuitive user interface, and the necessity for comprehensive testing to ensure system reliability. As a result, this dashboard enhanced operational efficiency and data analysis quality at Company XYZ, enabling quicker responses to market dynamics and improving the company’s competitiveness. With this dashboard, Company XYZ has been able to minimize data analysis time while enhancing accuracy in their business and operational strategies.</em></p> 2024-11-16T09:15:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13084 Pengembangan Sistem Manajemen Stok, Penjualan, Dan Reseller Berbasis Progressive Web Application (Pwa) Dengan Metode EOQ Dan Reorder Point Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm Mamono Cake Di Kabupaten Garut 2024-11-16T09:27:01+00:00 Esa Fauzi esa.fauzi@gmail.com Rickard Elsen rickardelsen@itg.ac.id Yani Iriani yani.iriani@widyatama.ac.id Edbert Wijaya Irawan edbert.irawan@unai.edu <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pengembangan Sistem Manajemen Stok, Penjualan, dan Reseller berbasis Progressive Web Application (PWA) diterapkan pada UMKM Mamono Cake di Kabupaten Garut dengan tujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan persediaan dan meningkatkan efisiensi penjualan. Aplikasi ini menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Reorder Point yang memungkinkan pemantauan stok secara real-time, memberikan notifikasi otomatis ketika stok mencapai batas minimum, serta memfasilitasi manajemen pesanan reseller. Dengan teknologi berbasis PWA, aplikasi ini dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat, baik desktop maupun mobile, dengan antarmuka yang responsif. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil meningkatkan efisiensi operasional UMKM, khususnya dalam manajemen stok dan penanganan pesanan reseller. Penggunaan metode EOQ dan Reorder Point memberikan kemudahan dalam pengelolaan persediaan, mencegah terjadinya kekurangan stok, dan memungkinkan pemilik usaha mengambil keputusan yang lebih cepat dan tepat. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pengelolaan pesanan reseller secara otomatis, sehingga mempercepat waktu respon terhadap pesanan dan meningkatkan akurasi dalam pengiriman produk. Secara keseluruhan, aplikasi ini telah membantu UMKM Mamono Cake dalam meningkatkan produktivitas usaha dan penjualan melalui penerapan teknologi digital. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi UMKM lainnya yang ingin mengadopsi teknologi serupa untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas pasar mereka di era digital.</p> 2024-11-16T09:27:01+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12916 Perancangan Datamart Nilai Akademik Siswa Pada SMA Z Bekasi 2024-11-21T02:31:37+00:00 Andrew Haikal Marcydiaz andrew.825210152@stu.untar.ac.id Febby Nurul Fitriya febby.825210150@stu.untar.ac.id Alice Shizuka Hutagaol alice.825210095@stu.untar.ac.id Dedi Trisnawarman dedit@fti.untar.ac.id Jap Tji Beng t.jap@untar.ac.id <p>Pemantauan prestasi akademik siswa merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. SMA Z Bekasi membangun dashboard analitik untuk membantu pemantauan prestasi akademik siswa. Dalam pembangunan dashboard tersebut, diperlukannya datamart yang memiliki peran penting dalam pengelolaan nilai akademik secara efisien dan terstruktur, serta menyatukan data dalam satu sumber dan format. Penelitian ini bertujuan untuk merancang datamart yang mengakomodasi kebutuhan pengelolaan data nilai akademik siswa secara terpusat. Datamart dirancang menggunakan pendekatan <em>dimensional modeling</em> dengan metode <em>star schema</em>, yang mencakup tabel fakta nilai akademik dan tabel dimensi seperti siswa, mata pelajaran, dan periode waktu. Proses pengembangan meliputi tahapan <em>extract, transform</em>, <em>and load</em> ETL, sehingga data dari berbagai sumber dapat diintegrasikan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa datamart yang dirancang berhasil meningkatkan efisiensi pengelolaan dan analisis data akademik, serta mendukung proses pengambilan keputusan terkait evaluasi prestasi akademik di SMA Z Bekasi. Implementasi ini juga memudahkan pelaporan dan pemantauan nilai siswa secara lebih cepat dan akurat.</p> 2024-11-21T02:31:37+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12917 Proses Desain Pada Perancangan Dashboard Pemantauan Penjualan Produk PT. XYZ 2024-11-21T02:59:55+00:00 Velline Samantha velline.825210082@stu.untar.ac.id Tasya Mulia Salsabila tasya.825210148@stu.untar.ac.id Angeline Carolina Wijaya angeline.825210138@stu.untar.ac.id Dedi Trisnawarman dedit@fti.untar.ac.id Jap Tji Beng t.jap@untar.ac.id <p>Perancangan desain dashboard penjualan menjadi komponen krusial dalam mendukung efisiensi analisis data dan pengambilan keputusan di perusahaan. Proses ini melibatkan integrasi berbagai elemen visual yang mencakup penggunaan Data Analytics, Decision Support System (DSS), serta desain Human Machine Interface (HMI). Desain dashboard yang efektif tidak hanya mengutamakan penyajian data secara komprehensif, tetapi juga memfokuskan pada aspek visual, seperti pemilihan warna, tata letak, dan format tampilan yang intuitif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dashboard pemantauan penjualan produk di PT. XYZ yang berorientasi pada Key Performance Indicator (KPI) perusahaan, dengan penekanan pada desain user-friendly. Desain yang baik akan memudahkan pengguna dalam memahami data dan meningkatkan efektivitas pemantauan performa penjualan.</p> 2024-11-21T02:59:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/13139 Analisis Pemilihan Material Prosthetic Dan Orthotic Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Klinik X 2024-11-21T03:11:02+00:00 Rahmiyana Nurkholiza rahmiyana.825210110@stu.untar.ac.id Valerie Lawrence valerie.825210147@stu.untar.ac.id Ellen Gabriel Limbor ellen.825210125@stu.untar.ac.id Wasino Wasino wasino@fti.untar.ac.id Jap Tji Beng t.jap@untar.ac.id <p>Pemilihan material dalam bidang prostetik dan ortotik sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan efektivitas alat bantu medis bagi pasien. Penelitian ini mengusulkan penggunaan metode&nbsp;<em>Simple Additive Weighting</em>&nbsp;(SAW) untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pemilihan material. Metode ini memungkinkan evaluasi berbagai kriteria yang relevan, termasuk kebutuhan pasien, aktivitas fisik, kondisi medis, serta preferensi individu. Dengan merancang sebuah sistem pendukung keputusan berbasis pembelajaran mesin, proses seleksi material dapat dioptimalkan sehingga lebih responsif terhadap parameter individual pasien. Studi ini menganalisis beberapa jenis material <em>prosthetic </em>dan <em>orthotic</em> serta bagaimana metode SAW dapat membantu dalam menyusun peringkat material terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa material <em>import </em>memiliki peringkat pertama dalam material terbaik serta integrasi teknologi ini dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengambilan keputusan, memberikan solusi yang lebih dipersonalisasi, dan memperbaiki kualitas hidup pasien.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Disabilitas, Simple Additive Weighting, Prosthetic, Orthotic</em></p> 2024-11-21T03:11:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12938 Implementasi Algoritma Arima Dalam Prediksi Permintaan Penjualan PT X Untuk Optimasi Reorder Point Dan Economic Order Quantity 2024-11-21T03:23:10+00:00 Meili Christabel meili.825210143@stu.untar.ac.id Dedi Trisnawarman dedit@fti.untar.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen persediaan di PT X melalui implementasi algoritma ARIMA dalam peramalan permintaan penjualan. Metode ini digunakan untuk menghitung <em>Reorder Point</em> (ROP) dan <em>Economic Order Quantity</em> (EOQ) yang optimal, guna menghindari masalah kelebihan maupun kekurangan stok. Data yang digunakan adalah data penjualan harian dari tiga produk terlaris selama periode dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARIMA efektif dalam memberikan prediksi permintaan dengan akurasi tinggi, sehingga mampu meminimalkan biaya persediaan sekaligus meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Model ARIMA terbaik yang dipilih untuk setiap produk adalah ARIMA(1,0,1), dengan hasil perhitungan yaitu ICFRA (ROP = 5026.22, EOQ = 190.88), IMNPB (ROP = 4647.21, EOQ = 73.20), dan VPELA (ROP = 2741.07, EOQ = 191.48).</p> 2024-11-21T03:23:09+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/12550 Implementasi Devops Pada Pengembangan Sistem Informasi Laporan Perkembangan Penyelidikan Polda Jambi 2024-11-21T03:33:13+00:00 Ade Oktarino jambeiy57@gmail.com Adam Afriansyah adamafriansyah@unaja.ac.id Ahmad Ferdian Shobur ahmadferdian@unaja.ac.id RD. Rahmat Dauli rd.rahmat@unaja.ac.id <p>Governance 5.0 merupakan konsep tata kelola yang mengintegrasikan teknologi informasi dalam layanan publik untuk mencapai transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Laporan Perkembangan Penyelidikan di Polda Jambi dengan menggunakan pendekatan DevOps. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan penyelidikan kepolisian melalui pemantauan dan pelaporan perkembangan penyelidikan secara real-time yang terintegrasi dengan aplikasi DORS milik Mabes Polri. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fitur pengawasan tingkat pimpinan melalui notifikasi otomatis WhatsApp, yang akan mengirimkan peringatan jika laporan masyarakat tidak ditindaklanjuti dalam waktu 14 hari. Penelitian ini berhasil mencapai target pengembangan hingga level TKT 3, dengan hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kecepatan layanan penyelidikan. Implementasi sistem ini diharapkan dapat mendukung Polda Jambi dalam mewujudkan tata kelola berbasis teknologi yang lebih baik sesuai dengan visi Governance 5.0.</p> 2024-11-21T03:33:13+00:00 ##submission.copyrightStatement##