Dampak Penggunaan Gadget pada Perilaku Emosional Anak
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perilaku emosional anak. Metode penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di wilayah JABODETABEK yang memiliki anak usia 36-72 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan penggunaan gadget dengan perilaku emosional anak memperoleh nilai p value = 0.002 < 0.05. Simpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perilaku emosional anak.
Kata Kunci: Anak, Gadget, Perilaku Emosional
References
Apriani, H., Sumardi, S., & Elan, E. (2022). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). Jurnal Kewarganegaraan. 6(2). https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3737
Ardiansyah, A., Roslita, R., Hamid, A., Utami, A., Wisanti, E., & Wisanti, E. (2023). Durasi Penggunaan Gadget terhadap Masalah Perkembangan Perilaku Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(1), 193-202. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i1.1406
Khairati, F. (2024). Liburan dan Online: Ancaman Kesehatan Mental Anak. Kumparan.Com. https://kumparan.com/fajrul-khairati/liburan-dan-game-online-ancaman-kesehatan-mental-anak-22yRU4Mk5j0/2
Kyja Stygar, M.D., and John Zadroga, D.O. (Tuesday, April 20, 2021). Infants Have Mental Health Needs, Too. Mayo Clinic Health System. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/infants-have-mental-health-needs-too
Lollies, F., Schnatschmidt, M., Bihlmeier, I., Genuneit, J., In-Albnon, T., Holtmann, M., Legenbauer, T., & Schlarb, A. A. (2022). Associations of Sleep and Emotion Regulation Processes In Childhood and Adolescence - A Systematic Review, Report of Methodological Challenges and Future Directions. Sleep Science, 15(4), 490–514. https://doi.org/10.5935/1984-0063.20220082
Mental Health Commission of Canada. (Jul 16, 2020). Supporting Early Childhood Mental Health. Mental Health Commission of Canada. https://mentalhealthcommission.ca/resource/supporting-early-childhood-mental-health/
Rahmadani, E., Sutrisna, M., & Ramlis, R. (2022). Dampak Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(4), 448–454. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v1i4.1182
Ricci, R. C., De Paulo, A. S. C., De Freitas, A. K. P. B., Ribeiro, I. C., Pires, L. S. A., Facina, M. E. L., Cabral, M. B., Parduci, N. V., Spegiorin, R. C., Bogado, S. S. G., Junior, S. C., Carachesti, T. N., & Larroque, M. M. (2023). Impacts of Technology on Children’s Health: A Systematic Review. Revista Paulista de Pediatria, 41. https://doi.org/10.1590/1984-0462/2023/41/2020504
Septriani, E., Imron, K., & Oktamarina, L. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap perilaku tantrum anak usia 5-8 Tahun (Fenomenologi di Desa Air Gading Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1425–1431. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.587
Summer, J., & Vyas, N. (2024). How Blue Light Affects Kids’ Sleep. Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/children-and-sleep/how-blue-light-affects-kids-sleep
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations Between Screen Time and Lower Psychological Well-Being Among Children and Adolescents: Evidence from a Population-Based Study. Preventive Medicine Reports, 12(September), 271–283. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2018.10.003
Wulandari, D., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1689–1695. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1162?articlesBySameAuthorPage=2
Zain, Z. M., Jasmani, F. N. N., Haris, N. H., & Nurudin, S. M. (2022). Gadgets and Their Impact on Child Development. MDPI. Proceedings, 82(1). 6. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082006
Copyright (c) 2024 Irma Permata Sari, Medya Aprilia Astuti, Yuni Wahyuni, Fitrian Rayasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.