Menilai Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat Tali

  • Ferasinta Ferasinta Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Padila Padila Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rahma Anggita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

This study aims to determine the effect of rope jumping games on gross motor skills in children. This study uses a Quasy Experiment research design with a One Group Pre-Post Design approach. The results of this study show the effect of jumping rope on gross motor development in children with pre-test and post-test data of jumping rope with p-value = 0.001. In conclusion, rope jumping games affect gross motor development in children because rope jumping games have jumping movements in a balanced and coordinated manner. 

Keywords: Jumping Rope, Jumping, Gross Motor

References

Ananditha, A. C. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 109–118. http://dx.doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924

Apriloka, D. V. (2020). Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dari Jenis Kelamin. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 61–67. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8106

Asmuddin, A., Salwiyah, S., &Arwih M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar pada Anak di Taman Kanak- Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4),3429-3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Fitriahadi, E., Priskila, Y. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia 36 Tahun di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tinggede, Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah Indonesia. Jurnal Kesehatan, 13(2), 183–191. https://journals.ums.ac.id/index.php/jk/article/view/10621/pdf

Harsismanto, J., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, P., & Andri, J. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin dengan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 25-33. https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2375

Hidayati, A. (2017). Merangsang Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dengan Pembelajaran Tematik Terpadu. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 151. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1473

Mu’mala, K. A., & Nadlifah, N. (2019). Optimalisasi Permainan Lompat Tali dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06

Nizar, I. Z., & Ali, A. Z. (2018). Pengaruh Permainan Lompat Tali terhadap Peningkatan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok A di Tk Al-Azhar Pakusari Jember 1,2. Journal of Early Childhood and Inclusive Education, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.31537/jecie.v2i1.472

Padila, P., Andari, F. N., & Andri, J. (2019). Hasil Skrining Perkembangan Anak Usia Toddler antara DDST dengan SDIDTK. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 244–256. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.809

Padila, P., Andri, J., Sunarsih, S., Andrianto, M. B., & Sartika, A. (2022). Impact Pandemi COVID-19 terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 308-314. https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.4399

Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Intervention of Numbers Puzzle Against Short Memory Mental Retardated Children. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(2), 41-47. https://doi.org/10.31539/josing.v1i2.2332

Panzilion, P., Padila, P., Setyawati, A, D., Harsismanto, J., & Sartika, A. (2020). Stimulation of Preschool Motor Development Through Brain Gym and Puzzle. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.31539/josing.v1i1.1166

Panzilion, P., Padila, P., Tria, G., Amin, M., & Andri, J. (2020). Perkembangan Motorik Prasekolah antara Intervensi Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 510-519. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1120

Putri, O. M., Qalbi, Z., Delrefi, D., & Putera, R. F. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmialh Pesona PAUD, 8(1), 46–55. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce

Riskesdas Bengkulu. (2018). Laporan Provinsi Bengkulu RISKESDAS 2018. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan 2019

Riskesdas. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (p. 198). http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_Final.pdf

Rosita, R., Widowati, R., & Kurniati, D. (2020). Perkembangan Motorik Kasar pada Anak 12-24 Bulan di Posyandu Desa Cisaem Baru Kecamatan Cisaem KabupatenSubang Provinsi Jawa Barat. Syntax Idea, 2(8), 78–83. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/501

Septria, H. N. (2018). Perbedaan Pengaruh Senam Otak dan Senam Irama terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak pada Usia 3-4 Tahun. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3874

Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/14496

Susanti, E. M., & Aksari, S. T. (2019). Perbedaan Perkembangan Anak Pra Sekolah Laki-Laki dan Perempuan di Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Media Berbagi Keperawatan, 2(1), 28–32. http://jurnal.akper-serulingmas.ac.id/index.php/mbk/article/view/PERKEMB

UNICEF. (2021). Global Databases Devloment Status. https://www.unicef.org/topics/data-and-reports
Published
2022-11-21
Abstract viewed = 146 times
pdf downloaded = 264 times