Motivasi Menjadi Perawat bagi Prestasi Akademik Program Sarjana (S1) Universitas Advent Indonesia

  • Meryli Haryati Dala Ngapa Universitas Advent Indonesia
  • Masta Haro Universitas Advent Indonesia

Abstract

This study aims to determine the relationship between the motivation to become a nurse and the academic achievement of the Bachelor (S1) program at the Adventist University of Indonesia. The research method used is quantitative research with a correlation descriptive design. The results showed that the p-value between the motivation to become a nurse and GPA was 0.001 <0.05. In conclusion, there is a significant relationship between learning motivation and academic achievement in the Bachelor Program (S1) of the Adventist University of Indonesia, which has a close and positive relationship.

 

Keywords: Motivation to Be a Nurse, Academic Achievement

References

Ariandi, Y. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 579-585. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46-52. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Feronica, V., Syafrizal, M., & Imran, S. (2020). Hubungan Minat dan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(2), 113-120. https://core.ac.uk/download/pdf/230833912.pdf

Firdaus, N., & Imallah, R. N. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Universitas Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2553

Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Atensi Siswa (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Gita Kirti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35-48. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2321

Jayanti, R.D., Romlah, R., & Saregar, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Metode Poe terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Prosiding: Program Studi Pendidikan Fisika, 208-214. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3314

Lubis, P. K. D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi (Studi Kasus tentang Pembelajaran Mandiri Mata Kuliah Matematika Ekonomi dan Bisnis). Niagawan, 6(2), 60-64. https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8336

Mariskhana, K. (2019). Prestasi Belajar sebagai Dampak dari Minat Baca dan Bimbingan Belajar Siswa IPS. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 71-78. https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4454

Retnaningtyas, S. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik antara Mahasiswa Bidikmisi dan Reguler di Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Supervisi, 2(3), 202-209. http://dx.doi.org/10.17977/um025v2i32018p202

Rizqi, A. A., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(2), 1-15. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/15149

Safitri, E., Widodo, D., & Widiani, E. (2017). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News Jurnal Ilmiah Keperawtan, 2(2), 118-123. https://doi.org/10.33366/nn.v2i2.455

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30. http://dx.doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sihotang, M. N. (2020). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29147

Sudjiwanati, S. (2021). Perbedaan Prestasi Belajar pada Kuliah Daring Mahasiswa Fakultas Psikologi pada Masa Pandemi. Psikovidya, 25(1), 12-17. https://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/view/180/145

Suprapto, S., Malik, A. A., & Yuriatson, Y. (2019). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Sandi Karsa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(2), 39-43. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.101

Susdiarto, W., Purwanto, E., & Aini, N. (2019). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45748

Wahyuni, S. (2022). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Akademik Mahasiswa AKPER YPIB Majalengka Tahun 2021. Jurnal Kesehatan, 8(2), 22-30. https://jurnal.akperypib.ac.id/index.php/medisina/article/view/28

Wungow, V. E., Pondaag, L., & Kallo, V. (2017). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2013 Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Unsrat Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1), 1-4. https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14992

Yulianti, P., & Fitri, M. E. Y. (2017). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa terhadap Perilaku Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Akuntansi Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2), 242. http://dx.doi.org/10.30871/jaemb.v5i2.575
Published
2023-05-04
Abstract viewed = 106 times
pdf downloaded = 83 times