Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan

  • Wulan Angraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Betrianita Betrianita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Bintang Agustina Pratiwi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Riska Yanuarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Pebi Fermana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

This study aims to determine the effect of health education with audio-visual methods on knowledge, attitudes, and frequency of consumption of street food in students of SDN 52 Kota Bengkulu in 2018. This type of prospective experimental research is Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. The statistical test results obtained p-value 0.002 for knowledge variables, 0.225 for attitudes and 0.84 for frequency. In conclusion, there is a difference in the average knowledge before and after being given audio-visual education. There was no difference in the average attitude and frequency of consumption of snacks before and after being given audio-visual education at 52 Elementary Schools in Bengkulu City.

 

Keywords: Snack Frequency, Health Education, Knowledge, Attitude

References

Amourisva, S. A. (2016). Kontradiksi Kebiasaan Jajan pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Majority, 4(8), 143-146. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1489

Anugrah, S., & Ariya, A. (2012). Hubungan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan Anak terhadap Kejadian Karies Gigi di Tk Aisyiyah Kateguhan Sawit Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ariandani, A. B. (2011). Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Makanan Jajanan pada Anak Sekolah Dasar. Artikel Penelitian Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Diponegoro

Badan POM. (2014). Kampanye Pangan Jajanan Anak Sekolah

Febriani, K., Candrawati, E., & Putri, R. M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahun dalam Pemilihan Jajan pada Anak Sekolah 7-9 Tahun Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Nursing News, 3(1), 481-491. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/821

Febry, F. (2006). Penentuan Kombinasi Makanan Jajanan Tradisional Harapan untuk Memenuhi Kecukupan Energi dan Protein Anak Sekolah Dasar di Kota palembang. Universitas Diponegoro

Gusani, N. Y., & Ade, A. (2011). Hubungan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jajan pada Anak SD Kelas I dan II dengan Perilaku Jajan Sembarangan di SD Negeri Cokrokusuman Kecamatan Jetis Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi

Hartono, N. P., Wilujeng, C. S., & Andarini S. (2015). Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan sehat antara Metode Ceramah dengan Metode Poster. Indonesia Journal of Human Nutrition, 2(2), 76-84

Iklimah, N. (2017). Gambaran Pemilihan Makanan Jajanan pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan BSI, 5(1), 8-17

Irianto, K. (2007). Gizi dan Pola Hidup Sehat. Bandung: CV. Yrama Widya

Ismail, I., & Ansharullah, A. (2018). Perbedaan antara Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Anak tentang Konsumsi Jajanan Sehat (Sebelum dan Sesudah Penyuluhan) di SD Negeri 4 Poasia Kecamatan Kambu Kota Kendari. Jurnal Sains dan Teknologi Pangan, 3(1), 1036-1051

Khomsan, A. (2012). Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: Rajawali Sport

Koukel, S. (2009). Choosing Healthy Snacks for Children . Extension Faculty Health, Home and Family Development University of Alaska Fairbanks. (online) (http //:www.uaf.edu)

Kristianto, Y., Riyadi B.D., Mustafa A. (2013). Faktor Determinan Pemilihan Makanan Jajanan pada Siswa Sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masarakat Nasional, 7 (11): 489-494

Maduretno, I. S. (2015). Niat dan Perilaku Pemilihan Jajanan Anak Sekolah yang Mendapat Pendidikan Gizi Metode Ceramah dan TGT. Indonesian Journal of Human Nutrition, 2

Maulana, L. O . A., Sirajuddin, S., & Najamuddin, U. (2012). Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Tindakan terhadap Status Gizi Siswa SD INPRES 2 Pannampu : Makasar. Jurnal Gizi Program Studi Ilmu Gizi

Miftahusaadah, M. (2016). Pengaruh Pendidikan tentang Makanan Jajanan Menggunakan Media Video Digital terhadap Pengetahuan Siswa di SDN 01 Gayamdompo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mubarak, W. I., Chayatin, N., Rozikin, K., & Supradi, S. (2007). Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Mudjajanto, E. S. (2006). Keamanan Makanan Jajanan Tradisional. Jakarta: Kompas

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. (2012). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nuryanto, N., Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia, 3(1), 121-125. https://undip.ac.id/index.php/jgi/article/view/8751

Pakhri. A. (2014). Pengetahuan dan Kebiasaan Konsumsi Makanan Jajanan pada Anak SDN Baddoka Makasar. Politeknik Kesehatan Kemenkes: Media Gizi Pangan, XVIII(2), 47-51

Pratiwi, P. (2015). Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat antara Metode Ceramah dan Metode Komik. Indonesian Journal of Human Nutrition, 2(2), 9-17

Rahman, N., Dewi, N. U., & Armawaty, F. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Makan pada Remaja SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Preventif, 7(1), 1- 64. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Preventif/article/view/5818

Rakhmawati, L. 2009. Kontribusi Makanan di Sekolah dan Tingkat Kecukupan Energi dan Zat Gizi Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/12270

Rosyidah, C. (2015). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan dan Perilaku anak Sekolah Dasar Mengenai Pemilihan Makanan Jajanan dengan Status Gizi di SD Negeri Kudu 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Prodi Ilmu gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rosyidah, Z., & Andrias, D. R. (2013). Jumlah Uang Saku dan Kebiasaan Melewatkan Sarapan Berhubungan dengan Status Gizi Lebih Anak Sekolah Dasar. 10(1), 1–6

Rukmana, N. C. (2013). Hubungan Pola Konsumsi Makanan Jajanan dengan Status Kesehatan Anak Usia Sekolah di SDN Ketintang I Surabaya. Ejournal Boga, II(1), 183-189

Safriana, S. (2012). Perilaku Memilih Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Gatot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2012. Universitas Indonesia

Saputri, L., Kristiawati, K., & Krisnana, I.(2012). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap dalam Pemilihan Jajanan Sehat Menggunakan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga. Universitas Airlangga Surabaya

Siwi, L. R. (2014). Meningkatkan Perilaku Konsumsi Jajanan Sehat pada Anak Sekola melalui Media Audio Visual. Jurnal Pediomaternal, 3(1), 1-8

Suci, E. S. T. (2009). Gambaran Perilaku Jajan Murid Sekolah Dasar di Jakarta. Psikobuana, Jakarta, 1(1), 29-38

Sukma, D. C. (2014). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dalam Memilih Makanan Jajanan dengan Obesitas pada Remaja di SMP Negeri 2 Brebes. Jurnal of Nutrition College, 3(4), 862-870

Sulistyanto, J., & Sulchan, M. (2010). Kontribusi Makanan Jajanan terhadap Tingkat
Kecukupan Energi dan Protein serta Status Gizi dalam Kaitannya dengan
Prestasi Belajar. Media Medika Muda, (4), 31-38

Sutardji, S., & Azinar, M. (2007). Tingkat Konsumsi Energi dan Konsumsi Protein serta Hubungannya dengan Status Gizi Anak Asuh Usia 10-18 Tahun (Studi pada Penyelenggaraan Makanan di Panti Asuhan Pamardi Putra Kabupaten Demak). Jurnal Kemas, 2(2),168-173

Yasmin G., & Madanijah, S. (2010). Perilaku Penjaja Pangan Jajanan Anak Sekolah Terkait Gizi dan Keamanan Pangan di Jakarta dan Sukabumi. Jurnal Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia, 5(3), 148-157

Yuliastuti, R. (2012). Analisis Karakteristik Siswa, Karakteristik Orang Tua dan Perilaku Kosumsi Jajanan pada Siswa-Siswi SDN Rambutan 04 pagi Jakarta Timur Tahun 2012. Universitas Indonesia
Published
2019-04-17
Abstract viewed = 1338 times
pdf downloaded = 1870 times