Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

  • Buenita S Universitas Prima Indonesia
  • Perry Boy Chandra Siahaan Universitas Prima Indonesia
  • Nina Safitri Universitas Prima Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di UPT Puskesmas Rengas Pulau Kota Medan Tahun 2023. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang terdaftar sebagai anggota BPJS di UPT Puskesmas Rengas Pulau di tahun 2022. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 orang. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara sarana prasarana (p-value= 0.001), kehandalan (p-value= 0.000), daya tanggap (p-value= 0.008), jaminan (p-value= 0.009), empati (p-value= 0.003) dengan kepuasan pasien peserta BPJS di PT Puskesmas Rengas Pulau Kota Medan Tahun 2023. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan sarana prasarana, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dengan kepuasan pasien dan variabel empati adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Rengas Pulau Kota Medan Tahun 2023

 

Kata Kunci: Daya Tanggap, Empati, Jaminan, Kehandalan, Kepuasan Pasien,

        Sarana Prasarana.

 

Author Biographies

Buenita S, Universitas Prima Indonesia

 

 
Perry Boy Chandra Siahaan, Universitas Prima Indonesia

 

 

References

Abidin, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cempae. Jurnal MKMI, 12(2). https://doi.org/10.30597/mkmi.v12i2.922

Agus, W. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien tentang Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah. https://eprints.ums.ac.id/43548/4/Naskah%20jadi.pdf

Bata, A., & Dermawansyah. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja. Universitas Hasanuddin. https://api.core.ac.uk/oai/oai:repository.unhas.ac.id:123456789/5681

Defi, M., & Intan, Z. (2019). Analisis FaktorFaktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal. 1(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/phpj/article/view/7755

Faizah, S. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan KC Magelang. Jurnal Ekonomi Pembangunan (JEP), 9(3), 101–121. http://dx.doi.org/10.23960/jep.v9i3.128

Ginting, S., & Arianto, A. (2018). Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Mandiri Di Puskesmas Delitua Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018. Jurnal Penelitian Keperawatan Medik, 1(1), 18–28. http://dx.doi.org/10.36656/jpkm.v1i2.146

Gultom, R. J., Nababan, D., & Sipayung, R. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Tebing Tinggi. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2). https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i2.1671

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf

Mardina, M., Ilmi, M. B., Octa, & Viana, E. S. L. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Pada Bagian Pendaftaran di Wilayah Kerja Puskesmas Pelambuan Banjarmasin Tahun 2021. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/9109/

Noorhidayah, Anggraeni, S., & Tuzzahra, S. F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura Tahun 2019. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 10(2). https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.525

Putranti, A. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Perawatan Gigi di Klinik Gigi My Dental Care. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, VII(3), 201–207. http://dx.doi.org/10.33846/sf201610.74.06

Rahmawati, N. (2018). Hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan pada Pasien Rawat Inap RSUD Bangkalan Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–10. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1893

Rizky, A. A. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar. Jurnal Delima Harapan, 8, 34–39. https://doi.org/10.31935/delima.v8i1.105

Rofiah, R. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah Tahun 2019. Jurnal Berkala Kesehatan, 1(1), 45–55. http://repository.uinsu.ac.id/7924/1/REVISI%20SKRIPSI%20SIDANG%201.pdf

Safitri, D., Anastasya, R., Layli, R., Gurning, F. P., Administrasi, D., & Kesehatan, K. (2022). Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 2829–3983. https://doi.org/10.55904/florona.v1i2.303

Sahir, R. A., & Ridwan, R. (2018). Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan bagi Keluarga Miskin pada Puskesmas se-Kabupaten Gowa 2017. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2), 64–70. https://www.neliti.com/id/publications/27400/pelaksanaan-pelayanan-kesehatan-bagi-keluarga-miskin-pada-puskesmas-kabupaten-bo

Sinambela, M., & Marlina, S. (2019). Analisis Pemanfaatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kebidanan Pada Ibu Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Kolang Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019. 1(2). http://dx.doi.org/10.35451/jkk.v1i2.123

Siswati, S. (2018). Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap. Jurnal MKMI, 2, 174–183. https://doi.org/10.30597/mkmi.v11i3.531

Sulistyawati, N., Perdana, N., & Maidin, A. (2019). Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan terhadap Kepuasan dan Keputusan Beli Ulang Obat di IFRS Jala Ammari Makassar. Jurnal Berkala Kesehatan, 1(2), 10–20. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/a6e4f2fcba3a03deea91b688e72bde44.pdf

Wulandari, A. (2018). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pengendalian Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Haji. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar. https://123dok.com/document/y96xv74w-keperawatan-keperawatan-universitas-hasanuddin-wulandari-pengendalian-pelayanan-kesehatan.html

Wulandari, C., Ahmad, L. O. A. I., & Saptaputra, S. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 2016. https://www.neliti.com/id/publications/183311/faktor-yang-berhubungan-dengan-pemanfaatan-pelayanan-kesehatan-di-uptd-puskesmas

Yunanto, Y. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien Askes Di Pt Askes Kediri. Ekonika : Jurnal ekonomi universitas kadiri, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.3
Published
2023-12-10
Abstract viewed = 59 times
pdf downloaded = 34 times