Hubungan Dimensi Kehangatan Pola Asuh Orang Tua dengan Kutalitas Hidup Anak Usia Dini (4-6 Tahun)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan dimensi kehangatan dalam pola asuh orang tua dengan kualitas hidup anak usia dini di TK Harapan Bunda Kecamatan Bangsalsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Dimensi kehangatan dalam pola asuh orang tua dapat diketahui sebanyak 10 responden dengan persentase sebesar 33.3%, sedangkan sebanyak 20 responden dengan persentase 66.7%. (2) Hasil data penelitian kualitas hidup anak usia dini 4-6 tahun diketahui sebanyak 3 anak dengan persentase 10.0%, sedangkan 27 anak dengan kualitas hidup anak usia dini pada persentase 90.0%. Hasil data korelasi spearman diketahui bahwa adanya hubungan yang signifikansi, karena nilai signifikansi 0,03<0,05. Simpulan penelitian ini dapat diketahui bahwa hubungan dimensi kehangatan dalam pola asuh orang tua dengan kualitas hidup anak usia dini 4-6 tahun dapat diketahui bahwa adanya hubungan yang signifikansi, karena nilai signifikansi 0,03<0,05 yang berarti bahwa ada hubungan dimensi kehangatan dalam pola asuh orang tua dengan kualitas hidup anak usia dini 4-6 tahun di TK Harapan Bunda Kecamatan Bangsalsari.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Dimensi Kehangatan, Kualitas Hidup, Pola Asuh.
References
Aisyah, S. A. (2019). Perkembangan dan Konsep Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta
Andrade, S. A., Santos, D. N., Bastos, A. C., Pedromônico, M. R., de Almeida-Filho, N., & Barreto, M. L. (2005). Ambiente Familiar E Desenvolvimento Cognitivo Infantil: Uma Abordagem Epidemiológica [Family Environment and Child's Cognitive Development: An Epidemiological Approach]. Revista de saude Publica, 39(4), 606–611. https://doi.org/10.1590/s0034-89102005000400014
Anggraeni, E., Handayani, R., Sari, M. P., & Handayani, Y. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah (3-5) Tahun di Taman Kanak-Kanak Baiturohman Desa Pondok Waluh Kabupaten Jember. Jurnal Medika Nusantara, 1(3), 204–212. https://doi.org/10.59680/medika.v1i3.447
Apriyawanti, D., Haskas, Y., & Arna Abrar, E. (2022). Gambaran Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja pada Anak Usia 36-59 Bulan. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(3), 309-315. https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i3.981
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Atika, A. N., Darmawati, L. E. S., Supriadi, B. (2019). Enam Metode Pola Asuh Orang Tua untuk Peningkatan Social Skills di Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 20(1) 18-37. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v20i1.4772
Cohrdes, C., Göbel, K. (2022). A Lot of Warmth and a Bit of Control? How Parenting Mediates the Relationship Between Parental Personality and Their Children’s Mental Health Problems. J Child Fam Stud. 31, 2661–2675. https://doi.org/10.1007/s10826-021-02210-z
Costanza, R., Fisher, B., Ali, S., Beer, C. (2007). Quality of Life: An Approach Integrating Opportunities, Human Needs, and Subjective Well-Being. Ecological Economics 61(2-3). 267-276. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecolecon.2006.02.023
Davis-Kean P. E. (2005). The Influence of Parent Education and Family Income On Child Achievement: The Indirect Role of Parental Expectations and The Home Environment. Journal of family psychology : JFP : journal of the Division of Family Psychology of the American Psychological Association (Division 43), 19(2), 294–304. https://doi.org/10.1037/0893-3200.19.2.294
Djamarah, S. B. (2018). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. PT. Rineka Cipta. Jakarta
Edwards. (2020). Ketika Anak Sulit Diasuh: Panduan Orangtua Mengubah Masalah Perilaku Anak. PT Mizan Pustaka. Bandung
Endarti, A. T. (2020). Kualitas Hidup Kesehatan: Konsep, Model dan Penggunaan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(2), 97-109. http://61.8.75.226/itblog/attachments/article/3148/kualitas%20hidup%20kesehatan%20konsep%20model%20dan%20penggunaan.pdf
Hadjar, I. (2018). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Hidayat, A. A. (2020). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Salemba Medika. Jakarta
Koot, H. M. (2018). Quality of Life in Child and Adolescent Illness: Concepts. Brunner-Routledge. London. UK
Kurniasari, K. &. Lenonardi, T. (2019). Kualitas perempuan lanjut usia yang melajang. Journal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2(3). 152-159. https://journal.unair.ac.id/JPPP@kualitas-perempuan-lanjut-usia-yang-melajang-article-7075-media-53-category-.html
Lestari, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8,(1), 84-90. http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777
Lestari, S. (2019). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Meliala, A. (2020). Anak Ajaib: Temukan dan Kembangkan Anak Anda Melalui Kecerdasan Majemuk. Andi Offset. Yogyakarta
Muhaimin, T. (2018). Mengukur Kualitas Hidup Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 5(2). 1-10. http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v5i2.148
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta
Puspita, N. R. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Aktivitas Sehari-Hari pada Anak Prasekolah di TK Enggang Putih Samarinda. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda. Skripsi. Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Muhammadiyah Samarinda. https://dspace.umkt.ac.id/bitstream/handle/463.2017/1313/Skripsi--.pdf?sequence=1
Rahayu, A. D. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Skripsi. Fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang. http://lib.unnes.ac.id/34490/1/1401415017_Optimized.pdf
Riduan, R. (2022). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung
Santrock, J. W. (2018). Life-span Development: Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Erlangga. Jakarta
Sastroasmoro, S. (2021). Dasar-dasar Metodologi Klinik. Bina Rupa. Jakarta
Setiono, K. (2021). Psikologi Keluarga. PT Alumni. Bandung
Slavin, R. E. (2019). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Edisi Kedelapan, Jilid. 1. PT. Indeks. Jakarta
Subagyo, P. J. (2019). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Sukmadinata, N. S. (2021). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Tridhonanto, A. (2020). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Elex Media Komputindo. Jakarta
Ustama, D. D. (2017). Peranan Pendidikan dalam Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik 6(1), 1-12. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/download/417/297
Webb, S., Janus, M., Duku, E., Raos, R., Brownell, M., Forer, B., Guhn, M., & Muhajarine, N. (2016). Neighbourhood Socioeconomic Status Indices and Early Childhood Development. SSM-Population Health, 3, 48–56. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2016.11.006
WHO. (2019). Indikator Perbaikan Kesehatan Lingkungan Anak. Apriningsih (Alih Bahasa). EGC. Jakarta
Wishwadewa, W. N. (2020). Kualitas Hidup Anak Epilepsi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM. Sari Pediatri, 10(4). 272-279. https://dx.doi.org/10.14238/sp10.4.2008.272-9
Yusuf, F. D. (2019). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Rineka Cipta. Jakarta
Copyright (c) 2024 Masyitah Arra'id Al Mumtahanah, Yessy Nur Endah Sari, Nova Hikmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.