Edukasi Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Kesiapsiagaan Mahasiswa dalam Menghadapi Bencana Banjir

  • Silvia Dewi Mayasari Riu Universitas Muhammadiyah Manado

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi kesiapsiagaan mahasiswa melalui media audio visual terhadap pengetahuan mahasiswa dalam menghadapi bencana banjir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pra ekseprimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang diambil berjumlah 24 responden dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan SAP dan lembar kuisioner. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan komputer IBM SPSS Versi 23. Untuk uji Analisa menggunakan Mc.Nemar dengan tingkat kemaknaan (α  < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan uji statistic Mc.Nemar didapatkan nilai ≤ ρ = (α<0,001). Artinya Ha diterima atau ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh edukasi media audio visual terhadap pengetahuan kesiapsiagaan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Manado. Simpulan penelitian ini bahwa pemberian edukasi media audio visual dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana pada mahasiswa keperawatan dan dapat dijadikan referensi bagi institusi pendidikan dan kesehatan dalam menyiapkan kurikulum pembelajaran dan kompetensi dalam meningkatkan pengetahuan keperawatan bencana.

 

Kata Kunci: Edukasi Media Audiovisual, Kesiapsiagaan Banjir.

References

Afrillia, H. F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 4, 1026–1031. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/502

Amri, I., Ansariadi, A., Amiruddin, R., Palutturi, S., Mallongi, A., Nur, R., SAri, N. E. (2020). The Influence of Disaster Counseling with Animation Video on Preparednes Students in Elementary School in Palu. Medico Legal Update. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9569/

Astuti, F., Wijaya, A., Partiwi, K. D., Ilmi, N., Putra, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Banjir di SMPK St Antonius Mataram. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP). 6(1). 2293-2298. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2605

Budiman, B., Riyanto, R. (2019). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap dalam Peneliitan Kesehatan. Salemba Medika. Jakarta

Cahyani, C. A., Untari, M. F. A., & Ardiyanto, A. (2020). Penerapan Media Video Animasi Bencana Alam Gunung Berapi (BELAGUPI) dengan Model Pembelajaran STAD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 289–295. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27189

Giena, V. P., Wahyuni, S., Hanifah, & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Sikap Kesiapsiagaan Masyarakat pada Bencana Banjir di Desa Tanjung Kecamatan Hamparan Rawang Provinsi Jambi. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 9(2), 13–17. https://doi.org/10.32539/jks.v9i2.150

Haribulan, R., Gosal, P. H., & Karongkong, H. H. (2019). Kajian Kerentanan Fisik Bencana Longsor di Kecamatan Tomohon Utara. Spasial, 6(3), 714–724. https://doi.org/10.35793/sp.v6i3.26015

Hasana, U., Harahap, A., Putra, I., & Wulandari, P. (2020). Community Knowledge and Attitude Relating to Disaster Preparedness Flood. Jurnal Gawat Darurat, 2(2), 67-74. Retrieved from https://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/JGD/article/view/888

Laila, A., Mahendra, Y. M., & Santi, N. N. (2020). Pengembangan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menghubungkan Siklus Hidup dan Pelestariannya. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(1), 119-132. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.101

Lakoro, R., Sachari, A., Budiwaspada, E. A., Sabana, S. (2020). Sociotagging: Participatory Design as Flood Disaster Mitigation Campaign In Bojongsoang District During The Covid-19 Pandemic. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(9), 169-178. Retrieved from https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/3423

Mas’Ula, N., Siartha, I. P., & Citra, I. P. A. (2019). Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 7(3), 103–112. https://doi.org/10.23887/jjpg.v7i3.21508

Pratiwi, A. D. N. (2023). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Senam Lantai Meroda untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/77578/1/fulltext_aprilia%20dwi%20nur%20pratiwi_18604221014.pdf

Rahim, A., Rifai, A., Soleha, A., Fauziah, H. J., & Syain, M. (2023). Peran Pemerintah Daerah dalam Penaggulangan Bencana Banjir Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu No. 3 Tahun 2016. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2160-2163. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1841

Safitri, E., Titin, T. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74-80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12

Sharma, T. P. P., Zhang, J., Koju, U. A., Zhang. S., Bai. Y., Suwal. M. K. (2019). Review of Flood Disaster Studies in Nepal: A Remote Sensing Perspective. ScienceDirect. International Journal of Disaster Risk Reduction. 34. 18-27. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2018.11.022

Suciana, F., Permatasari, D. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual dan Role Play terhadap Perilaku Siaga Bencana pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Holistic Nursing Science. 6(2). 44-51. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2543

Ulfa, R. (2020.). Variabel Penelitian dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. 1(1). 342–351. https://jurnal.stitbb.ac.id/index.php/al-fathonah/article/view/44
Published
2024-06-02
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 5 times