Media Interaktif dan Power Point terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Anatomi Fisiologi Mahasiswa

  • Suharti Suharti Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi
  • Daryono Daryono Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi
  • Abbasiah Abbasiah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi
  • Dewi Masyitah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi

Abstract

This study aims to determine the effect of interactive media and motivation on anatomy and physiology learning outcomes in health polytechnic students of the Jambi obstetrics department. This research method is quasi-experimental, using a pre-test, post-test control group design. The results showed that the pre-test value of the experimental class group was 2238, with an average value of 74.60 with a standard deviation of 3.024. While the post-test in this practical class obtained a total of 2373, the average value was 79.10 with a standard deviation of 3.736. Meanwhile, the total pre-test score for the control group was 2000, with an average score of 66.67 with a standard deviation of 5.287. At the same time, the post-test in the control class obtained a total score of 2112 and an average value of 70.40 with a standard deviation of 7.700. In conclusion, there is an effect of using interactive media and motivation to increase learning outcomes of anatomy and physiology of Jambi Health Polytechnic students, Department of Midwifery.

 

Keywords: Learning Outcomes, Interactive Media, Motivation, PowerPoint

Author Biographies

Suharti Suharti, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi

Keperawatan

Daryono Daryono, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi

Keperawatan

Abbasiah Abbasiah, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi

Keperawatan

Dewi Masyitah, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi

Keperawatan

References

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). The Effect of Use of Power Point Learning Media on Student Learning. Al’adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54–57

Muthoharoh, M. (2019). Media Powerpoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32

Mutmainah, M., Syarif, C. R., & Yuhana, Y. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 5(2), 123-130. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7480

Nasution, T. A., & Ismail, H. B. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas VIII MTs Ta’dib Al-Mualimin Al-Syakirin. UMSU. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16641

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi saat Awal Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346

Palguna, I. M. A., Parwati, N. N., & Divayana, D. G. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Berbantuan Media Pembelajaran I-Spring terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 56–75. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3350

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/16062

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. DOI: 10.24815/jpsi.v7i1.13293

Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Np 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 98–107. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2010

Sari, I. E., Irwan, I., Musdi, E., & Yerizon, Y. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Scientific Approach Menggunakan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Pendipa Journal of Science Education, 6(2), 386–393. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/19619

Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAI di Sekolah dan Madrasah. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.32598

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/4772

Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34508/30688

Suhendra, I., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1-8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24238

Sulaiman, A. (2020). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint Berbasis Hyperlink Vs Media Powerpoint Templete dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 213–220. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/355

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. DOI: 10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Audiovisual Berbantuan Power Point pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1587–1593. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/627

Yunarsih, N. (2020). Manajemen Kemitraan dalam Peningkatan Mutu Lulusan Diploma Tiga Kebidanan. Faletehan Health Journal, 7(03), 142–148. DOI: 10.33746/fhj.v7i03.127
Published
2022-03-31
Abstract viewed = 293 times
pdf downloaded = 228 times