Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Kemampuan Beradaptasi Sosial Siswa Retardasi Mental
DOI:
https://doi.org/10.31539/jks.v1i2.80Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of puzzle play social adaptation on mental retardation students in SDLB Dharma Wanita Bengkulu City. The research design used was pre-experimental design with the design of one group pretest-posttest design. The results showed that the average number of children who experienced mental retardation before the puzzle game had unfavorable social adaptations and the average number of children who experienced mental retardation after doing the puzzle game had a fairly good social adaptation and there was no effect between playing technical skills. puzzle. For social adaptation of students with mental retardation in Dharma Wanita SDLB in the city of Bengkulu (p = 0.004). In conclusion, there is an influence between playing puzzle on the ability to adapt socially to mental retardation students at SDLB Dharma Wanita Bengkulu City.
Keywords: Social Adaptation, Puzzle Games, Mental Retardation
References
DAFTAR PUSTAKA
Anwar. 2011. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar: Jogjakarta
Behrman. 2000. Ilmu Kesehatan Anak Nelson Vol. I. Jakarta: EGC.
Depkes RI 2014. Pedoman pelayanan kesehatan anak di sekolah luar biasa (SLB) bagi petugas kesehatan. Departemen Kesehatan RI: Jakarta
Gerungan. 2009. Psikologi Sosial. PT Refika Asitama: Bandung.
Gunawan. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Gunarsa. 2004. Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. dari Anak sampai Usia Lanjut. Jakarta: SBPK Gunung Mulia.
Hidayat. 2008. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Salemba Medika : Jakarta.
Hidayat. 2012. Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisa Data. Salemba Medika: Jakarta
Hurlock. 2010. Perkembangan Anak. Erlangga: Jakarta
Kurniawan. 2013. Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kemampuan Sosiaisasi Anak Retardasi Mental Kelas 1 Di SDLB Negeri Sukoharjo Pati. Skripsi. STIKES Ngudi Waluyo Ungaran
Lisnawati. 2014. Analisis Keberhasilan Terapi Bermain terhadap Perkembangan Potensi Kecerdasan Anak Retardasi Mental Sedang Usia 7–12 Tahun. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Respati Tasikmalaya. MKB, Volume 46 No. 2, Juni 2014
Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana: Jakarta.
Musfiroh. 2008. Cerdas Melalui Bermain. PT Grasindo: Jakarta.
Mulyadi. 2007. Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. UMS : Surakarta
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta: Jakarta
Rakhmawati, I 2008, Pengaruh Aktivitas Bermain Sosial : Cooperative Play terhadap Interaksi Sosial Anak dengan Gejala Kepibadian Introvert, Skripsi. PSIK FK UNAIR.
Ramayumi. 2014. Karakteristik Penderita Retardasi Mental di SLB Kota Bukittinggi. Artikel Penelitian. MKA, Volume 37, Nomor 3, Desember 2014.
Rahmanto. 2011. Hubungan Antara Kemampuan Berbahasa Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental Sedang Di Slb Negeri Sukoharjo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Salmiah, S. 2010. Retardasi Mental. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara
SDLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. 2015. Data siswa tingkat SDLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu.
Somantri. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Refika Aditama: Bandung.
Simatupang. 2005. Bermain sebagai upaya dini menanamkam aspek sosial bagi siswa sekolah dasar, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 3, No.1, 2005.
Schwartz. 2005. Pedoman Klinis Pediatri. Jakarta: EGC.
Supartini. Y. 2004. Konsep dasar keperawatan anak. EGC: Jakarta.
Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta : EGC.
Soetjiningsih. 2010. Perkembangan Anak dan Permasalahannya. Sagung Seto: Jakarta
Soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Santoso. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. PT Refika Aditama: Bandung.
Setiadi. 2007. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Sibagariang dkk, 2010. Buku Saku Metodologi Penelitian Untuk Mahasiswa Diploma Kesehatan. Trans Info Media: Jakarta.
Tedjasyaputra. 2010. Bermain, Mainan, dan Permainan. Grasindo: Jakarta.
Videback. 2008. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta : EGC.
Wardhani. 2012. Terapi Bermain : Cooperative Play Dengan Puzzle Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental di SLB Al – Hidayah, desa Mejayan, Kabupaten Madiun. Skripsi. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Kampus C Mulyorejo Surabaya.
Wong. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Vol. 1. Edisi 6. EGC: Jakarta.