Pengembangan Alat Peraga Papan Transformasi Geometri (PATOGE) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX SMP

  • Zulfatun Nawfa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mohamad Waluyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Transformasi geometri merupakan salah satu materi matematika yang penting untuk dipelajari di tingkat SMP. Namun, materi ini sering dianggap sulit oleh siswa karena abstrak dan kurang kongkret. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan ini adalah dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga papan transformasi geometri untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IX SMP. Alat peraga ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu papan dasar dan papan transformasi. Papan dasar terbuat dari tripleks, sedangkan papan transformasi terbuat dari seng yang dilapisi dengan stiker. Alat peraga ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan berbagai macam transformasi geometri, seperti refleksi, rotasi, translasi, dan dilatasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian adalah 17 siswa kelas IX SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga papan transformasi geometri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IX SMP. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 57,65 menjadi 79,41.

 

Kata Kunci : Transformasi Geometri, Alat Peraga, Papan, Pengembangan

References

Alang, H. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU SMP NEGERI 2 TINAMBUNG MELALUI EDUKASI OPTIMALISASI PEMANFAATAN ALAT PERAGA. JABB, 4(2), 2023. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2

Annisah, S., Jurai, S., & Metro, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika (Vol. 11).

Asmara, L. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA DISERTAI LEMBARAN KERJA DALAM MATA PELAJARAN AGRIBISNIS TANAMAN PERKEBUNAN KELAS X SMK NEGERI 2 SOLOK SELATAN. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 482–488. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.86

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., Setiawan, W., Cintakarya, D., Barat, B., Sindangkerta, K., Bingkai, S., Cililin, C., Siliwangi, I., Jenderal, J. T., & Cimahi, S. (2020). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA BINGKAI CENDEKIA CILILIN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58

Handayani, S. D. (2019). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 4(1).

Hanipah, N., Farahita, R., & Fadhillah, R. (2022). Penggunaan Alat Peraga Papan Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.40

Hidayat T, A. A. (2019). KONSEP DASAR EVALUASI DAN IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Islam.

Komariyah, S., Septi, D., Afifah, N., & Resbiantoro, G. (n.d.). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Vol. 4,
Issue 1).

Luvy Sylviana Zanthy, F. I. M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi
Geometri. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–25. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189

Machmudi, M. A., Wahyudiono, S., & Susilo, G. (2023). Analisis dan Rancang Bangun E-Learning dengan Metode ADDIE Model. 29(2), 2686–4711. https://doi.org/10.36309/go.v29i2.218

Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019a). PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN MOTIF KAIN TAPIS LAMPUNG. In MATHEMA JOURNAL (Vol. 1, Issue 1).

Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019b). Pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan motif kain tapis lampung. MATHEMA Journal Pendidikan Matematika, 1(1), 40–47.

Maulani F, Z. L. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Gammath.

Mulyatiningsih, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.

Purnamasari, N. L. (n.d.). METODE ADDIE PADA PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN TIK.

Putri, A. P., Heleni, S., Murni, A., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Riau, U., Bina, J., & Simpang Baru, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP/MTs.

Sabbihatul Mustaghfaroh, K., Nonggala Putra, F., & Sekar Ajeng Ananingtyas, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Interactive learning media development with MDLC for subject material and change in nature. In JACIS : Journal Automation Computer Information System (Vol. 1, Issue 2).

Taufikurrahman, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Taufikurrahman 1 , Nurhaswinda 2 (Vol. 3).

Tri, N. K., Dewi, Y., Made Sugiarta, I., & Parwati, N. N. (2021).
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Yanti, D., & Haji, S. (2019). Studi Tentang Konsep-Konsep Transformasi Geometri Pada Kain Besurek Bengkulu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 265. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1744
Published
2024-07-20
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 10 times