https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/issue/feed Journal of Education and Instruction (JOEAI) 2024-06-30T02:33:15+00:00 Ahmad Gawdy Prananosa ahmadgawdynano@yahoo.com Open Journal Systems <p><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;">JOEAI (Journal of Education and Instruction)</span></span>&nbsp;is published by research institute of mathematics, computer, nursering, education and economics (IPM2KPE) as the information and communication media for practitioners, researchers and academics who engaged, put interest and fully attention on the development of science educational technology. <span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;">JOEAI (Journal of Education and Instruction)</span></span>&nbsp; publishes articles both in online/OJS (e-ISSN 2614-8617) and printed (p-ISSN 2620-7346) versions.</p> https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/8305 Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Berbasis Podcast Kisah Nabi Muhammad SAW untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini 2024-02-06T04:33:03+00:00 Wida Herlina widaherlina23@gmail.com Syarifuddin Syarifuddin widaherlina23@gmail.com Windi Dwi Andika widaherlina23@gmail.com <p>Pendidikan anak usia dini berfungsi membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya, masa usia dini merupakan kunci dasar yang krusial dalam mengembangkan kepribadian, karakter, fisik, emosi, sosial, bahasa, kemampuan otak, dan seni. Pengembangan potensi ini dapat dilakukan dengan memberikan cerita atau kisah nabi dan sahabat sebagai contoh konkret yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan saraf otak, kemampuan berbahasa, komunikasi dan konsentrasi anak. hal ini segi emosional, anak akan terbiasa mendengarkan contoh-contoh baik yang diteladani nabi, seperti sikap jujur, amanah dan sabar.pembelajaran harus mampu mengembangkan situasi belajar yang mandiri, pembelajaran harus mampu secara intensif memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai sumber belajar melalui media dan komunikasi salah satunya audio. Salah satu perkembangan teknologi berbasis podcast.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik dan sekolah terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis podcast pada kisah nabi muhammad SAW dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini &nbsp;Tahap pertama yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu tahap Analisis&nbsp; merupakan tahapan awal yang&nbsp; berisi kegiatan observasi dan wawancara serta pengisian angket oleh guru. seluruh kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilaksanakan sehingga peneliti dapat menganalisis&nbsp; permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, serta bagaimana kebutuhan penggunaan bahan ajar dan media pembelajaran.. Angket kebutuhan tersebut dapat menjadi tolak ukur dalam menyusun bahan ajar. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa KB Islam Terpadu Tazkiyya menunjukkan bahwa media podcast memang diperlukan dalam proses pembelajaran kisah Nabi Muhammad SA&nbsp; dan 90% siswa menyatakan tertarik dan ingin menggunakan menggunakan berbasis podcast dalam proses pembelajaran, sehingga pengembangan multimedia berbasis podcast&nbsp; perlu dikembangkan</p> 2024-02-06T04:33:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/7964 Strategi Pengembangan Materi Layanan BK untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pelayanan Bimbingan Konseling (Studi Kasus di SMPIT Annida' Lubuklinggau) 2024-02-24T18:19:13+00:00 Seprianto Seprianto seprilinggaupos23@gmail.com Hartini Hartini seprilinggaupos@gmail.com Fadila Fadila seprilinggaupos@gmail.com Dina Hajja Ristianti seprilinggaupos@gmail.com Syamsul Rizal seprilinggaupos@gmail.com <p><strong>Strategi Pengembangan Materi Layanan BK untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pelayanan Bimbingan Konseling </strong></p> <p><strong>(Studi kasus di SMPIT Annida' Lubuklinggau)</strong><em>The Independent Curriculum has become a primary focus in the development of the education system in Indonesia. Emphasizing the strengthening of creativity, innovation, and character aspects, the Independent Curriculum aims to prepare students to face global challenges. This research aims to identify and develop effective strategies for developing counseling services materials that support the implementation of the Independent Curriculum at SMPIT Annida' Lubuklinggau. The Independent Curriculum is the main focus in the development of the education system in Indonesia, with the goal of preparing students to face global challenges and shape a highly competent, independent, and competitive younger generation.</em></p> <p><em>This study uses a qualitative approach with a case study at SMPIT Annida' Lubuklinggau. The research results indicate that the strategy for developing counseling services materials at this school begins with initiation by school leaders, involving key stakeholders. The socialization process of the Independent Curriculum is carried out gradually, both within the school and to the general public through social media. The strategies implemented include the development of Higher-Order Thinking Skills (HOTS), strengthening character education, the preparation of a one-page Counseling Service Implementation Plan (RPL), and the enhancement of Information Computer and Technology (ICT) competence by counseling teachers. These strategies reflect the school's commitment to developing an inclusive and participatory approach to support the implementation of the Independent Curriculum. </em></p> <p><em>In conclusion, this research provides valuable contributions to addressing issues and challenges in counseling services, bridging the gap between the vision of the Independent Curriculum and day-to-day educational practices in the field. Effective and innovative development strategies for counseling services materials can be a crucial step in preparing the younger generation to face the increasingly complex and diverse demands of the future.</em></p> 2024-02-24T03:33:14+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/8789 Peranan Guru Penggerak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP Negeri 16 Surakarta 2024-03-04T00:48:46+00:00 Desilva Sindra Javanis Q100230006@student.ums.ac.id Sartini Sartini seprilinggaupos@gmail.com Rita Dwi Nawanti seprilinggaupos@gmail.com Shodiq Purnomo seprilinggaupos@gmail.com Andriani Chondro Retno Handayaningsih seprilinggaupos@gmail.com Sutama Sutama seprilinggaupos@gmail.com <p>Tenaga pendidik yang professional memiliki peranan penting dalam mendidik peseta didiknya sehingga mencapai tujuan Pendidikan nasional yang telah ditetapkan, tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing dan mengarahkan serta melatihm menilai dan mengevaluasi peserta didiknya. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran seorang guru harus terlebih dahulu memahami peserta didiknya dengan konsep kurikulum yang berlaku saat ini mengenai konsep kurikulum dan pembelajaran termasuk kemampuan dalam pengembangan kurikulum disekolah, dengan kemampuan tersebut diharapkan guru mampu menerapkan kurikulum Merdeka disekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan narasumber guru penggerak SMP Negeri 16 Surakarta dengan cara pengumpulan data dengan Teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi. Guru penggerak merupakan seorang yang dituntut untuk selalu mengembangkan diri dan pengetahuan dan keterampilannya sebagai bekal. Terlebih pada saat ini kurikulum Merdeka belajar baru saja diterapkan pada proses Pendidikan dan diharapkan dapat membantu guru lain mewujudkan tujuan pembelajaran kepada setiap peserta didiknya agar mereka bisa menghadapi tantang yang berlangsung.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Peran Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka, SMPN 16 Surakarta</p> 2024-03-04T00:48:46+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/8352 Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar 2024-03-04T00:56:33+00:00 Elya Rosalina elyarosalina23@gmail.com Asep Sukenda Egok elyarosalina25@gmail.com <p>Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifan LKS IPA Berbasis <em>Scientific</em> pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan LKS IPA Berbasis <em>Scientific</em> dengan desain dan pengembangan modul pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (<em>define</em>), tahap perencanaan (<em>design</em>), tahap pengembangan (<em>development</em>) dan tahap penyebaran (<em>disseminate</em>). Berdasarkan data yang telah dinalisis oleh peneliti pada penelitian pengembangan LKS berbasis <em>Scientific</em> untuk siswa kelas V SD Negeri 3 Lubuklinggau, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari ketiga validator yakni ahli bahasa, ahli materi dan ahli media diperoleh nilai keseluruhan sebesar 0,88 dengan kategori tinggi. Untuk tahap uji kepraktisan pendidik dan siswa dengan persentase secara keseluruhan sebesar 94,32 &nbsp;dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tahap uji efektifitas setelah dianalisis oleh peneliti diperoleh nilai persentas sebesar 0,55 melalui perhitungan menggunakan formula <em>N-gain</em> (g).</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: <em>Scientific</em><em>, </em>LKS IPA</p> 2024-03-04T00:56:33+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/7760 Penilaian Durasi Waktu Pelaksanaan Uji Kompetensi di LSP_P1 Universitas Pasundan Bandung (Studi Kasus Ujikom di FISIP Unpas) 2024-03-10T12:44:43+00:00 Erwin Maulana Pribadi erwin.maulana23@unpas.ac.id Chevy Herli Sumerly erwin.maulana@unpas.ac.id <p>Uji Kompetensi yang kemudian sering disebut sebagai ‘Ujikom’adalah Uji kompetensi bagi peserta yang ingin mendapatkan Sertifikat Kompetensi Profesi yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), yang terlisensi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Uji Kompetensi yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi dapat dilaksanakan oleh LSP-P1 yang digunakan untuk keperluan Perguruan Tinggi tersebut. Durasi pelaksanaan asesmen tidak sama satu dengan lainnya, sehingga sering terjadi disparitas penyelesaian waktu uji yang sangat lebar atau bervariasi, diantaranya perbedaan tingkat Komptensi setiap peserta uji kompetensi. Diperlukan premises untuk mengukur Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang akan disandingkan dengan butir- butir Elemen Kompetensi dalam Skema Kompetensi dalam pelaksanaan Asesmen/Ujian (Ujikom). Pelaksanaan Ujikom dilakukan pada Prodi Administrasi Publik dan Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial (FISIP) Unpas terhadap 244 mahasiswa, menggunakan metode Pengukuran Waktu Baku dan (<em>Time Study</em>) dan Pengukuran Optimalisasi Beban kerja Asesor dengan menggunakan Optimum Workload Analysis. Hasil perhitungan durasi Waktu Baku pelaksanaan Ujikom per skema kompetensi di FISIP yang dilaksanakan pada Februari-Maret 2023 diperoleh Waktu Baku Uji selama 54 menit, jika mengacu pada proses pelaksanaan Ujikom sesuai kepatutan sebuah Uji Kompetensi dan <em>Optimum Workload Analysis </em>terhadap para asesi maupun asesornya , berkisar antara 2 hingga 3 jam.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Uji Kompetensi, Pengukuran, LSP</em></p> 2024-03-10T12:43:36+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9477 Identifikasi Kesulitan Pembelajaran Mufrodat pada Santri 2024-03-22T05:49:36+00:00 Joko Andi Koiruman purwandari.elce22@gmail.com Nurus Amzana purwandari.elce@gmail.com Zuhri Zuhri purwandari.elce@gmail.com Ariyanto Ariyanto purwandari.elce@gmail.com Elce Purwandari purwandari.elce@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan kesulitan pembelajaran <em>Mufrodat</em> pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhaar II Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwasanya kesulitan santri dalam penguasaan <em>Mufrodat</em> dikarenakan kurangnya kemampuan santri dalam memahami dan membaca tulisan Arab lantaran latar belakang pendidikan santri yang berasal dari sekolah dasar bukan dari madrasah ataupun pondok pesantren, hal ini mengakibatkan santri mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan mata pelajaran bahasa Arab yang sangat mengutamakan <em>Mufrodat</em>. Faktor lain yang mempengaruhi yaitu kurangnya motivasi belajar, dukungan keluarga, lingkungan, dan kurang menariknya metode pengajaran guru bahasa Arab sehingga menimbulkan rasa bosan santri. Adapun upaya sekolah mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengadakan hafalan <em>Mufrodat</em> sebelum memulai pelajaran yang diamanahkan kepada guru pengajar dan melakukan evaluasi bersama dalam memperbaiki kekurangan dalam pengajaran</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords</strong><strong>: Identifikasi, Kesulitan, Pembelajaran<em> Mufrodat, </em>Santri</strong></p> 2024-03-16T15:07:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/7837 Implementasi Pembelajaran Tadzkirah dalam Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran dan Kedisiplinan Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 131 Seluma 2024-03-23T09:21:40+00:00 Nurul Wahidatur Rahmah Nurulrahmanurul3@gmail.com <p>Fokus sosial permasalahan pada penelitian ini 1) nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa masih kurang baik ditandai dengan masih terlihat beberapa siswa di SD 131 Kabupaten Seluma yang masih menunjukkan perilaku tidak jujur saat misalnya disaat ujian, pura-pura sakit, tidak membayar saat jajan di kantin, pamit izin ke kamar mandi padahal jajan di kantin, terlambat masuk kelas, membuang sampah di dalam ruang kelas, tidak mengerjakan PR dan lain-lain, 2) belum terlihat strategi-strategi khusus dalam pembelajaran yang dilakukan guru&nbsp; terutama nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa, 3) proses pembelajaran yang berlangsung masih terlihat cenderung fokus pada hasil belajar koqnitif siswa saja, belum banyak menyelipkan konsep-konsep nilai-nilai kedisiplinan dan kejujuran yang dapat diterapkan dalam keseharian siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi 1) untuk mengetahui implementasi Pembelajaran Tadzkirah dalam pembinaan dan penanaman nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa yang dilakukan di SDN 131 Kabupaten Seluma, 2) untuk mengetahui penanaman nilai-nilai kejujuran siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 131 Kabupaten Seluma, 3) untuk mengetahui penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 131 Kabupaten Seluma, dan 4) untuk mengetahui hambatan dan solusi pembelajaran PAI dalam pembentukan nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa di SDN 131 Kabupaten Seluma. Jenis penelitian pada penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (<em>field research</em>) dengan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan <em>purposive sampling</em> untuk menentukan subyek penelitian. Subyek dalam penelitian ini penulis sendiri dan informannya ialah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala sekolah, siswa SD Negeri 131 Seluma.Temuan dalam penelitian ini yaitu 1) implementasi pembelajaran tadzkirah dalam mengembangkan nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yakni dengan dibiasakan untuk berdo’a baik dalam memulai ataupun mengakhiri kegiatan belajar, dalam hal ini guru memberikan pelajaran atau teladan pada siswa sehingga mereka mampu bersikap sesuai dengan yang diharapkan yang kemudian di terapkan pada kehidupan sehari-hari. Kemudian guru memberikan dorongan atau motivasi, hal ini diharapkan membantu dalam membangun moral siswa, sehingga mereka bersemangat dan bergairah dalam mengikuti pelajaran, 2) dalam pembinaan nilai-nilai kejujuran siswa di SDN 131 Seluma, guru selalu memberikan nasehat dan peringatan untuk siswa tidak melakukan tindakan-tindak tidak jujur atau curang serta tidak disiplin yang mengakibatkan siswa untuk mendapatkan hukuman dari guru, seperti sebelum ujian guru sudah memberikan arahan untuk tidak mencontek dengan teman, akan tetapi siswa tidak menerapkannya dan melanggarnya walaupun tidak melihat semua jawaban temannya, siswa diberikan tugas namun tidak mengerjakannya tepat waktu, terlambat masuk kelas, 3) hambatan dan solusi dalam penerapan pembelajaran tadzkirah pada pembinaan nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 131 Seluma. Ada banyak hambatan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan pembelajaran tadzkirah, karena memang tidak ada siswa yang memiliki kecerdasan yang sama dan juga minat yang sama, sehingga hal ini menghambat guru dalam menerapkan pembelajaran tadzkirah ini. Adapun solusi dari hambatan-hambatan tersebut yakni guru harus lebih kreatif dalam menggunakan dan menerapkan suatu model pembelajaran untuk mencapai tujuan yang di inginkan.</p> 2024-03-23T09:21:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/8749 Pengaruh Kuliah Online dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana UNAI 2024-03-23T09:53:52+00:00 Priadi Sianturi harlyn.siagian@unai.edu Harlyn Siagian harlyn.siagian@unai.edu P.E Sudjiman harlyn.siagian@unai.edu <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa dampak kuliah online dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pascasarjana Universitas Advent Indonesia (UNAI). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. </em><em>Data dikumpulkan dengan metode daftar pertanyaan atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknis analisa adalah menggunakan regresi linier dengan uji t uji F, Uji Koefisien Determinasi serta linier berganda yang digunakan untuk menguji hipotesis yang menggunakan SPSS. Hasil penelitian didapat bahwa prestasi belajar mahasiswa pascasarjana UNAI dapat dipengaruhi secara positif dari variabel pembelajaran kuliah secara online dan motivasi.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>kuliah online, motivasi &amp; prestasi belajar</em></p> 2024-03-23T09:53:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/8160 Dampak Kebijakan Zonasi di Sekolah SMP (Perspektif Orang Tua dan Evaluasi Implementasi) 2024-03-24T04:06:51+00:00 Rita Kartika Murni ritakartikamurni23@gmail.com Hartini Haritani ritakartikamurni@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi orang tua terhadap kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Negeri di Kecamatan Selong dan untuk memahami dampak implementasi kebijakan tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus deskriptif pada SMP Negeri di Kecamatan Selong, menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap kebijakan zonasi berhasil menciptakan pemerataan siswa di berbagai jenis sekolah. Awalnya, aturan pemerintah mengurangi jumlah siswa dan menghindari peningkatan yang tidak terkendali. Dampak positif bagi wali murid adalah kemampuan untuk mengontrol anak-anak dengan baik karena dekatnya jarak tempat tinggal, sementara tujuan kebijakan zonasi adalah mencegah kuantitas siswa di sekolah tertentu. Namun, ada dampak negatif, yaitu kekhawatiran orang tua bahwa anak-anak berkompetensi tinggi tidak mendapatkan kesempatan di sekolah favorit, menyebabkan kekecewaan terhadap kebijakan ini yang dianggap mengurangi kualitas pendidikan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>K</strong><strong>ata Kunci:</strong>, Penerimaan Peserta Didik Baru, Zonasi</p> 2024-03-24T04:06:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/7653 Analisis Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Mengimplemenatasikan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar 2024-03-24T04:17:11+00:00 Rosi Hendrayani rosihendrayani@gmail.com Hartini Haritani rosihendrayani@gmail.com Muhammad Ali rosihendrayani@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman, melalui tahapan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan/Verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum sepenuhnya memahami Kurikulum Merdeka, sehingga diperlukan upaya dari pihak sekolah untuk meningkatkan pemahaman guru melalui pelatihan. Komunikasi yang efektif dan persiapan yang matang sangat penting ketika menghadapi perubahan kurikulum dan mengatasi kekhawatiran guru. Untuk memaksimalkan implementasinya dan mencapai tujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, konsep Kurikulum Merdeka harus dikenalkan kepada semua komponen lembaga pendidikan. Kesimpulannya adalah penelitian ini mengungkap bahwa guru-guru di Kabupaten Lombok Timur masih memerlukan pemahaman dan pelatihan yang lebih baik untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara efektif, dengan penekanan pada pemahaman struktural kurikulum dan peningkatan sarana-prasarana pendukung.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka, Persepsi Guru, &nbsp;</p> 2024-03-24T04:17:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/8448 Refleksi Pembelajaran Magang pada Mahasiswa di Industri MICE (Studi Kasus Pada Salah Satu Event Organizer di Jakarta) 2024-03-31T05:22:45+00:00 Carissa Tito Eka Febrina carissa.tito@ui.ac.id Hasyim Asy'ari hasyim.a@ui.ac.id <p>Dalam industri MICE, mahasiswa magang menghadapi serangkaian fase transisi yang meliputi berakhirnya, kehilangan, melepaskan, zona netral, hingga permulaan baru. Dalam konteks ini, rencana transisi yang terperinci menjadi krusial untuk menghadapi perubahan ini. Persiapan mental dan adaptasi strategis menjadi landasan utama agar mereka dapat menanggapi perubahan tersebut. Fokus pada fleksibilitas dan keterbukaan terhadap tantangan serta transformasi di industri MICE memungkinkan mahasiswa magang memperluas wawasan dan keterampilan mereka. Mereka menggunakan pengalaman ini untuk mengembangkan keterampilan praktis, seperti manajemen acara, komunikasi profesional, dan kerja tim. Dengan refleksi rutin, evaluasi diri, dan perbaikan terhadap kelemahan serta penguatan kelebihan selama masa magang, mereka memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam persiapan untuk berkarier di industri MICE. Terakhir, pentingnya membangun jaringan profesional dan hubungan yang berkelanjutan menjadi strategi kunci untuk menggali peluang karier di masa depan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Refleksi, Magang, Mahasiswa, Industri Mice.</p> 2024-03-31T05:22:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9484 Pengaruh Gaya Pembelajaran Guru, Partisipasi Orang Tua, Kualitas Hubungan Siswa-Siswi, dan Penggunaan Teknologi Pembelajaran terhadap Peningkatan Prestasi Siswa 2024-04-16T13:53:12+00:00 Rumiris Rumiris 2234048@unai.edu Harlyn Siagian siagian_unai@yahoo.co.id Ronny Buha Sihotang 2234048@unai.edu <p>Dalam kaitannya dengan pembangunan pendidikan, fokus utama negara adalah keberhasilan sistem pendidikan. Namun, tantangan dan kompleksitas yang dihadapi sistem pendidikan dalam dinamika global memerlukan solusi inovatif. Sebagai cerminan kualitas pengajaran, kinerja siswa dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti gaya belajar guru, keterlibatan orang tua, dinamika hubungan siswa-siswa, dan penggunaan teknologi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak faktor-faktor tersebut terhadap kinerja siswa dan menemukan strategi efektif untuk meningkatkan kinerja siswa secara keseluruhan. Dengan metode penelitian kuantitatif, informasi dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk menilai pemahaman siswa terhadap variabel yang diteliti. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dan kualitas hubungan siswa-siswa berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan prestasi siswa, sedangkan gaya belajar guru dan pemanfaatan teknologi pembelajaran tidak signifikan. Penelitian ini memberikan pemahaman komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa, meletakkan dasar bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif, dan menyoroti peran orang tua dan pentingnya hubungan siswa-ke-siswa dalam konteks pembelajaran. Dengan cara ini, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman dan pengembangan praktik pengajaran yang inklusif dan sukses bagi semua siswa dan membuka jalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik secara nasional maupun global.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong>Kata kunci:</strong> pendidikan, gaya belajar guru, keterlibatan orang tua, hubungan siswa-siswa, teknologi pembelajaran</p> 2024-04-13T02:02:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9420 Pengaruh Video Pembelajaran Digital Marketing terhadap Pemahaman Berwirausaha Bagi Warga Belajar Disabilitas Daksa di PKBM Rumpun Aksara 2024-04-16T14:29:23+00:00 Redita Berliana Ramadhani partiwiplb.ikip24@gmail.com Partiwi Ngayuningtyas Adi partiwiplb.ikip@gmail.com Dedy Ariyanto partiwiplb.ikip@gmail.com <p>Penggunaan video pembelajaran digital marketing yang dikembangkan dalam program vokasi kewirausahaan menjadi solusi bagi warga belajar disabilitas daksa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi digital marketing dikarenakan metode pembelajaran yang monoton. Sehubungan dengan penelitian yang dilaksanakan, rumusan masalah yang diusulkan yakni apakah ada pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara?. Penelitian ini mempunyai tujuan demi mengetahui pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian <em>one group pre-test post-test</em> (<em>pre-experimental design</em>). Populasi penelitian sejumlah 10 orang. Data dikumpulkan dengan tes yang diberikan melalui google form. Tes diberikan dalam bentuk pilihan ganda yang berisi materi tentang digital marketing. Teknik pengolahan data mempergunakan uji normalitas <em>sapiro wilk</em> dan uji t dua sampel berpasangan atau <em>paired sample t test</em>. Merujuk hasil analisis data menggunakan <em>paired sample t test</em> tampak bahwa t hitung &nbsp;≥ t tabel, maka&nbsp; Ho mengalami penolakan dan H<sub>1 </sub>mengalami penerimaan. Untuk itu bisa disimpulkan yakni ditemukan pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Pengaruh yang diberikan dapat dilihat dari nilai mean pada tabel analisis <em>paired sample t test</em> sebesar</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>&nbsp;&nbsp;Vidio Pembelajaran, Digital&nbsp; Marketing, Warga Belajar Disabilitas Daksa</p> <p>Penggunaan video pembelajaran digital marketing yang dikembangkan dalam program vokasi kewirausahaan menjadi solusi bagi warga belajar disabilitas daksa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi digital marketing dikarenakan metode pembelajaran yang monoton. Sehubungan dengan penelitian yang dilaksanakan, rumusan masalah yang diusulkan yakni apakah ada pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara?. Penelitian ini mempunyai tujuan demi mengetahui pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian <em>one group pre-test post-test</em> (<em>pre-experimental design</em>). Populasi penelitian sejumlah 10 orang. Data dikumpulkan dengan tes yang diberikan melalui google form. Tes diberikan dalam bentuk pilihan ganda yang berisi materi tentang digital marketing. Teknik pengolahan data mempergunakan uji normalitas <em>sapiro wilk</em> dan uji t dua sampel berpasangan atau <em>paired sample t test</em>. Merujuk hasil analisis data menggunakan <em>paired sample t test</em> tampak bahwa t hitung &nbsp;≥ t tabel, maka&nbsp; Ho mengalami penolakan dan H<sub>1 </sub>mengalami penerimaan. Untuk itu bisa disimpulkan yakni ditemukan pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Pengaruh yang diberikan dapat dilihat dari nilai mean pada tabel analisis <em>paired sample t test</em> sebesar</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>&nbsp;&nbsp;Vidio Pembelajaran, Digital&nbsp; Marketing, Warga Belajar Disabilitas Daksa</p> 2024-04-16T14:29:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9774 Implementasi Sistem Pembelajaran Hybrid Learning sebagai Upaya untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik Tuna Daksa di PKBM Rumpun Aksara Jember 2024-04-18T08:15:01+00:00 Elisabeth Ema Koten laililaflah.plb@gmail.com Lailil Aflahkul Yaum laililaflah.plb@gmail.com Inna Hamida Zusfindhana laililaflah.plb@gmail.com <p style="font-weight: 400;"><em>This research examines the implementation of the Hybrid Learning learning system as an effort to increase the participation of students with physical impairments in PKBM Rumpun Aksara Jember. The aim of this research is to describe how the Hybrid Learning learning system is implemented at PKBM Rumpun Aksara and to determine the supporting factors and inhibiting factors for implementing the Hybrid Learning learning system at PKBM Rumpun Aksara. PKBM Rumpun Aksara is a non-formal educational institution in Indonesia that organizes literacy programs for children and adults who have dropped out of formal education. The problem in this research is the lack of participation level of students with physical impairments to take part in face-to-face learning at PKBM Rumpun Aksara, so a learning innovation is presented that does not require students with physical impairments to always attend PKBM Rumpun Aksara. This learning innovation is Hybrid Learning. Hybrid Learning is a combination of online learning and offline or face-to-face learning. This research uses qualitative relationships with descriptive methods. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used in this research include: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. From the results of this research, it can be concluded that the implementation of the Hybrid Learning system at PKBM Rumpun Aksara starting from the planning stage, the implementation stage to the evaluation stage has been categorized as good, but there are several things that must be considered and adjusted to the needs of students with physical impairments.</em></p> 2024-04-18T08:15:01+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9677 Pengaruh Keterampilan Bercocok Tanam Hydroponik Type Wick System dengan Media Botol Bekas terhadap Keterampilan Vokasional Siswa Disabilitas Intelektual Ringan di SLB C TPA Jember 2024-04-23T10:34:24+00:00 Brenda Caesarita caesaritabrenda29@gmail.com Khusna Yulinda Udhiyanasari khusnayulinda37@gmail.com Renalatama Kismawiyati renalatama@gmail.com <p>Addressing learning challenges and providing specialised help to all students with impairments is crucial if every child is to have equal opportunity. At SLB C TPA Jember, located on Jl. Jawa No.57 Sumbersari Jember, one of the educational goals is to help students with impairments become as independent as possible. One of them is teaching kids with disabilities marketable skills, such hydroponic farming, so they may live as independently as possible. These job-specific talents may assist disabled youth become economically independent after they finish high school and find a job or launch their own business. The primary goal of this study was to identify ways in which vocational skills might help handicapped students at SLB C TPA Jember develop more independence. This research employs quantitative and descriptive methodologies. Researchers from SLB C TPA Jember conducted the research. Observation, practical testing, and documentation were the main sources of data for this research. Putting these vocational skills programmes into reality has the full support of everyone from classroom teachers to supplemental educators to school officials.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Keywords</em><em>: </em>vocational abilities, farming wick-type hydroponic system, children with special needs.</p> 2024-04-23T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9888 Pengembangan E-Learning di SD N Purwara V 2024-05-01T02:04:24+00:00 Leo Charli leocharli489@yahoo.com Mufti Afan leocharli48@yahoo.com Aneka Rahma leocharli48@yahoo.com <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan <em>E-Learning </em>Berbasis <em>Web-Blog</em> yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas V SD Negeri Purwara V. Metode penelitian yang digunakan <em>Research and Development</em> dengan desain pengembangan model ADDIE<em>.</em> <em>&nbsp;</em>Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Purwara V. Sampel Penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket. Teknik analisis data menggunakan skala <em>likert</em> dan <em>mean </em>(persentase nilai rata-rata). Berdasarkan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket uji validitas dari tim validator ahli desain, bahasa, dan materi tergolong dalam kategori baik dengan persentase 92%. Sedangkan hasil analisis uji kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 10 orang uji <em>one to one</em>sebanyak 3 siswa, uji kelompok kecil 6 siswa dan 1 guru untuk uji kepraktisan guru. Hasil secara keseluruhan uji kepraktisan tergolong dalam kategori prakris dengan persentase 83,70%. Dengan demikian hasil penelitian dan pengembangan <em>e-learning </em>berbasis <em>web-blog</em> dapat dinyatakan valid dan praktis, <em>e-learning </em>berbasis <em>web-blog </em>layak digunakan dalam pembelajaran. <em>Web-blog </em>ini dapat membantu siswa dan guru di dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.</p> 2024-05-01T02:04:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9644 Kesiapan Sekolah pada Implementasi Program Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas Menuju Era Society 5.0 2024-05-01T13:49:02+00:00 Bayu Wisnanda wisnandabayu24@gmail.com Riki Anggara Putra wisnandabayu@gmail.com Dahlia Dahlia wisnandabayu@gmail.com Afriadi Ramadhani Rakhman wisnandabayu@gmail.com <p>Masyarakat era 5.0 lahir atas latar belakang kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, salah satunya bidang pendidikan. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimplementasaikan kebutuhan tersebut melalui program merdeka belajar. Merdeka belajar lebih menekankan pada proses belajar yang harus dilakukan dengan mengembangkan kemauan dan semangat, mengakui hak atas kebebasan berpikir serta tanpa rasa takut dalam bentuk apapun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kesiapan sekolah menengah atas dalam mengimplementasikan program merdeka belajar menuju era <em>society 5.0. </em>Metode dalam penelitian ini menggunakan studi literatur secara kualitatif dengan fokus pembahasan tentang kurikulum merdeka dan program merdeka belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis literatur 10 jurnal nasional dan 5 internasional, serta pedoman kebijakan merdeka belajar melalui Kemendikbud, peraturan perundang-undangan negara serta bacaan internet. Hasil dari penelitian ini merumuskan cara menghadapi masyarakat 5.0 dalam pendidikan: (1) Pemerintah harus berusaha meningkatkan pemerataan pembangunan dan keterbukaan memperluas koneksi internet di seluruh wilayah Indonesia. (2) Pemerintah harus mampu mensinkronkan pendidikan dan industri agar nantinya lulusan perguruan tinggi dan sekolah dapat bekerja di bidangnya dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan industri untuk mengurangi pengangguran di Indonesia pada masa mendatang. Adapun aspek positif program merdeka belajar adalah guru lebih leluasa berkreasi dalam mengajar sebanyak mungkin dan mengenal minat, bakat, kebutuhan, dan kemampuan siswa. Kerjasama baik antara guru, penyelenggara sekolah, dinas, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya dalam program merdeka belajar dapat mempercepat tercapainya tujuan&nbsp; sistem pendidikan nasional.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Kata Kunci: <em>Era Sosial 5.0, Kurikulum Merdeka Belajar, Sekolah Menengah Atas</em></p> 2024-05-01T13:49:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9808 Kerjasama Pendidik dan Orang Tua Menanamkan Nilai-Nilai Karakter kepada Anak Didik Melalui Lembaga Pendidikan Non Formal 2024-05-05T03:41:12+00:00 Abdul Rahman abdulrahman@iain.curup.ac.id Masudi Masudi abdulrahman@iain.curup.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan bentuk kerjasama pendidik dan orang tua menanamkan nilai-nilai karakter melalui lembaga Pendidikan non formal. Pendidikan non formal yang dimaksud dalam penelitian ini berbentuk Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) berlokasi di Kelurahan Jalan Baru Curup. Pendekatan&nbsp; penelitian digunakan kualitatif diskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi. dan dokumentasi. Informan penelitian adalah pendidik dan orang tua.</p> <p>Kemudian. Data diolah dan dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian &nbsp;menjelaskan &nbsp;ada 2 (dua) bentuk kersajama pendidik dan orang tua menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak didik melalui lembaga Pendidikan non formal. <em>Pertama</em>, kerjasama langsung. Kerjasama langsung adalah bentuk kerjasama antara orang tua dan pendidik tanpa perantara atau media, sepertih melalui tatap muka langsung dan &nbsp;menghadiri undangan pendidik. <em>Kedua,</em> &nbsp;&nbsp;kerjasama tidak langsung adalah kerjasama melalui media perantara seperti mengunakan aplikasi seperti WA group dan buku kendali. Nilai-nilai karakter yang bisa ditanamkan melalui kerjasama pendidik dan orang tua di antaranya karakter tanggung jawab, kerjasama, kebersihan, relegius dan gotong royong. Temuan penelitian adalah bahwa lembaga Pendidikan non formal bisa saling melengkapi dengan lembaga Pendidikan formal. Kehadirannya&nbsp; sangat berperan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter, maka keberadaannya masih &nbsp;&nbsp;dibutuhan dan&nbsp; harus tetap dipertahankan di masyarakat.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Pendidikan non formal, nilai-nilai karakter</p> 2024-05-05T03:41:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/8122 Pengembangan Sistem Informasi Akademik STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh 2024-05-14T13:37:37+00:00 Yahya Yahya yahyatambunan23@fip.unp.ac.id Sri Mures Walef yahyatambunan@fip.unp.ac.id Rafikah Bestri yahyatambunan@fip.unp.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi Akademik (SIADAK). Sistem dapat diakses admin, prodi, dosen dan mahasiswa untuk semua yang berhubungan dengan akademik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan waterfall. Waterfall mempunyai tahapan pengembangan yaitu communication, planning, modeling, construction dan deployment. Metode pengumpulan data pada penelitian ini terbagi menjadi beberapa metode yang digunakan untuk mengetahui atau mendapatkan gambaran tentang masalah yang terjadi di peguruan Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan&nbsp; literature. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji kelayakan dari sistem. Data dianalisis dan diperoleh data dari Ahli informasi sbesar 91,89%, Ahli Subtansi 86,3% dan Mahasiswa 90,71. Dengan rata rata akhir 89,6%. &nbsp;Simpulan, &nbsp;sistem Informasi Akademik (SIADAK) STKIP Yayasan Abdi Pendidikan layak untuk digunakan.</p> 2024-05-14T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9395 Pengaruh Metode VAKT untuk Kemampuan Mengenal Huruf E-N pada Anak dengan Kesulitan Belajar 2024-05-15T09:14:41+00:00 Izza Aliatul Afdila naahamida224@gmail.com Inna Hamida Zusfindhana naahamida@gmail.com Partiwi Ngayuningtyas Adi naahamida@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui metode VAKT yang diterapkan pada anak kesulitan belajar mengenal huruf (e, f, g, h, i, j, k, l, m, n) memiliki dampak atau tidak. Studi ini menggunakan jenis penelitian SSR (<em>single subject reserch</em>). Hasil penelitian diamati selama 14&nbsp; pertemuan dimana 4 pertemuan <em>baseline</em> dan 10 pertemuan intervensi.&nbsp; Dalam kondisi <em>baseline </em>mendapatkan persentase 10%, 20%, 30%, 30% dan pada fase intervensi mendapatkan persentase 30%, 40%, 50%, 50%, 60%, 70%, 60%, 80%, 90%, 100%. Hasil menunjukkan bahwa nilai terkecil 10% dan terbesar 30% berada pada fase baseline, serta &nbsp;mean level 22.5%. Dalam fase intervensi nilai terkecil 30% dan nilai terbesar 100%, serta mean level 63%, perubahan level pada tahap keduanya sebesar 0%. Melalui hasil data penelitian dapat diketahui bahwa metode VAKT memberikan pengaruh terhadap kemampun mengenal huruf E-N terhadap anak kesulitan belajar.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>metode VAKT, kemampuan mengenal huruf, anak dengan kesulitan belajar.</p> 2024-05-15T09:14:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9461 Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Persepsi dan Motivasi Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA Melalui Bimbingan Kelompok di SMP N H Wukirsari Kab. Musi Rawas 2024-05-19T08:17:45+00:00 Mirza Serawaidi serawaidi@gmail.com Hendra Harmi serawaidi@gmail.com Rifanto Bin Ridwan serawaidi@gmail.com Dinna Hajja Ristianti serawaidi@gmail.com <p>Pendidikan merupakan proses untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia, sekaligus mengangkat manusia dari ketertinggalan. Melalui pendidikan, selain diperoleh kepandaian berolah pikir, juga akan diperoleh wawasan baru yang kesemuanya akan membantu upaya manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya, baik sebagai pribadi yang dewasa maupun sebagai anak bangsa. Penelitian &nbsp;ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu&nbsp; observasi, wawancara dan dukomentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah wali kelas VIII, guru mata pelajaran IPA, guru bimbingan dan konseling, dan peserta didik kelas VIII&nbsp; di SMP Negeri Wukirsari . Hasil penelitian menunjukan bahwa&nbsp; Peran guru bimbingan konseling di SMP Negeri Wukirsari sebagai pendorong motivasi siswa sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal yaitu dengan&nbsp; mengadakan bimbingan kelompok bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar IPA dan perannya dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah. Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan persepsi dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri Wukirsari sangat membantu terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar IPA. Hasil bimbingan kelompok yang di laksanakan guru bimbingan konseling dapat memotivasi siswa yang awalnya tidak semangat menjadi semangat belajar pada mata pelajaran IPA. Walaupun dalam pelaksanaan bimbingan kelompok masih ada hambatan-hambatan, tetapi akhirnya bisa melakukan aktivitas itu dengan baik dan lancar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci:</strong>&nbsp; <em>Guru BK, Meningkatkan persepsi, Meningkatkan motivasi belajar, Bimbingan Kelompok.</em></p> 2024-05-19T08:17:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9539 Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mewujudkan Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar 2024-05-19T11:47:30+00:00 A Rizal a.rizal24@universitasbosowa.ac.id Bhakti Pandi Hasin a.rizal@universitasbosowa.ac.id Burhan Burhan a.rizal@universitasbosowa.ac.id <p>Tujuan dari Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh pendidikan kewarganegaraan terhadap penanaman nilai karakter di kalangan siswa. Mendeskripsikan bagaimana nilai nilai kewarganegaraan ditanamkan pada anak dengan mendefinisikan nilai-nilai kewarganegaraan. Proses pengembangan karakter individu manusia meliputi pengembangan nilai, sikap, dan pemikiran, yang sering kali dimulai pada masa kanak-kanak. Teknik pengumpulan data penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan secara efektif berkontribusi pada peningkatan pemahaman dan praktik nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dan rasa keadilan di antara siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan kewarganegaraan sebagai sarana penanaman nilai karakter, sekaligus memberikan wawasan bagi pengembangan kurikulum dan metode pengajaran.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan Sekolah Dasar.</p> 2024-05-19T11:47:30+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/7784 Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pon-Pes Hidayatullah Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2023-2024 2024-05-26T12:13:41+00:00 Sawaludin Rahman sawaludinrahmanbkl23@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas X, XI dan XII SMA Pon-Pes HidayatullahKota Bengkulu. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelaarann PAI di kelas X, XI dan XII SMA Pon-Pes HidayatullahKota Bengkulu. 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pada mata pelaarann PAI di kelas X, XI dan XII SMA Pon-Pes Hidayatullah Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan &nbsp;pendekatan&nbsp; asosiatif.&nbsp; Pengumpulan &nbsp;data &nbsp;penelitian&nbsp; ini &nbsp;menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar sebesar 2,053 dengan&nbsp;&nbsp; tingkat&nbsp; &nbsp;pengaruhnya&nbsp; &nbsp;sebesar&nbsp;&nbsp; 27,5%.&nbsp;&nbsp; 2).&nbsp;&nbsp; Terdapat&nbsp; &nbsp;pengaruh&nbsp; &nbsp;yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 2,862 dengan tingkat pengaruhnya sebesar 33,2%. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 13,600 dengan tingkat pengaruhnya sebesar 39,3%.</p> 2024-05-26T12:13:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/7812 Problematika Guru PAI dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA N 3 Kota Bengkulu 2024-06-22T15:18:13+00:00 Fekri Antoni fekriantonio23@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di SMAN 3 Kota Bengkulu? 2). Bagaimana solusi dalam mengatasi problematika implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 3 Kota Bengkulu?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa 1). Problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di SMAN 3 Kota Bengkulu. Pertama, problematika pada perencanaan pembelajaran yaitu guru PAI kesulitan dalam menganalisa capaian pembelajaran, mengubahnya menjadi tujuan pembelajaran dan menyusun alur tujuan pembelajran, serta kesulitan dalam mengembangkannya menjadi modul ajar. Kedua, problematika yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran ialah, guru PAI kesulitan dalam mengubah mindset atau kebiasaan lama dalam proses pembelajaran, serta kesulitan dalam memahami konsep kurikulum merdeka dan menerapkan pembelajaran yang sesuai. Ketiga, problematika yang terjadi dalam evaluasi pembelajaran yaitu guru PAI kesulitan dalam menentukan asesmen yang tepat sesuai tujuan pembelajaran. 2). Solusi yang dilakukan guru pendidikan agama islam untuk mengatasi problematika implementasi kurikulum merdeka di SMAN 3 Kota Bengkulu yaitu dengan mengikuti pelatihan, sosialisasi, yang diadakan oleh pihak sekolah maupun dinas pendidikan, sharing sesama pendidik, dan belajar mandiri.</p> 2024-05-28T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9930 Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Materi Indonesiaku Kaya Budaya Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SD N 1 Air Deras 2024-06-23T13:35:58+00:00 Yulita Suwanti litasuwanti@gmail.com Aren Frima Frimasoemantri@gmail.com Candres Abadi candres.abadi@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis canva materi indonesiaku kaya budaya muatan pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Air Deras yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&amp;D (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan ADDIE (<em>Analyisis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Subjek penelitian yaitu siswa Kelas IV SD Negeri 1 Air Deras berjumlah 19 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan dan seorang guru kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tertulis berupa soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi (ahli media, ahli bahasa, ahli materi) yaitu 0,89 dengan kategori sangat valid. Hasil analisis kepraktisan (siswa dan guru) 88,65% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis keefektifan <em>N-Gain Score</em> yaitu 0,63 dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, maka pengembangan bahan ajar interaktif berbasis canva valid, praktis, dan cukup efektif untuk digunakan pada pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar.</p> <p>Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar Interaktif, Canva, IPS, Sekolah Dasar</p> 2024-06-23T13:35:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/9460 Pengaruh Disiplin dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri B Srikaton Kab. Musi Rawas 2024-06-28T12:39:20+00:00 Sri Kartika srikartika530@gmail.com Beni Azwar srikartika530@gmail.com Rahmad Iswanto srikartika530@gmail.com Hartini Hartini srikartika530@gmail.com Dina Hajja srikartika530@gmail.com <p>Berbicara tentang disiplin, sangat berkaitan erat dengan motivasi. jika seseorang memahami apa yang diinginkan dan apa yang harus dilakukan agar hidup terasa lebih nyaman, menyenangkan, sehat dan sukses akan memotivasi siswa untuk membuat perencanaan hidup dan mematuhi perencanaan yang dibuat atas kemauan dan kesadaran dirinya sendiri, sehingga akan menumbuhkan sikap disiplin dalam diri seseorang dan&nbsp; dia akan giat dan tekun dalam belajar.&nbsp; Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto.pada penelitian ini mencari pengaruh dari motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Adapun &nbsp;populasi penelitian sebanyak 239 siswa &nbsp;dengan sampel penelitian diambil sebanyak 52 siswa kelas IX di SMPN B Srikaton. Dengan &nbsp;perhitungan rumus Issac Michael. Peneliti hanya mencari dampak atau pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang mana gejala–gejala akan diukur menggunakan angka – angka.</p> <p>Berdasarkan hasil analisis data dari hasil kuisioner atau angket motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton saat ini termasuk kategori cukup. Secara parsial variabel motivasi belajar ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton yaitu berdasarkan uji t sebesar 2,141 yang lebih besar dari ttabel dengan probabilitas sebesar 0,035. Berarti hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton” diterima.</p> <p>Berdasarkan hasil analisis data dari hasil kuisioner atau angket disiplin belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton menunjukkan kategori tinggi. Secara parsial disiplin belajar ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas kelas IX SMP Negeri B Srikaton dilihat dari uji t sebesar 2,096 lebih besar dari ttabel dengan probabilitas sebesar 0,039. Berarti hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton” diterima.</p> <p>Tidak ada pengaruh signifikan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri B Srikaton ditunjukkan dari hasil uji F diperoleh Fhitung = 2,695 dengan probabilitas atau signifikansi sebesar 0,074 &gt; 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha3 ditolak yang berarti tidak ada pengaruh signifikan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: &nbsp;<strong>Disiplin Belajar, </strong><strong>Motivasi Belajar, Hasil Belajar</strong></p> 2024-06-28T12:39:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/10208 Pengaruh Penggunaan Media Spinning Whell terhadap Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Payakumbuh 2024-06-30T02:33:15+00:00 Indri Novalia indrinovalia2@gmail.com Destel Meri indrinovalia2@gmail.com Yuhasnil Yuhasnil indrinovalia2@gmail.com Dedi Asmara indrinovalia2@gmail.com <p>This research is motivated by the lack of creative thinking skills of students when the teaching and learning process is in progress. This is caused by the lack of varied methods and use of media in learning which makes students passive when learning so that it has an impact on student learning outcomes. Based on this background, this study aims to determine the effect of using spinning wheel media on students' creative thinking abilities in history learning class XI Social Studies SMA Negeri 3 Payakumbuh. This research is an experimental research with Nonequivalent Control Group Design. The population of this research is students of class XI Social Studies SMA Negeri 3 Payakumbuh which has 4 classes. The sample of this study were 2 classes, namely XI IPS 2 as the experimental class and XI IPS 1 class as the control class. The data taken in this study are the social studies learning outcomes of the two sample classes. The data were analyzed with the similarity test of two averages (t-test), by first carrying out the normality test and homogeneity test. Based on the data analysis test with a confidence level of 95% (α = 0.05), then tcount = 6.08 and ttable 1.68. Because tcount &gt; ttable means H0 is rejected and H1 is accepted. It can be seen from the results of the hypothesis test that the average value of the experimental class was 81.59 while the average control class was 70.69, thus there was an effect of using spinning whell media on students' creative thinking skills in history learning class XI Social Sciences SMA Negeri 3 Payakumbuh.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-06-30T02:33:15+00:00 ##submission.copyrightStatement##