https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/issue/feed Journal of Elementary School (JOES) 2025-02-16T20:48:32+00:00 Riduan Febriandi ipm2kpejoes2018@gmail.com Open Journal Systems <p>Journal of Elementary School (JOES) is published by research institute of mathematics, computer, nursering, education and economics (IPM2KPE) as the information and communication media for practitioners, researchers and academics who engaged, put interest teaching practice, teaching and Learning, math elementary education, Indonesian language elementary education, social studies elementary education, natural sciences elementary education, civics elementary education, elementary education implementations from various aspects. Journal of Elementary School (JOES) publishes articles both in online/OJS (e-ISSN 2615-1448) and printed (p-ISSN 2620-7338) versions.</p> https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/14249 Pembuatan E-Modul Usaha dan Energi Berbasis Penyelesaian masalah 2025-02-14T06:10:34+00:00 Retno Nela Simanjuntak retnonela30@gmail.com Nova Lega Hati Siregar novasiregar924@gmail.com Muhammad Harpis mharpis1988@gmail.com Alesia Lorenzza Sinaga lesyasinaga07@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan desain dan hasil dari perancangan e-modul. <em>pemecahan masalah </em>berbasis usaha dan energi . Studi ini adalah pembuatan modul elektronik usaha dan enerrgi berbasis pemecahan masalah divalidasi oleh 1 media pakar untuk mengevaluasi penampilan dan kesesuaian dari modul, kemudian 1 ahli Teori untuk mengevaluasi kedalaman isi e-modul yang dirancang Dosen di Universitas Negeri Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, validasi ahli media dan validasi angket ahli materi. Hasil yang diperoleh dari aspek dirancang keabsahan dari masukan media pakar diperoleh rata-rata skor 88.3 % di dalam kategori sangat layak dan untuk evaluasi ahli Teori nilai rata-rata 90,5% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul usaha dan energi berbasis pemecahan masalah adalah valid.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>e- modul usaha dan energi: <em>problem solving</em></p> 2025-02-12T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/14259 IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SMP NEGERI 24 SAMARINDA 2025-02-16T20:48:32+00:00 Nur Aini nurainicut23@gmail.com Novita Majid novhy.spd@gmail.com Moh. Bahzar moh.bahzar1963@gmail.com Wingkolatin . wingkolatin2525@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini yaitu guna untuk mengetahui pengimplementasian Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Samarinda pada bulan September 2024 November 2024. Subjek penelitian ini ialah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Guru PPKn, dan siswa siswi dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Negeri 24 Samarinda telah mengimplementasikan, Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan baik dan maksimal. Dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa guru tidak hanya membentuk siswa menjadi sebuah kelompok diskusi, tetapi memberikan penguatan penguatan yang sekiranya dapat membantu siswa dan dalam pengimplementasian didalam kehidupan siswa langsung merasakan diekstrakurikuler pramuka dengan berbagai kegiatan yaitu memasang tenda, memasak, dan membersihkan lingkungan sekitar.</p> 2025-02-16T20:42:28+00:00 ##submission.copyrightStatement##