Pengaruh Citra Merek dan Religiusitas terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Sabun Mandi Lifebuoy di Kota Cimahi
Abstract
This study examines the influence of brand image and religiosity on customer loyalty of Lifebuoy soap in Cimahi City with customer satisfaction as a mediating factor. Data were collected through questionnaires distributed to 120 Muslim respondents aged 15-63 years who had used Lifebuoy soap. Data analysis was carried out using the SPSS version 25 application and the Sobel test to test the validity and reliability of the instrument as well as descriptive analysis, classical assumptions, and multiple regression. The findings of the study indicate that brand image and religiosity have a significant positive effect on customer satisfaction. However, brand image does not have a significant effect on customer loyalty, while religiosity has a significant negative effect on loyalty. Customer satisfaction is proven to have a significant positive effect on loyalty and mediates the influence of brand image and religiosity on customer loyalty. The results of this study are expected to provide insight for companies in designing relevant strategies to increase customer loyalty of Lifebuoy soap.
Keywords: Brand Image, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Religiosity
References
Ali Hasan (2014), Marketing dan Kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur.
Avika, H. N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Kosmetik Wardah Di Desa Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Skripsi. Https://repository.uin-suska.ac.id/
Bbc.com. (2023) Sejarah Konflik Palestina-Israel Pertikaian Berkepanjangan yang Berlangsung Puluhan Tahun. https://www.bbc.com/indonesia/articles/cjr0pz20z7po
Cnbcindonesia.com. (2023) RI dan Banyak Negara Boikot Produk Israel Apa Efeknya. https://www.cnbcindonesia.com/news/20231114170902-4-488970/ri-banyak-negara-boikot-produk-israel-apa-efeknya
Fakhrudin, A. (2016). Pengaruh performance quality, reputasi merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 65-83. https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3902
Fajar, R. A., Yunitarini, S., Muhardono, A., & Id, A. A. (2022). Pengaruh Label Halal, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. In Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 25). http://dx.doi.org/10.31941/jebi.v25i2.2385. Www.Jurnal.Unikal.Ac.Id/Index.Php/Jebi
Gina Andria, Y., & Wahyu Setiadi, Y. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Customer Satisfaction Terhadap Loyalitas Konsumen. In Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (Vol. 4, Issue 2). Www.Jurnal.Umb.Ac.Id
Indrawati, F. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening di Cincau Station Surabaya. Agora, 6(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7727
Istanti, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswa Uin Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto) Skripsi. Https://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/
Kotler, Phillip Dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: Pt. Indeks
Latif, F., Widjajani, W., & Budiyanto. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Wardah Di Purworejo). In jurnal volatilitas (Vol. 5, Issue 2). Http://Ejournal.Umpwr.Ac.Id/Index.Php/Volatilitas/Article/View/8473/6520
Laila, N., & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen Konsumen Skincare Ms Glow Di Surabaya. In jurnal management & Bussines. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2339
Maharani, A., Arifin, R., & Suharto, M. K. A. B. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas produk, persepsi harga, promosi dan label halal terhadap kepuasan pelanggan MS Glow pada rentang usia 18-25 tahun di Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(13). Www.Fe.Unisma.Ac.Id
Mahanani, E., & Kudratul Alam, I. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan D’besto cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan D’Besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat, 19(01), 11-22. https://doi.org/10.36406/jam.v19i01.550
Mardani, D. A., & Gunawati, R. (2020). Apakah Religiusitas sebagai Faktor Penarik Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus BMT Idrisiyyah Tasikmalaya). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 62-67. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.35
Nurdiana, R., & Effrisanti, Y. (2022). Pengaruh Brand Image Produk Kosmetik Ms Glow Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. In jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan manajemen. Https://Ejournal.Stkipjb.Ac.Id/
Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 18-24. http://dx.doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25123.18-24
Oktavia, Y., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Produk Kecantikan Wardah Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 240-252. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p240-25
Pelawi, R., & Aprillia, A. (2023). Pengujian Efek Kualitas Produk Halal dan Religiusitas Pada Loyalitas Konsumen Produk Wardah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(3), 978-986. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i3.2737
Permatasari, A. S., Listyorini, S., & Prihatini, A. E. (2022). Pengaruh Reputasi Merek dan Persepsi Kualitas Jasa terhadap Loyalitas Merek (Studi pada Pengunjung Hotel MG Setos Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 301-309. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34724
Peterson, G. R. (2001). Religion as orienting worldview. Zygon®, 36(1), 5-19. https://doi.org/10.1111/0591-2385.00336
Puspitasari, R. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pelanggan Toko Sinar Kosmetik Kartasura) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Mas Said). Skripsi. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/6278/1/SKRIPSI.pdf
Safitri, I., & Mauludi, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Emina Cosmeticspada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Satu Tulungagung Angkatan Tahun 2018. In Jurnal Riset Ekonomi(JUREMI). https://doi.org/10.53625/juremi.v2i3.3398
Sari, C. N., Ningrum, A. P., & Hapsari, R. D. V. (2022). The Effect Of Religiosity And Product Knowledge On Customer Loyalty With Halal Perception As A Mediation Variable: A Study On Muslim Women Consumers Of Halal Certified Cosmetic Products In Malang City. International Journal Of Research In Business And Social Science, 11(1), 42–52. Https://Doi.Org/10.20525/Ijrbs.V11i1.1563
Sekaran, Uma Dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian Untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Jakarta: Salemba Empat
Setiawan, F., Idris, I., & Abror, A. (2019, April). The relationship between religiosity, service quality, customer satisfaction and customer loyalty. In 2nd Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2018) (pp. 233-241). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.31
Sutedjo, B., & Garcia Reza, S. (2023). Seiko : Journal Of Management & Business Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Emina Di Kota Semarang. Seiko : Journal Of Management & Business, 6(1), 810–817. Https://Doi.Org/10.37531/Sejaman.V6i1.3549
Sudirjo, F., Aslichah, A., Sari, M. D., Muhammadong, M., & Siregar, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Dan Religiustitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1). http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10304
Suwandi, A., & Tunjungsari, H. K. (2021). Pengaruh Religious Commitment dan Islamic Physical dan Non Physical Attributes terhadap Customer Loyalty dengan Mediasi Customer Satisfaction pada Masyarakat Beragama Islam yang Berkunjung ke Luar Negeri. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(4), 369-373. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i4.12794
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV
Tjiptono, Fandy (2017), Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Penerbit Andi
Top Brand Award. (2022). Metodologi Survey. https://www.topbrand- award.com/metodologi-survei
Unilever.com. (2023). Unilever Lifebuoy. Https://Www.Unilever.Com/Brands/Personal-Care/Lifebuoy/
Wahyoedi, Soegeng & Sudiro, Achmad & Sunaryo, S. & Sudjatno, S.. (2021). The effect of religiosity and service quality on customer loyalty of Islamic banks mediated by customer trust and satisfaction. Management Science Letters. 187-194. 10.5267/j.msl.2020.8.016.
Widyasanti, A., Rahayu, A. Y., & Zein, S. (2017). Pembuatan Sabun Cair Berbasis Virgin Coconut Oil (Vco) Dengan Penambahan Minyak Melati (Jasminum Sambac) Sebagai Essential Oil. Jurnal Teknotan, 11(2), 1. Https://Doi.Org/10.24198/Jt.Vol11n2.1
Copyright (c) 2024 Muhamad Fazri Sidiq, Hariyadi Triwahyu Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.