Harga, Kualitas dan Promosi terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan dalam Pembelian Produk Handphone di PT. Christaraka Sukses Selalu Kota Medan

  • Cristine Shanweda Napitupulu Universitas Prima Indonesia
  • Silvi Friciliya Hasugian Universitas Prima Indonesia
  • Jhon Rocky Purba Universitas Prima Indonesia
  • Deni Faisal Mirza Universitas Prima Indonesia

Abstract

This study aims to analyze the effect of price, quality, and promotion on customer satisfaction at PT Christaraka Sukses Selalu, Medan City. The research method used is a quantitative approach, with data collected from 85 consumers using the Slovin technique to determine the sample. Based on the t-test, price and quality do not have a significant effect on customer satisfaction, with a t-count value smaller than t-table and a significance above 0.05. On the other hand, promotion has a significant effect, with a t-count greater than t-table and a significance of 0.001. The simultaneous F test shows that price, quality, and promotion together have a significant effect on customer satisfaction, with a calculated F value of 53.606 and a significance of 0.001. The Adjusted R Square value of 0.598 indicates that 59.8% of the variation in customer satisfaction can be explained by the variables of price, quality, and promotion, while the remaining 40.2% is influenced by other factors not examined in this study.

 Keywords: Price, Quality, Customer Satisfaction, Promotion

References

Ari Dwi Astono & Bambang Widjanarko Susilo (2023). Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Pemoderasi, Jurnal Bingkai Ekonomi Vol. 8 No. 2, Hal. 1-8. https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/article/view/282

Enos Korowa, Sontje Sumayku & Sandra Asaloei (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado), Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 3 Tahun 2018 indikator harga. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/20282

Greini Sandrawati Sasambe, James Massie & Mirah Rogi (2023) Pengaruh Produk, Harga, Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Freshmart Superstore Bahu Manado Terkait Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Covid19 (Studi Pada Konsumen Freshmart Superstore Bahu Manado), Jurnal EMBA Vol. 11 No. 3, Juli 2023, Hal. 186-195. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.48358

Hafiz Fauzi , Winny Gunarti W & Iis Purnengsih (2022) Kajian Desain Media Promosi Sebagai Strategi Pemasaran Di Smk Setia Negara DEPOK, Vol. 04 No. 03, 2022. https://jim.unindra.ac.id/index.php/vhdkv/article/view/6303

I Gusti Ayu Agung Maharani, Ni Putu Nita Anggraini & Pande Ketut Ribek (2022) , Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Mina Cabang Dalung, Values, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2022. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/4007

I Made Adhi Andreanata & Ida I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi (2021) Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada UD. Sari Jaya Buah Kabupaten Badung, Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata Pebruari 2021, Vol. 1 (No. 1): Hal 14-24.

Julia Mega Bansaleng, Jantje L Sepang & Jeffry L A Tampenawas (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Xl Di Manado, Jurnal EMBA Vol… No… Juni 2021, Hal. 331 – 340, ISSN 2303-1174. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34722

Kholifah (2022). Pengaruh Kualitas Fungsional Dan Citra Perusahaan Terhadap Word Of Mouth Communication Dimediasi Kepuasan Konsumen, Jurnal of Digital Business and Management Vol. 01, No. 02, Agustus 2022. https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jdbm/article/view/188

Krisdayanto (2018). Pengertian Harga . eprints.polsri.ac.id/9843/3/BAB%20II.pdf. Diakses 11 Juni 2024.

Muhammad Marham, Mohammad Yahya Arief & Siti Soeliha (2023) Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Cantika Panji Situbondo, Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) Vol. 2, No. 3, Maret 2023 : 543-560. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/article/view/11971

Riana P. Masinambow, Johny R. E Tampi & Lucky F. Tamengkel (2021) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen CV. Prayer Mebel Desa Tewasen Kabupaten Minahasa Selatan, Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 2 No. 2, 2021. http://fekbis.repository.unbin.ac.id/id/eprint/308/

Sinollah, Siti Magfirotul Wahidah & Nailatul Khoiriyah (2022) Analisis Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone, Volume 1 Number 1. April 2022. 1 –6. Journal of Islamic Business and Enterpreneurship http://ejournal.uniramalanga.ac.id/index.php/jibe

Veronika Masili, Bode Lumanauw & Maria V.J. Tielung (2022) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Toko Bahan Bangunan Mentari Di Desa Sea Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa, Jurnal EMBA Vol.10 No.4 April 2022, Hal. 44-55. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/43690
Published
2024-08-31
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times