Keputusan Pembelian Mie Sedap Goreng Berdasarkan Kemasan dan Iklan Media Televisi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemasan dan iklan media televisi terhadap keputusan pembelian Mie Sedap Goreng. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kuantitatif dengan sampel berjumlah 58 responden yang merupakan masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Kikim Barat yang membeli Mie Sedap Goreng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung kemasan dan iklan media televisi masing-masing adalah 10,224 dan 2,247 (>ttabel = 2,004). Adapun nilai Fhitung kemasan dan iklan media televisi adalah 71,016 (>Ftabel = 2,40) dengan nilai signifikansi < taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Simpulan, kemasan dan iklan media televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Sedap Goreng. Kemudian secara simultan, kemasan dan iklan media televisi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Sedap Goreng.
Kata Kunci: Iklan Media Televisi, Kemasan, Keputusan Pembelian
References
Dhameria, V. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 8(1), 1-44
Dharmmesta, B. S. (2013). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPEE
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2011). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE
Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE
Gitosudarmo, I. (2013). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPEE
Komaryatin, N. (2009). Pengaruh Iklan Media Televisi dan Atribut Produk terhadap Keputusan Konsumen untuk Melakukan Pembelian. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 137-144
Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prehalindo
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1, Diterjemahkan: Bob Sabran. Jakarta : Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga
Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta
Silayoi, P., & Speece, M. (2005). The Importance of Packaging Attributes: A Conjoint Analysis Approach. European Journal of Marketing, 41(11/12), 1495-1517
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarwan, U. (2011). Prilaku Konsumen. Bogor: PT.Ghahalia Indonesia
Tjiptono, T. (2013). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: CAPS
Winata, A., & Nurcahya, I. K. (2017). Pengaruh Iklan pada Media Televisi terhadap Minat Beli (Studi pada Calon Konsumen Bukalapak.com di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5660-5692