Keputusan Pembelian Mie Sedap Goreng Berdasarkan Kemasan dan Iklan Media Televisi

  • Hestin Hestin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Serelo Lahat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemasan dan iklan media televisi terhadap keputusan pembelian Mie Sedap Goreng. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kuantitatif dengan sampel berjumlah 58 responden yang merupakan masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Kikim Barat yang membeli Mie Sedap Goreng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung kemasan dan iklan media televisi masing-masing adalah 10,224 dan 2,247 (>ttabel = 2,004). Adapun nilai Fhitung kemasan dan iklan media televisi adalah 71,016 (>Ftabel = 2,40) dengan nilai signifikansi < taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Simpulan, kemasan dan iklan media televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Sedap Goreng. Kemudian secara simultan, kemasan dan iklan media televisi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Sedap Goreng.

Kata Kunci: Iklan Media Televisi, Kemasan, Keputusan Pembelian

References

Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Agrimas, 1(1), 1-10

Dhameria, V. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 8(1), 1-44

Dharmmesta, B. S. (2013). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPEE

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2011). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE

Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE

Gitosudarmo, I. (2013). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPEE

Komaryatin, N. (2009). Pengaruh Iklan Media Televisi dan Atribut Produk terhadap Keputusan Konsumen untuk Melakukan Pembelian. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 137-144

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prehalindo

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1, Diterjemahkan: Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta

Silayoi, P., & Speece, M. (2005). The Importance of Packaging Attributes: A Conjoint Analysis Approach. European Journal of Marketing, 41(11/12), 1495-1517

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarwan, U. (2011). Prilaku Konsumen. Bogor: PT.Ghahalia Indonesia

Tjiptono, T. (2013). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: CAPS

Winata, A., & Nurcahya, I. K. (2017). Pengaruh Iklan pada Media Televisi terhadap Minat Beli (Studi pada Calon Konsumen Bukalapak.com di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5660-5692
Published
2020-12-11
Abstract viewed = 164 times
pdf downloaded = 108 times