Pengaruh Harga dan Promosi Produk terhadap Minat Beli Konsumen melalui Media Sosial Instagram di Ria Asry Shop Kabupaten Sidenreng Rappang
DOI:
https://doi.org/10.31539/sfds3n62Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada Ria Asry Shop melalui media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara online kepada 93 responden yang merupakan pengikut akun Instagram Ria Asry Shop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik variabel harga maupun promosi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli secara parsial maupun simultan, yang dibuktikan dengan hasil uji t dan uji F yang signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi penetapan harga dan promosi yang tepat dapat meningkatkan minat beli konsumen secara efektif melalui platform media sosial.
Kata Kunci: Harga, Promosi, Minat Beli, Instagram, Ria Asry Shop
References
Adenia, N. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Offline Pada Toko Rr Stuff Di Bengkulu (Studi Kasus Mahasiswa Febi). IAIN Bengkulu.
Anjali, S. L. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Personal branding dan Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Akun Media Sosial Instagram (Studi kasus pada Mahasiwa Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi). Universitas Siliwangi.
Eka Febriyani. (2023). Pengaruh Desain Produk, Harga, Dan Daya Tarik Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu Aerostreet. 1–124.
Fina Nur Falah, Misti Hariasih, S. S. (2024). Promotion on Consumer ’ S Purchase Interest in Crinkle Fabric At Markectplace Shopee. 7, 229–247.
Furoida, Z. (2023). Pengaruh harga, promosi, dan pelayanan terhadap minat beli produk pakaian di.
Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, 25.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Hilda, N. A. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Penilaian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Purwokerto). Skripsi, April, 115.
Ifazah, L., & Anggraini, M. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Mahasiswa Febi Uin Sts Jambi. Journal of Student Research, 1(5), 171–191.
Kasih, E., Waya, J., & Rahayu, N. I. (2024). Pemanfaatan Marketplac e Shopee dalam Meningkatkan Penjualan Toko Sartika Musik Pekanbaru. 4(1), 93–98.
Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2018). Principles of Marketing. Pearson Higher Education. https://books.google.co.id/books?id=ghi5zwEACAAJ
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=UbfwtwEACAAJ
Lahati, R. ., Latif, A. ., & Haslindah, H. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Jamu Herbal Rempah Unhy Cagibran Di Kec. Baranti Kab. Sidenreng Rappang. YUME: Journal of Management, 7(2), 1241–1249.
Mu’jizah, F., Nuraini, F., Nurjanah, E., & Pramudita, M. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui E-Commerce Shopee. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper STIE Widya Wiwaha, 1, 181–198.
Nikolaus, N. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada Pt. Wahana Kreasi Hasil Kencana. Kodeuniversitas041060# Universitasbuddhidharma.
Nuha, M. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Flash Sale Di Toko Online (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Yang Pernah Mengakses Lazada. com”. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Pranata, I. Y. I., Wahab, Z., Widiyanti, M., & Rosa, A. (2022). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada Indonesia. The Manager Review, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.20328
Safitri, D. A., & Rachmi, A. (2023). Pengaruh Harga dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada ZEESHOP.OS Di Pasuruan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9, 179–185.
Setiawan, M., Wahib, M., Amris, A., & Karman, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Market Place Shopee. EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 60–78. https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v3i1.439
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Syafaruddin, A. R. A., Saleh, W., & Syafaruddin, S. (2022). Pengaruh Pengendalian Internal Dan Kompensasi Terhadap Kecendurungan Kecurangan Pada Kantor Inspektorat Daerah Takalar. Bongaya Journal for Research in Accounting (BJRA), 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37888/bjra.v5i1.329
Syahlan, Z., Ramlan, P., Riska, A., & Syafaruddin, A. (2024). Analisis Penerapan Digital Marketing Terhadap Minat Beli. 18(1), 332–343.
Uria Yanita Situmorang. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Di Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Medan. Repository.Uma.Ac.Id.
Yanto, H. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Terhadap Minat Pembeli Pada Toko Zoya Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.
Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial. Mohamad Fadhilah Zein. https://books.google.co.id/books?id=A_GYDwAAQBAJ
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Halisa, Pratiwi Ramlan, Andi Riska Andreani Syafaruddin, Haslindah Haslindah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.