Volume Penjualan Berdasarkan Kualitas Produk, Promosi dan Saluran Distribusi

  • Titi Hasanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Serelo Lahat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan Kerupuk Beras Bik Fity Lahat. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan jenis analisis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 30 orang pelanggan yang merupakan masyarakat umum yang pernah membeli produk Kerupuk Beras Bik Fity Lahat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial nilai kualitas produk adalah 2,586, kemudian promosi sebesar 6,517 dan saluran distribusi sebesar 12.812. Adapun secara simultan, nilai variabel-variabel tersebut adalah 346,924. Simpulan, secara parsial kualitas produk, promosi dan saluran distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Kemudian secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap volume penjualan Kerupuk Beras Bik Fity Lahat.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Saluran Distribusi, Volume Penjualan

References

Alma, B. (2010). Kewirausahaan. Jakarta: Alfabeta

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Darmadi, D., Suharyono, S., & Latief, W. A. (2013). Pengaruh Promosi terhadap Penjualan (Studi Kasus PT. Astra Internasional Tbk-tso Cabang Soetoyo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 2(1), 21-28

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. 2014. Marketing Mix Pengaruh terhadap Volume Penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA, 2(1), 421-430

Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Manajemen Pemasaran Edisi XIII Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Pratiwi, D. I. (2010). Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas Produk, Kepuasaan Pelanggana terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited di Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143-150

Sudaryono, S. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS

Utari, W. (2011). Analisis Strategi Marketing Mix PT. Combiphar serta Pengaruh terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 245-258
Published
2020-12-11
Abstract viewed = 382 times
pdf downloaded = 471 times