Volume Penjualan Berdasarkan Kualitas Produk, Promosi dan Saluran Distribusi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan Kerupuk Beras Bik Fity Lahat. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan jenis analisis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 30 orang pelanggan yang merupakan masyarakat umum yang pernah membeli produk Kerupuk Beras Bik Fity Lahat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial nilai kualitas produk adalah 2,586, kemudian promosi sebesar 6,517 dan saluran distribusi sebesar 12.812. Adapun secara simultan, nilai variabel-variabel tersebut adalah 346,924. Simpulan, secara parsial kualitas produk, promosi dan saluran distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Kemudian secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap volume penjualan Kerupuk Beras Bik Fity Lahat.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Saluran Distribusi, Volume Penjualan
References
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers
Darmadi, D., Suharyono, S., & Latief, W. A. (2013). Pengaruh Promosi terhadap Penjualan (Studi Kasus PT. Astra Internasional Tbk-tso Cabang Soetoyo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 2(1), 21-28
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta
Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. 2014. Marketing Mix Pengaruh terhadap Volume Penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA, 2(1), 421-430
Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Manajemen Pemasaran Edisi XIII Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Pratiwi, D. I. (2010). Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas Produk, Kepuasaan Pelanggana terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited di Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro
Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143-150
Sudaryono, S. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS
Utari, W. (2011). Analisis Strategi Marketing Mix PT. Combiphar serta Pengaruh terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 245-258