Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Fasilitas Fisik dan Kepercayaan Pelanggan

  • Melia Andayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Serelo Lahat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas fisik dan kepercayaan pelanggan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Depot Air Minum Isi Ulang Sultan Lahat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 orang yang merupakan pelanggan Depot Air Minum Isi Ulang Sultan Lahat. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa secara parsial variabel fasilitas fisik menunjukkan nilai thitung sebesar 5.830 dengan signifikansi sebesar 0,000. Adapun nilai thitung variabel kepercayaan pelanggan adalah sebesar 2.635 dengan signifikansi 0,010. Secara simultan, nilai Fhitung variabel fasilitas fisik dan kepercayaan pelanggan adalah sebesar 25,637. Simpulan, fasilitas fisik dan kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan (bersama-sama), fasilitas fisik dan kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Fasilitas Fisik, Kepercayaan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

References

Diza, F., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada PT. Fifgroup Cabang Manado). Jurnal Emba, 4(1), 109-119

Kotler, P. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kurnia, M., & Suwiknyo, S. (2018). Kepuasan Konsumen: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Balance, 15(1), 111-121

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Mauling, M. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Mawey, T. C., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. J. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 6(3), 1198-1207

Mowen, J. C., & Minor, M. (2018), Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Peppers, D., & Rogers, M. (2018). Bauran Pemasan dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Raharjani, J. (2015). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus pada Pasar Swalayan di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO), 2(1), 1-15

Sahanggamu, S., Mananeke, L., & Sepang, J. (2015). Analisis Kualitas Layanan, Servicescape dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sinarmas Bitung. Jurnal EMBA, 3(1), 1-12

Shamdasani, P. N., & Balakrishnan, A. (2018). Marketing Management, Cetakan Kedua. Jakarta: Erlangga

Sheth, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Smaradhana, N. S., & Lutfie, H. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Fisik terhadap Kepuasan Pelanggan di The 1O1 Hotel Bandung Dago. e-Proceeding of Applied Science, 3(2), 473-479

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi

Wahyuningrum, W. (2016). Buku Ajar: Manajemen Fasilitas Pendidikan. Yogyakarta: AP FIP UNY

Zuardi, M. (2016). Pengaruh Fasilitas Fisik dan Fasilitas Non Fisik terhadap Kepuasan Pelanggan di Pasar JBBC Medan Johor. Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 16(2), 101-111
Published
2020-12-11
Abstract viewed = 150 times
pdf downloaded = 138 times