Kinerja Guru Berdasarkan Pelatihan Kerja dan Penempatan Kerja

  • Mujari Mujari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Serelo Lahat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja dan penempatan kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Lahat baik secara simultan dan parsial. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 82 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel pelatihan kerja memiliki nilai thitung sebesar 4,390 dan penempatan kerja sebesar 6,286 (>2,000). Selanjutnya dalam uji pengaruh secara simultan, uji F menunjukkan bahwa pelatihan kerja dan penempatan kerja memiliki Fhitung sebesar 115,255 (>5,68). Kemudian koefisien determinasi menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel kinerja adalah sebesar 80,9%. Simpulan, secara parsial pelatihan kerja dan penempatan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Lahat. Adapun secara simultan, pelatihan kerja dan penempatan kerja secara bersama-sama juga berpengaruh signfikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Lahat.

Kata Kunci : Kinerja, Pelatihan, Penempatan Kerja

References

Anwar, H. (2015). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Atkhan, A., Margono, A., & Riady, G. (2013). Pengaruh Penempatan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Administrasi Reform, 1(2), 366-376

Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Hasibuan, M. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kaswan, K. (2015). Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta

Marwansyah, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta

Panggabean, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grhatia Indonesia

Safitri, D. E. (2019). Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan. Dimensi, 8(2), 240-248

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama

Triasmoko, D., Mukzam, M. D., & Nurtjahjono, G. E. (2014). Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Penelitian pada Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1-10

Undang-Undang Republik Indonesia. (2005). Nomor 14 Pasal 1 tentang Guru dan Dosen. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf

Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka Pelajar
Published
2020-12-11
How to Cite
Mujari, M. (2020). Kinerja Guru Berdasarkan Pelatihan Kerja dan Penempatan Kerja. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(2), 172-183. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v2i2.1857
Abstract viewed = 15 times
pdf downloaded = 17 times