CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening

  • Fanesa Rena Revaliana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Gideon Setyo Budiwitjaksono Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Abstract

This research aims to examine the the effect of Corporate Social Responsibility on Firm Value with financial performance as an intervening variabel in food and beverage sub sector manufacturing listed on Indonesia Stock Exchange for the 2018-2020 period. The research method used PLS (Partial Least Square). The technique used to determine the sample in this research is purposive sampling and obtained 48 samples for 3 years research. The result showed, CSR and financial performance variables had an effect on firm value with p values of 0.007 < 0,05 and 0.000 < 0.05. Financial performance as a mediating variable also has an influence in mediating CSR and firm value with p values of 0.021 < 0.05. However, the result shown by p values of 0.707 > 0.05 showed that CSR has no effect on financial performance. Conslusion,

Keywords: CSR, Food and Beverage, Firm Value, Financial Performance

References

Denziana, A., & Monica, W. (2016). Analisis Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tergolong Lq45 di BEI Periode 2011-2014). JURNAL Akuntansi & Keuangan, 7(2), 241-254. http://dx.doi.org/10.36448/jak.v7i2.758

Faiqoh, S., & Mauludy, M. I. A. (2018). Penerapan Gri-G4 Sebagai Pedoman Baku Sistem Pelaporan Berkelanjutan Bagi Perusahaan Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 16(2), 111–118. https://doi.org/10.19184/jauj.v16i2.7260

Handayani, R. S. (2019). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018). Journal of Chemical Information and Modeling, 5(01), 2443–2466. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jam/article/view/689

Hermawan, S., Purwaningsih, V., & Nirwana, N. Q. S. (2021). Can the Internal Locus of Control as a Moderating Variables on the Effect of Three Intelligence on Financial Accounting Understanding?. Advances in Economics, Business and Management Research, 173, 162-174. http://eprints.umsida.ac.id/8799/1/2021%20-%20Hermawan%20et%20al.%20Can_the_Internal_Locus_of_Control_as_a_Moderating.pdf

Korompos, K. I. P. H., & Wirjaya, I. G. A. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan pada Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 21(1), 1-28, https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/28303

My, M. (2017). Mengapa Perusahaan Harus Melakukan Corporate Social Responsibility (CSR)?. https://accounting.binus.ac.id/2017/06/14/mengapa-perusahaan-harus-melakukan-corporate-social-responsibility-csr/

Novitasari, R., & Krisnando, K. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM), 18(2), 71-81. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.436

Nur Hakim, L., Lestrari, S., Widiastuti, E., & Dewi, M. K. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Pro Bisnis, 12(2), 2442–4536. https://doi.org/10.35129/ajar.v3i01.104

Oktayani, D., Hakim, L., & Susilawati, S. (2021). Analisis Kinerja Keuangan dalam meningkatkan Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 14(2), 359-372. https://journal.stekom.ac.id/index.php/kompak/article/download/559/433

Rahayu, M., & Sari, B. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. IKRAITH-HUMANIORA, 2(2), 69–76. https://doi.org/10.52859/jba.v8i2.148

Rahmi, Y. Y., Indrayeni, & Wijaya, R. S. (2019). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017. Jurnal Menara Ilmu, 13(3), 158–167. https://doi.org/10.33559/mi.v13i3.1230

Rosdwianti, M. K., Dzulkirom, M. A. R., & Zahrih, Z. A. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2), 16-22. https://media.neliti.com/media/publications/87326-ID-pengaruh-corporate-social-responsibility.pdf

Santoso, B. T. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility ( Csr ) , Kepemilikan Institusional , Kepemilikan Manajerial . Jurnal ARASTIRMA, 1(2), 226–238. http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12361

Simaremare, H. R., & Gao, R. L. (2018). Pengaruh Corporate Sosial Responsibility (Csr) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 4(2), 157–174. http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12361

Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti. NE-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248–1277. http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12361

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta: PT Gramedia
Published
2022-06-22
Abstract viewed = 127 times
pdf downloaded = 161 times