Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indihome PT. Creative Widya Nusantara

  • Yuli Krisma Wati Universitas Stikubank Semarang
  • Rokh Eddy Prabowo Universitas Stikubank Semarang

Abstract

This research aims to analyze the influence of product quality and price perception on consumer purchasing decisions of IndiHome PT. Creative Widya Nusantara. The method used is a quantitative research method. The population in this research are all consumers of IndiHome PT. Creative Widya Nusantara. The total sample was 97 respondents determined using purposive sampling technique. The data analyzed is primary data collected using a questionnaire and processed using SPSS version 24. The research results, the results of the coefficient of determination (R2) test, show that the ability of the independent variable to explain the dependent variable is 54.7 percent. The t test results show that all independent variables are declared significant. The results of the regression coefficients for all independent variables are declared positive. Conclusion, that the independent variables, namely product quality and price perception, partially or simultaneously have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions of IndiHome PT. Creative Widya Nusantara.

Keywords: IndiHome, Purchase Decision, Product Quality, Price Perception

References

Amstrong, K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I. Jakarta: PT. Indeks. https://jom.unpak.ac.id/index.php/ilmumanajemen/article/view/1840

Anggraini, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Telkomsel. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-12. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdmb/article/view/3926

Choiriyah, W. (2018). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Jaringan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mahasiswa UNY Kampus Wates yang Menggunakan Kartu Internet Indosat). Assets : Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis, 47-57. https://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/913

Efendi, A. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Indosat Oredoo di Kabupaten Klaten. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Bisnsi, 1-17. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/3203/1/Full%20Teks_181211019.pdf

F.R Wibowo, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 119-136. http://repository.radenintan.ac.id/20438/

Kambey, J. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kelompok Acuan, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet IndiHome di PT. Telkom Tomohon. Jurnal EMBA : Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntasi, 879-890. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/38480

Krisnanto, F. B. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Konsumen dalam Berlangganan Internet Blitzspot pada PT. Blitz Network Solution di Cimahi. Jurnal Manajemen, 1-10. https://repository.unikom.ac.id/57469/

Kurniawan, R. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Paket Data Internet Telkomsel di Kota Metro. Jurnal Dinamika , 1-26.

M.F Rizal, B. W. (2018). Pengaruh Merk, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2018). e-Jurnal Riset Manajemen, 21-28. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5875

Nurlaila, N. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk IndiHome Pada Witel Medan. JAKP : Jurnal Akuntasi, Keuangan dan Perpajakan, 33-43. https://ojs.polmed.ac.id/index.php/jakp/article/view/228

Pribadi, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berlangganan Indovision pada PT. MNC Sky Vision Probolinggo Tahun 2013. Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa 2017, 1-6. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57253

Silaban, P. H. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-15. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4790

Sofina. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Internet 4G Unlimited Indosat Oredoo (Studi pada Konsumen Kabupaten Sidoarjo). JPTN : Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1530-1536.

Suarjana, K. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, dan Citra Perusahaan terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek IndiHome. e-Jurnal Manajemen Unud, 1920-1949.

Yunita, B. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet Smartfren Super 4G Unlimited. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1-11. https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8838/1/COVER.pdf
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 12 times
pdf downloaded = 11 times