Kekuatan Servicescape dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh servicescape dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Maju Ungu Kota Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan jenis sampel probability sampling yang termasuk ke dalam simple random sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai adjusted R2 adalah sebesar 0,625. Adapun uji koefisien korelasi ganda menunjukkan bahwa nilai R adalah sebesar 0,795. Berdasarkan uji simultan, nilai Fhitung adalah sebesar 83,438 dengan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Simpulan, pengaruh servicescape dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 6,25%, sedangkan sisanya 37,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Selanjutnya terjadi hubungan yang kuat antara servicescape dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan (bersama-sama) kualitas makanan dan perceived value berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Servicescape
References
Griffin, J. (2007). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga
Kesumawardani, C. A. (2012). Pengaruh Servicescape dalam Membentuk Word of Mouth (Studi pada Restoran Marche Cabang Plaza Senayan). Skripsi. Universitas Indonesia
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Edisi 14. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif, Edisi 7. Jakarta: Erlangga
Panjaitan, J. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289
Putri, E. N., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Servicescape terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Toko Oen Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1), 63-72
Ransulangi, M. S., Mandey, S., & Tambuan, W. A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Servicescape terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Rumah Makan Ocean 27 Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (EMBA), 3(3), 839-848
Sallis, E. (2006). Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Service Quality and Statisfaction. Yogyakarta: Andi Offset
Wicaksana, W. (2020). Pentingnya Kepuasan Pelanggan pada Suatu Bisnis. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 317-323