Strategi Chat & Buy, Ketepatan Barang dan Harga dalam Meningkatkan Penjualan pada PT. MAP Aktif Adiperkasa Tbk
Abstract
This research aims to analyze the influence of the chat & buy strategy, accuracy of goods and prices on increasing sales at Sports Station Medan Mall Floor 3. The research method used is a quantitative approach using 100 customer samples selected through the cluster sampling method. The results of the analysis show that the chat & buy strategy variables, item accuracy, and price positively and significantly influence sales increases, with a coefficient of determination (Adjusted R Square) of 0.485, which means that 48.5% of the variation in sales increases can be explained by the three variables. the. The t test shows that the chat & buy strategy, item accuracy, and price significantly influence the increase in sales, with sig values of 0.007, 0.002, and 0.000 respectively, and Tcount values of 2.766, 3.136 and 7.496 respectively. The conclusion is that the chat & buy strategy, accuracy of goods and prices play a significant role in increasing sales at Sports Station Medan Mall Floor 3.
Keywords: Price, Accuracy of Goods, Increased Sales, Chat & Buy Strategy
References
Sunarmintyastuti, L., Prabowo, H. A., Sandiar, L., Suprapto, H. A., Manurung, L., & Iramdan, I. (2021). Pengaruh Pelayanan Daring dan Ketepatan Waktu Pelayanan terhadap Kepuasaan Pelanggan BPRS AL Salaam Cilengsi Bogor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 425-428. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1116
Fatrina, D., Kamil, I., & Hasan, A. (2019). Pengaruh Live-Chat dan E-Wom terhadap Pengambilan Keputusan Transaksi Online pada Marketplace E-Commerce. Jurnal nasional teknologi dan sistem informasi, 5(3), 121-129.
Ana, W., Sophan, T. D. F., Nisa, C., & Sanggarwati, D. A. (2021). Pengaruh pemasaran media online dan marketplace terhadap tingkat penjualan produk umkm cn collection di sidoarjo. Media Mahardhika, 19(3), 517-522. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.274
Ramadhan, S., Arifin, M. A., & Aulina, N. U. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) di KPP Pratama Palembang Seberang Ulu. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 18(4), 551-569. https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i4.7448
Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J., & Rogi, M. H. (2021). Analisis faktor-faktor bauran pemasaran (4p) terhadap keputusan pembelian pada rumah makan podomoro poigar di era normal baru. Jurnal EMBA: Jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 9(2). https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33281
Zebua, B. J. Z., & Andronicus, M. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Sumut. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 3(1), 65-79. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JEBIM/article/view/1793
Susanto, N. (2019). Pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Divisi Penjualan PT Rembaka. Agora, 7(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8153
Langi, C. M., Tewal, B., & Dotulong, L. O. (2022). Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karywan pada PT. Timurjaya Dayatama (Wings) Kantor Cabang Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 450-460. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37981
Fuji, M. E. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Spon Flowers Lumajang). http://repository.itbwigalumajang.ac.id/1843/
Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Xl Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3). https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34722
Fuat, S. (2020). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Home Industry Iwan Bubut Di Badamita, Rakit, Kabupaten Banjarnegara. IAIN Purwokerto. https://eprints.uinsaizu.ac.id/8353/1/cover_bab%20i_bab%20v_daftar%20pustaka.pdf
Ettah, N. P., & Pondaag, J. J. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Mobil Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.7.3.2019.24056
Copyright (c) 2024 Andika Ferdinand, Markus Manurung, Tri Kokoh Anugrah Nainggolan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.