Iklan TV Menggunakan Celebrity Endorse terhadap Sikap Konsumen serta Dampaknya pada Niat Beli Produk Honda

  • Alwi Noer Muhamad Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep M. Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

This study aimed to analyze the trends of celebrity and consumer support for the intention to buy consumers on Honda products at PT. Happy Lestari Mandiri City Sukabumi. The method used was simple random sampling by distributing 188 questionnaires to consumers. The data analysis technique used is the analysis path. In this method, simultaneous and partial methods are used. As a step in testing the partial influence are as follows coefficient testing, coefficient testing, coefficient determination, calculating the influence of other variables and simple linear regression. While the calculation of influence simultaneously the steps are as follows double counting, determination coefficient, other influence variables and multiple linear regression, after that calculate directly and indirectly and finally use the test simultaneously (F test) and test using partial (T test) .

Keywords: celebrity endorse, consumer attitude towards advertising, consumer purchase intention

References

Ade, W., & I, K. N. (2017). Pengaruh Iklan pada Media Televisi terhadap Minat Beli (Studi pada Calon Konsumen Bukalapak.com di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5661-5668. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/32765/20970

Arief, A. M., Zakaria, W., Muchsin, S. S., & Marlina, W. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia. Andalas Management Review (AMAR),4(2), 24-33. http://amareview.fekon.unand.ac.id/index.php/amar/article/view/29/26

Budi, S., & Celia, C. R. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Aplikasi Ekonomi, Akuntansi dan Bisnis, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.35212/277621

Ferdinand, A. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro

Hidayat, T. (2011). Analisis Pengaruh Daya Tarik, Kredibilitas dan Keahlian Celebrity Endorsers Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

Khan, R. A. G, Furqan, A. K., & Muhammad, A. K. (2011). Impact of Training and Development on Organizational Performance. Global Journal of Management and Business Research, 11(7), 63-68. https://globaljournals.org/GJMBR_Volume11/8-Impact-of-Training-and-Development-on-Organizational-Performance.pdf

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principle Of Marketing, 17e Global Edition. New York: Pearson Education Limited

Lestari, F. (2010). Pengaruh Celebrity Endorser (Rafi Ahmad) terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana XL di Kelurahan Gegerkalong. Skripsi. Universitas Pasundan, Bandung

Luh, D. M., & Gede, B. R. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsers dan Pesan Iklan di Televisi terhadap Keputusan Pembelian pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10), 3110-3121. https://media.neliti.com/media/publications/253803-pengaruh-celebrity-endorsers-dan-pesan-i-c6ee536e.pdf

Lutfia, L., Andriani, K., & Sunarti, S. (2015). Pengaruh Periklanan Mobile dalam Bentuk SMS dan Citra Produk terhadap Konsumen (Survey pada Pengunjung Grapari Telkomsel, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(2), 1-9. https://media.neliti.com/media/publications/86191-ID-pengaruh-periklanan-mobile-dalam-bentuk.pdf

Noviandra, M. (2006). Analisis Pengaruh Model Iklan terhadap Perilaku Pembelian Remaja, Kasus pada Bintang Akademi Fantasi Indosiar. Skripsi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Nyoman, W. S. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Melalui Media Televisi terhadap Minat Beli pada Tokopedia di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 4236-4237. https://media.neliti.com/media/publications/253221-none-6eb34886.pdf

Nuri, L. K., Edi, Y., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Iklan terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47(2), 50-54. https://media.neliti.com/media/publications/88016-ID-pengaruh-iklan-terhadap-sikap-konsumen-s.pdf

Shimp, T. A. (2003). Periklanan dan Promosi Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Stephanie, E. (2013). Pengaruh Kredibilitas Endorser terhadap Minat Beli Melalui Sikap Atas Iklan pada Produk Shampo L'oreal Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya, 2(2), 1-14. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/714

Triatmono.info. (2018). Data Penjualan Motor Tahun 2016-2019. https://triatmono.info/data-penjualan-tahun-2012/data-penjualan-motor-tahun-2005/data-penjualan-motor-tahun-2016-2018/

Tanoni, R. V. (2012). Pengaruh Iklan terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Citra Merek dan Sikap pada Minuman Isotonic Mizone di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(6), 1-8. http://journal.wima.ac.id/index.php/KAMMA/article/view/311/284
Published
2022-03-25
How to Cite
Muhamad, A., Ramdan, A., & Komariah, K. (2022). Iklan TV Menggunakan Celebrity Endorse terhadap Sikap Konsumen serta Dampaknya pada Niat Beli Produk Honda. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 88-98. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.737
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times