Analisis Harga Dan Cita Rasa terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Minuman Teh dalam Kemasan Siap Minum Merek Teh Botol Sosro di Kota Bandung

  • Nadila Octa Nuraini Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Tania Adialita Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

This research aims to analyze the impact of price and taste on customer loyalty, with customer satisfaction as a mediator, in ready-to-drink packaged tea drinks under the Teh Botol Sosro brand in Bandung City. The research method uses a quantitative approach with surveys and Likert questionnaires. The research instrument has gone through the validity, reliability, descriptive analysis, classical assumptions, multiple regression and Sobel test stages. Data was collected from 120 respondents aged at least 17 years who had consumed Teh Botol Sosro at least twice a month. The analysis results show that price and taste positively influence customer satisfaction, while taste and customer satisfaction have a positive influence on loyalty. However, customer satisfaction does not act as a mediator between price, taste and customer loyalty. In conclusion, price and taste have a direct influence on the satisfaction and loyalty of Teh Botol Sosro customers in Bandung City.

 Keywords: Taste, Price, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

References

Afriani, F., Wijayanto, G., & Rahayu, D. D. (2021). The Effect Of Price Perception And Promotion On Buying Interest And Purchase Decisions For Glass Tea Drinking Products In Pekanbaru City. JOM FEB, 8, 1.

Agustin, R. S. (2023). Pengaruh Variasi Produk , Harga Dan Cita Rasa Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Tahu Sadis Joyoboyo Kota Kediri. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(6), 181–193. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Maeswara/article/view/390

Amalia, M., Widarko, A., & Hatneny, A. I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Kafe Terserah Kopi Malang). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 09, 128–142. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/6881

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Ashari, M. F., Siregar, Z. M. E., & Halim, A. (2023). The Influence of Service Quality, Taste, and Perceived Price on Customer Loyalty by Mediating Customer Satisfaction. Quantitative Economics and Management Studies, 4(3), 474–485. https://doi.org/10.35877/454ri.qems1631

Bungin, J., Pagiu, C., & Tangdialla, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Logikaa Coffee House Kabupaten Toraja Utara. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 1(4). https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/Excellence/article/view/470

Firmansyah, D., Suryana, A., Susetyo, D. P., & Rifa’i, A. A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Usaha Minuman Ringan Bubble’Ku Bubble Drink Dan Ice Blend Di Ramayana Dept. Store Kota Sukabumi. Jurnal Mirai Management, 5(2), 294. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/619

Garrow, J. S., & James, W. P. T. (2010). Human Nutrition and Dietetics (Ninth Edit). Edinburgh: Churchill Livingstone.

Huluk, M. H., Gemina, D., & Andari, T. T. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Teh Botol Sosro. Journal Of Social Science Research, 3(4), 6799–6816. http://repository.unida.ac.id/4243/1/Pengaruh%20Citra%20Merek%20Dan%20Harga%20Terhadap%20Keputusan%20Pembelian%20Konsumen.pdf

Kusdianto, & Firanti. (2023). Pengaruh Bukti Fisik dan Cita Rasa terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kopi Kenangan di Pasar Baru Tangerang. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 190–199. https://doi.org/10.31000/combis.v5i2.9587

Mardyanningsih, S. W. R. S., Ayuanti, R. N., & Udin, M. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Kober Mie Setan Kediri. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Manjemen, 1(3), 128–142.

Putri, K. A. A. A. D., & Rastini, N. M. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Teh Gelas Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, 11(10), 1771–1791. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i10.p02

Rafdinal, W., Yuliarni, P., & Ridhaningsih, F. (2020). Model Loyalitas Merek pada Teh Kemasan di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(2), 86–96. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/an/article/view/1923/1780

Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 2192–2207.

Santosa, N. A., & Ratnasari, K. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Coffite Jakarta Selatan. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 246–259. usahid.ac.id/conference/index.php/snpk/article/view/47

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Sari, R. N., Suwasono, E., & Wardhani, R. K. (2023). Pengaruh Cita Rasa Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Pada Cafe Kana Eatery Kediri. Jurnal Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 107–118.

Sitorus, F. C., Filzah, M., Naibaho, E. D., Siadari, F. A., Siregar, F. I., Damanik, T. H., Tambak, D. G. P., & Simalungun, U. (2023). Dampak usaha teh juma terhadap perkembangan ekonomi masyarakat sarimatondang. Jurnal Penelitian Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS), 2(3), 65–75. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jekombis/article/view/1905

Supangkat, D. A., Arifin, R., & Hufron, M. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Warung Kopi Kedai Singgah Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 9(7), 164–186. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/6244

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian (Ed. 1). Yogyakarta: Andi Offset.

Wiguna, M. A., & Padmantyo, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 12(2), 379. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i2.766

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Services Marketing: Integrating Customer Focus across the Firm (5th edition). New York McGraw-Hill Inc. https://thuvienso.hoasen.edu.vn/handle/123456789/8038

Zulfa, N., Arief, M. Y., & Harisandi, Y. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Cita Rasa Dalam Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Lesehan Ikan Bakar Bu Tatik Di Kapongan Kabupaten Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(4), 713–728. https://doi.org/10.36841/jme.v1i4.2057
Published
2024-05-13
Abstract viewed = 8 times
pdf downloaded = 7 times