Pengembangan Humas Efektif di Perguruan Tinggi
Abstract
Perguruan Tinggi (PT) sebagai pusat pendidikan tinggi generasi penerus bangsa, agen alih tehnologi dan inovasi, dalam perkembangan dan kiprahnya di tingkat masyarakat dituntut mengahasilkan produk-produk berkualitas, baik dalam hal lulusan, sistem pendidikan yang dikembangkan maupun tingkat kontribusinya pada pembangunan dalam arti luas. Dalam kiprah tersebut, perguruan tinggi memerlukan dukungan perangkat kerja tertentu yang dikenal dengan Public Relation (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas) untuk mengenalkan diri dan menunjukkan kemempuannya sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi yang memiliki tradisi dalam bidang ilmu, pengetahuan dan seni (ipteks) tertentu, yaitu menyangkut isu-isu relevan dimunculkan, program unggulan dan dukungan yang dimilikinya.
Kata Kunci: Pengembangan, Humas Effektif, Perguruan Tinggi
References
Effendy, O. U. (2000). Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi. Bandung. Remaja Karya
Fauzi, A. (2000). Proses Komunikasi Antara Organisasi dengan Publiknya, (Sebuah Tinjauan Kegiatan Hubungan Masyarakat). Jakarta. ISIP
Hutapea, E. B. (2000). Public Relations Sebagai Fungsi Manajemen. Jakarta. Fisip Universitas Bung Karno
Jefkins, F. (1992). Hubungan Masyarakat. Jakarta. Internasa
Rahmadi, F. (1992). Publik Relations dalam Teori dan Praktek, Aplikasi dalam Badan Usaha dan Pemerintah. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama