Kualitas Pelayanan Publik di UPT Puskesmas Perangai

  • Runni Runni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Titi Darmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

The purpose of this study is how the quality of public services at the UPT Puskesmas Warai. In this study, the researcher used a qualitative descriptive research method, namely the method of observation, interview, and documentation. The results showed that public services at the Warai Lahat Health Center UPT were in accordance with five dimensions, namely Tangible, Reality, Responsiveness, Assurance, and Empathy. that are adequate and meet the standards for the needs of the people who visit the UPT Puskesmas Warai Lahat and can be categorized as having fulfilled the five dimensions of Public Service. The conclusion of the study is that the quality of public services at the UPT Puskesmas Warai, Lahat Regency, for service quality is good according to the SOP, the Puskesmas environment is clean, neat and comfortable, the availability of hand washing places, seats and trash boxes.

 

Keywords: Publik Service, UPT Puskesmas 

 

References

Achmad, B., & Ahmad, B. (2007). Manajemen Pelayanan Umum.
Universitas Terbuka. Jakarta

Anwar, F., & Patrisia, N. E. (2021). Reformasi Pelayanan Publik di DPMPTSP. Journal Of Publik Policy and Administration Silampari. 2(2).
73-79 https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2084

Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Statistik, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.

Azwar, H. (2000). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik. Sosio e-Kons, 11(3), 259-267. 10.30998/sosioekons.v11i3.3629

Bisholat, B. (2016). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor pelayanan penerbitan izin mendirikan Bangunan (IMB) di pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kota Yogyakarta. Skripsi. Fisip, Administrasi Publik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Darmi, T. (2016). Penerapan Prinsip Good Governance untuk Layanan publik. Jurnal Administrasi Pembangunan. 4(2). 87-156. https://jap.ejournal.unri.ac.id/index.php/JAP/article/view/4164

Darmi, T. (2018). Layanan Pembuatan IMB Berbasis Implementasi Kebijakan Dan Budaya Organisasi. Jurnal Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area. 6(1). 1-14 https://doi.org/10.31289/publika.v6i1.1466

Fandy Tjiptono.2007.Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing

H.A.S Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Hardiyansyah, H. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media. Yogyakarta

Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003
Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kusdarini, E. (2011). Dasar-Dasar Hukum Administrasi Negara dan Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik. UNY Press. . Yogyakarta

Lewis, R.C. & Booms, B.H. (1983). "The marketing aspects of service quality" in Berry, L., Shostack, G. and Upah, G. (eds.). Emerging perspectives on services marketing: American Marketing Association Chicago.

Litjan, P. S. (2007). Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Bumi Aksara. Jakarta

Loomba, L., Hodgetts, H., & Azwar, C., (1994). Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit TK. IV Kota Samarinda.

Lumentut, F. L., D. I., Palandeng, P. (2014). Fasilitas, Servicescape, dan Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Mcdonald’s Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 2(3). (2014). https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5352

Miles, M. & G, Huberman. (1992). Sistem Pentautan Citra Udara Menggunakan Algoritme SURF dan Metode Reduksi Data. IJEIS (Indonesian Journal of Electronics and Instrumentations Systems, 7(2), 127-138.

Moenir, H. A. S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta

Moenir, M. (2008). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Pelayanan Terpadu edisi kedua. Ghalia Indonesia. Jakarta

Nurfauzi, M. (2013). Studi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Memberikan Kepuasan Masyarakat Pada Puskesmas Desa Genting Tanah Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara”. Skipsi. Fisip, Administrasi Publik, Universitas Kutai Kartenegara. 1(1). https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=660

Pasolong, H. (2008). Kepemimpinan Birokrasi. cv. Alfabeta. Bandung

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014. Tentang Puskesmas

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Robert, R. (1996). Pelayanan publik, PT. Gramedia Pustaka Utama

S, D. A., Indarti, S., Patrisia, N. E. (2020). Penerapan Responsibilitas dan Transparansi Layanan Publik (Sebuah Kajian Ilmu Administrasi). Jurnal Professional FIS UNIVED. 7(1). https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.1091

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Administrasi Negara, CV. Alfabeta, Bandung
Sukardi, S., Burhanuddin, B., & Wardana, L. A. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Swasunting Artikel Ilmiah untuk Mahasiswa Magister Bidang Pendidikan Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1). Retrieved from https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/995

Superyanto, S. (2013, Januari 13). Keandalan (Reliability) Mutu Pelayanan Kesehatan. Diakses dari (http://dr-suparyanto.blogspot.com/2013/01/keandalan-reliability-mutu-pelayanan.html).

Syafiie, I. K., Tandjung, D., & Modeong, S. (1999). Ilmu administrasi publik.

Toha, T. (2010). Optimalisasi Fasilitas Pelayanan dalam Menangani Pasien di Puskesmas Cabangbungi Bekasi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Diakses dari http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23333

Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik

Utama, R. P. (2016). “Kualitas Pelayanan di Kantor Imigras Bandung Kelas 1” Skripsi. FISIP, Administrasi Publik, Universitas Ahmad Dahlan.
http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49547

Widagdo, W., Hped., Laksmono, L. (2013. Hubungan Pengetahuan, Sikap terhadap Kesehatan Reproduksi dengan Praktik Seksual Pranikah pada Mahasiswi Kebidanan di Politeknik Kesehatan Depkes Semarang." Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. 2(2). https://www.neliti.com/publications/18701/hubungan-pengetahuan-sikap-terhadap-kesehatan-reproduksi-dengan-praktik-seksual#cite
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times