Dampak Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Publik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi kerja pegawai mempengaruhi kualitas pelayanan publik Kantor Desa Jombang Kabupaten Jember. Olah data dianalisis dengan alat uji statistik deskriptif menggunakan rumus regresi linier sederhana. Data dipaparkan dalam narasi ilmiah dan cerita hasil pengolahan data dengan SPSS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa motivasi kerja berpengaruh sangat signifikan terhadap kualitas pelayanan di Kantor Desa Jombang Kabupaten Jember, sehingga penelitian ini diterima karena didukung oleh nilai signifikansinya, hasil analisis dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi kerja maka semakin tinggi kualitas pelayanan, sebaliknya semakin rendah motivasi kerja maka semakin buruk kualitas pelayanan publik.
Kata Kunci: Dampak, motivasi kerja, kualitas pelayanan publik
References
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep Dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Bintoro Dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.
Bismawati 2016, Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Penanggulangan Bencana
Daerah Kabupaten Mamuju Utara, e Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 3, Maret 2016 hlm 1-12.
Daraba Dkk (2018), Kinerja Dinas Ketenagakerjaan Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Di Kota Makassar, Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran E-ISSN: 2407-1765 Volume 5 Nomor 1, Januari-Juni, 2018 Hal 7-18
Dessler, Gary. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid Satu Jakarta Barat : PT. Indeks
Hasibuan,M. (2011). Kualitas Sumber Daya Manusia , Jakarta: PT.Bumi.
Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Dan Praktik. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Mas’ud, 2004, “Survai Diagnosis Organisasional,†Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Novi Aisha 2018, Pengaruh Kuantitas Pelayanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek Pada Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, JURNAL SAMUDRA EKONOMI DAN BISNIS, VOL 9, NO 2 Juli 2018
Peraturan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Kualitas Pelayanan Publik
Sedarmayanti. 2017. Perencanaan Dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja Dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.
Yusliana Saragih Dkk. 2023, Pengaruh Pelayanan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Kabupaten Labuhanbatu Utara Journal On Education Volume 05, No. 03, Maret-April 2023, Pp. 9674-9690 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365.