Analisis Kualitas Pelayanan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Bengkulu Selatan

  • Ela . Ela Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Titi Darmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Pelayanan Publik, DPPKBPPPA, Keluarga Berencana

Abstract

 

ABSTACT: Government services to the public, known as public services or what is popularly known as public services in Indonesia, are in essence a series of services performed by government officials for all levels of society with the aim of meeting the public's need for goods and services. The formulation of this problem is to analyze the Service Quality of the Office of Population Control, Family Planning, Women's Empowerment, and Child Protection (DPPKBPPPA) of South Bengkulu Regency (Case Study in the Family Planning Sector). The purpose of this thesis is to determine the service quality of the Office of Population Control, Family Planning, Women's Empowerment, and Child Protection. The method used is descriptive qualitative. Data collection techniques using interviews, observation, documentation. The data analysis techniques used are data condensation, data presentation, and conclusions. The results showed that the tangible aspects were good, reliability was good, responsiveness was not good, assurance was not good, and empathy was good.

 

Keywords: Public Services, DPPKBPPPA, Family Planning

 

ABSTRAK: Pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang dikenal dengan pelayanan umum (public service) atau yang di Indonesia populer dengan sebutan pelayanan publik, pada hakekatnya adalah serangkaian layanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah kepada semua lapisan masyarakat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa. Rumusan masalah ini adalah menganalisis Kualitas Pelayanan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Bengkulu Selatan (Studi Kasus Bidang Keluarga Berencana). Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui kualiatas pelayanan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan untuk aspek tangible sudah baik, reliability sudah baik, responsiveness belum baik, assurance belum baik, dan emphaty sudah baik.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, DPPKBPPPA, Keluarga Berencana

References

Badu, A. (2018). Pelayanan Publik Teori dan Praktik. Bandung : Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Darmi, T. (2018). Layanan Pembuatan IMB Berbasis Implementasi Kebijakan Dan Budaya Organisasi. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/publikauma%0ALayanan

Dwianto, A (2008). Reformasi biroksrasi publik di Indonesia. Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta

Hardiyansah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media: Yogyakarta.

Iii, B. A. B (2007). Bab iii pelayanan publik bidang pendidikan. Jurnal pelayanan publik 5, 45-59.

Ismail, Y. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Gorontalo. Jurnal Dinamika Manajemen, 67(6), 14–2

Kurniawan, J. Luthfi & Lutfi, Mustafa. (2017). Hukum dan kebijakan publik : perihal negara, masyarakat sipil, dan kearifan lokal dalam perspektif politik kesejahteraan. Setara Press : Malang.

Miles, S., & Huberman. (2014). Qualitative data Analysis. America : SAGE Publications.

Moenir, (2006) Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

Mulyadi, Deddy. Dkk. (2016) Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Alfabeta: Bandung.

Pamudji, S. (1994). Profesionalisme Aparatur Negara Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik. Widyapraja: Jakarta, Askara: Jakarta.

Prasojo, E. (2016). Kinerja Pelayanan publik persepsi masyarakat terhadap kinerja, keterlinatan, dan partosipasi dalam
pelayanan bidang pendidikan, kesehatan, kependuduan. YAPPIKA.

Purwanto, E. A., Tyastianti, D., Taufiq, A., & Novianto, W. (2016). Modul Pelayanan Publik. Lembaga Administrasi Negara, 53(9), 1–90.

Ruslan, Rosady (2016). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady, 2010. Manajemen Publik Relations & Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
UU No. 25 Tahun (2009) Tentang Pelayanan Publik 1973

Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf.
Published
2023-09-23
Abstract viewed = 38 times
pdf downloaded = 42 times