Efektivitas Pelayanan Kartu Tanda Pencari Kerja (AK.1) di Dinas Tenaga Kerja Kota Bengkulu
Abstract
The purpose of this study was "to find out the effectiveness of the job seeker's card service (AK.1) at the Bengkulu City Employment Service. The research was conducted at the Bengkulu City Employment Service Located at Jalan Basuki Rahmat No.05 kec. Queen of Samban Bengkulu. This research is a qualitative research with a descriptive approach. This research is focused on seeing whether the implementation of the Job Seeker's Card Service (AK.1) carried out by the Bengkulu City Manpower Office has been going well or not. Data collection uses Observation Techniques, Interview Techniques, Documentation Techniques with Data Analysis (Data Collection, Data Reduction, Data Presentation, Drawing Conclusions) and the results show that service procedures at the Bengkulu City Employment Service are very good. The Job Seeker's Identity Card (AK.1) is very fast and the processing fee is free or free of charge, the infrastructure needs additional facilities. Overall, the employees of the Bengkulu City Employment Service have very good competence in service and the products produced are clear. in the form of a Job Seeker's Identity Card (AK.1) and legalized.
Keywords: Service Effectiveness
References
Barthos, Basir. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
Moenir, A. S. Drs. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ratminto dan Atik. 2005. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ridwan, Juniarso. dan Sudrajat, Achmad Sodik. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Public. Bandung: Nuansa
Sadarmayanti. 2005. Sumber daya manusia & Produktivitas kerja. Jakarta: Pustaka pelajar.
Silalahi, Ulber. 2015. Asas-asas Manajeme. Bandung: Refika Aditama.
Sinambela L.P. 2006. Reformasi Pelayanan Public, Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara
Soesilo, Zauhar. 2005. Birokrasi, Birokratisasi dan Post Bureaucracy. Malang: Unibraw.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syukri, Agus Fanar. 2009. Standar Pelayanan Public Pemda. Bantul: Kreasi Wacana.
Ahmad, Faizurah. 2014. Efektivitas Kerja Pegawai Dinas Sosial Prov.Sul-Sel. Universitas Hasannudin. Diakes pada tanggal 25 Januari 2023
Fitriani, Mei. 2013. Pelayanan Pembuatan Persyaratan Kerja Ak/1 (Kartu Kuning) Pada Kantor Dinas Tenaga Kerja Di Kota Samarinda. EJournal Administrasi Negara. 2013 Diakses pada tanggal 8 Januari 2023
Hermawan, Hendra. 2017. Efektivitas Penarikan Pajak Bumi Dan Bangunan Oleh Perangkat Desa Di Desa Pangandaran Kecamatan Pengandaran Kabupaten Pangandaran. EJournal Administrasi Negara. Diakses pada tanggal 8 Januari 2022
Siswanto, Edy Dkk. 2016. Efektivitas Layanan Membuat Kartu Pencari Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Timur. Ejournal Administrasi Negara. Diakses pada tanggal 8 Januari 2023
Katrina. 2017. Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja. Ejournal Administrasi Negara. Diakses pada tanggal 25 Januari 2023
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43013 Diakses 9 januari 2023
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/undang-undang-nomor-25-tahun-2009-tentang- pelayanan-publik.pdf Diakses 9 Januari 2023
Peraturan Walikota Bengkulu Nomor 65 Tahun 2021 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Bengkulu
Badan Pusat Statistik Kota Bengkulu. Https://bengkulukota.bps.go.id Diakses pada tanggal 7 januari 2023
Copyright (c) 2023 Fanni Rahmadhani Fanni Rahmadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.