Strategi Komunikasi Pemasaran Anyaman Nentu dalam Peningkatan Promosi Penjualan di Desa Tumada Kabupaten Buton

  • Alimudin Alimudin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Nurfida Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ansar Suherman Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, Anyaman Nentu, Peningkatan promosi penjualan, Desa Tumada.

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan alam yang beragam, yang dapat diolah menjadi berbagai produk untuk meningkatkan nilai ekonomi. Agroindustri lokal telah berkembang di berbagai daerah di Indonesia, memanfaatkan potensi alam untuk meningkatkan pendapatan dan memandirikan daerah. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Buton memainkan peran penting dalam pemerintahan koperasi dan usaha kecil. Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan budaya bagi masyarakat, tetapi perlu pengelolaan yang baik. Kerajinan tangan menjadi solusi penting dalam mendukung perkembangan ekonomi, terutama di pedesaan. Anyaman Nentu, yang merupakan kerajinan tangan dengan bahan dasar tanaman paku Hata, adalah contoh pengolahan bahan alam menjadi produk multi fungsi. Promosi Anyaman Nentu belum optimal, terutama dalam memanfaatkan media sosial. Pemerintah Kabupaten Buton perlu memanfaatkan teknologi dan promosi digital untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Promosi melalui media sosial menjadi kunci dalam mengkomunikasikan potensi UKM kepada target audiens. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi pemasaran Anyaman Nentu dalam meningkatkan promosi penjualan di Desa Tumada, Kabupaten Buton. Dengan keunikan Anyaman Nentu, pemerintah dan masyarakat, khususnya generasi muda, harus lebih kreatif dalam mempromosikannya, karena hal ini dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat dan mendukung pengembangan UKM di daerah tersebut.

References

Alfiyandi, dan La Ode Syarfan. 2016. “Analisis Bauran Promosi (Promotion Mix) Produk Multilinked Syariah Pada Asuransi Panin Dai-Ichi Life Cabang Pekanbaru.” Jurnal Valuta 2(1) www.swa.co.id.

Arum Wahyuni Purbohastuti. 2017. “Vol. 12, No. 2, Oktober 2017.” Ekonomika 12(2)

Aziz Mega Rizky Jayanti. 2021. “Pemasaran Kerajinan Tangan Eceng Gondok Di Kebondowo, Banyubiru.” : 1–14. http://eprints.ums.ac.id/95564/1/REVISI NASPUB_Aziz Mega Rizky Jayanti_A210170020.pdf.

Dakwah, Fakultas, D A N Komunikasi, dan U I N Alauddin Makassar. 2018. “Muh. sahir.”

Dewi, Sartika Sari. 2017. “Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan Konservasi Mangrove Dan Bekantan.” 5(4)
Dosen, Opini et al. “Yayasan Lembaga Pendidikan Islam ( Ylpi ) Riau Universitas Islam Riau Program Studi : Humas.

Fitriani, Devi, A B D Rasyid Masri, dan Kamaluddin Tajibu. 2020. “Strategi komunikasi dalam pengembangan Obyek Wisata Pantai Mandala Ria di Kabupaten Bulukumba.” Jurnal Washiyah 1(1

Hidayat, Muhammad Rahmat, Sori Monang, dan Kata Kunci. 2022. “Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dalam Melakukan Promosi Di Kota Medan.” 8: 609–15.

Jumantoro, Eko. 2018. Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kawasan Pecinan Di Kota Tangerang. http://repository.fisip-untirta.ac.id/id/eprint/1031.

Merentek, Christofani. K. M. dan, dan F. Anita. Herawati. 2018. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dalam Mempromosikan Potensi Wisata di Raja Ampat.” Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta: http://e-journal.uajy.ac.id/16866/.

Muhammad, N D. 2020. “Strategi pengembangan pariwisata dalam upaya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Malang.” http://etheses.uin- malang.ac.id/id/eprint/18926. No Title. 2021.

Rahayu, Setya. 2020. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Strategi Pemasaran UMKM Rumah Makan (Studi di Desa Qurnia Mataram Seputih Mataram Lampung Tengah).

Rahmi, Ayesha. 2019. “Strategi universitas‘aisyiyah yogyakarta dalam merancang bauran promosi.”

RUSMAYANTI, D. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Home Industry Ibu Dhafa Di Desa Kayu Aro Kecamatan Kampar Dalam Perspektif Etika
Bisnis….” http://repository.uin-suska.ac.id/61229/%0Ahttp://repository.uin- suska.ac.id/61229/2/SKRIPSI DEWI RUSMAYANTI.pdf.

Santi, Nirmala, Muhammad Amir, dan La Tarifu. 2019. “Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pulau Kondo Kabupaten Bombana Dan Olahraga Kabupaten Bombana ) Development Strategy of Bombana Island Tourism Object ( Study At the Bombana Regency Tourism , Youth and Sports Office ).” Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik 10(2)

Selviana, Erwanda. 2018. “Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Ponorogo Dalam Mempromosikan Program Tahun Wisata 2019.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9).

Sholihuddin, Muhamad Imam. 2021. “Strategi Promosi Wisata Gentala Arasy Jambi Di Era Digital.” http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8358.

Susanti, Hevi, dan Chelssy Yesicha. 2021. “Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pelalawan Dalam Mempromosikan Wisata Cagar Biosfer Dunia.” Jurnal Ilmu Komunikasi | 10(2)
Tri, Gita, dan Dini Salmiyah Fitrah Ali Lestari. 2020. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dsporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata.” Jurnal LINIMASA 3(1) https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/2056/1089.

Tunggala, Suanti, dan Ken Amasita Saadjad. 2019. “Strategi Komunikasi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Kabupaten Banggai.” Jurnal Komunikasi 11(2)
Untuk, Diajukan et al. “Yayasan Lembaga Pendidikan Islam ( Ylpi ) Riau Universitas Islam Riau Fakultas Ilmu Komunikasi ‘ Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota ’ Skripsi As Syifaa Widri Konsentrasi : Media Mas.”

Utomo, Danang Tri. 2010. “Strategi pemasaran anyaman tikar berbahan baku mendong (cyperus sp) di kabupaten Wonogiri.”
https://digilib.uns.ac.id/dokumen/13786/Strategi-pemasaran-anyaman-tikar- berbahan-baku-mendong-cyperus-sp-di-kabupaten-Wonogiri.

Wisatawan, Meningkatkan Kunjungan. 2020. “S k r i p s i.” (September).
Published
2023-12-26
Abstract viewed = 12 times
pdf downloaded = 10 times