Pengaruh Citra Perusahaan PT. Pertamina (Persero) terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Memilih Universitas Pertamina
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan PT. Pertamina (Persero) terhadap keputusan calon mahasiswa memilih Universitas Pertamina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner tertutup melalui media google form yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan pengujian analisis uji regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan linearitas variabel X dan Y, uji korelasi pearson untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y, dan uji T untuk menguji hipotesis yang diajukan, yang semua pengujian tersebut menggunakan software SPSS (Statistical Program for Social Sciences) versi. 22 for windows. Populasi Penelitian ini berjumlah 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling (pengambilan sampel acak berdasar area atau wilayah). 30 orang tersebut terdiri dari Pelajar SMA Kelas 11 di Wilayah Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang sedang dari citra perusahaan PT, Pertamina (Persero) terhadap keputusan calon mahasiswa memilih Universitas Pertamina. dimana semakin baik citra perusahaan, maka akan semakin meningkat keputusan calon mahasiswa untuk memilih Universitas Pertamina. Berdasarkan uji korelasional dengan menggunakan Pearson Product Momen diperoleh angka R² (R Square) sebesar 0,324 atau (32,4%), hal ini menunjukkan bahwa pengaruh citra perusahaan PT.Pertamina (Persero) terhadap keputusan calon mahasiswa memilih Universitas Pertamina sebesar 32,4% sedangkan sisanya sebesar 67,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
References
Asmiati, Muh. Akbar, Iqbal Sultan. 2014. Strategi Promosi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Dalam Meningkatkan Jumlah Calon Mahasiswa Pasca Peralihan Dari Institut Menjadi Universitas. Jurnal Komunikasi KAREBA:Vol.3.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Gemily, Syilgi Cahya, Kristina Sisilia. 2015. Analisis Faktor Pembentuk Pengambilan Keputusan Mendaftar Pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Telkom. e-Proceeding of Management : Vol.2.
Halawa, Kerisman, 2019. Mengapa Calon Mahasiswa Lebih Memilih PTN Dibanding PTS. Available at:
Harahap, Dedy Ansari, et.al. 2020. Pentingnya Citra Universitas Dalam Memilih Studi Di Perguruan Tinggi. Niagawan Vol 9.
Harrison, Shirley. 2004. Marketer's Guide To Public Relations. New York: John Wiley and Son.
https://universitaspertamina.ac.id/profile/sejarah (diakses pada tanggal 11 April 2022).
https://www.kompasiana.com/kerismanhalawa/5d540437097f3622640fa2a2/mengapa-calon-mahasiswa-ingin-lebih-memilih-ptn-dibanding-dengan-pts (diakses pada tanggal 11 April 2022)
Juliana, Johan. 2020. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Universitas Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Perbanas.
Lesmana, Rosa, Yustriani. 2017. Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Garuda Indonesia Tbk. (Persero). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma): Vol.1.
Lubis, Desy Irana Dewi dan Rahmat Hidayat. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, Vol. 5, No. 1.
Manullang, Marihot dan Fadli. 2014. Teori Pengambilan Keputusan. Cetakan Pertama. Bandung: Citapustaka Media.
Maryati, Nana Darna, Ali Muhidin. 2020. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
Konsumen (Studi Pada Pd Sumber Rezeki Singaparna). Business Management and Enrepreneurship Journal: Vol 2.
Mellyaningsih, Eliza, Kristina Sisilla. 2015. Analisa Faktor Pengambilan Keputusan Mendaftar di Insitusi Pendidikan Tinggi Swasta - Studi Pada Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Universitas Telkom Angkatan 2014. e-Proceeding of Management : Vol.2.
Ningsih, Dewi. 2019. Analisa Brand Image Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Pemasaran Kompetitif: Vol. 03.
Nurhayati, Itsna, Andi Mulyadi. 2017. Promosi Universitas Swasta Dalam Menarik Minatmahasiswa Baru (Studi Kasuspromosi Upthppmb Universitas Muhammadiyah Sukabumi). Jispo: Vol. 7.
Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Pendidikan Tinggi.
Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2014 pasal 1 ayat 3 tentang Penyelenggaraan
Prasetyaningrum, Indah Dwi, Etni Marliana. 2020. Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada Universitas Muria Kudus). Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen.
Purba, Roy Parto. 2017. Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasuspt. Bintang Utara Perwakilan Dolok Sanggul). JOM FISIP Vol. 4 No. 1.
Putri, Dwika Lodia, dan Aznuriyandi. 2019. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Bimbingan Belajar Pada Lembaga Pendidikan Ganesha Operation Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing Vol. 5.
Qomusuddin, Ivan Fanani, Siti Romlah. 2021. Pengaruh Citra Perguruan Tinggi Terhadap Keputusan Kuliah Mahasiswa - Studi Kasus Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT At-Taqwa Ciparay Bandung. Jurnal Ilmu-ilmu Agama.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Syariffudin S. Gassing dan Suryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: Andi Offset.
Universitas Pertamina. Sejarah. Available at:
Wardi, Jeni, Gusmarila Eka Putri, Olivia Anggie Johar. Promosi Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru: Sebuah Tinjauan Kegiatan Promosi Di Universitas Lancang Kuning. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis.
Yahya, Muhammad. 2020. Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan. Tesis. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara: Medan.
Yasa, Ni Nyoman Kerti, et.al. 2021. Antecedent of WOM and Its Implications on The Brand Image of The Higher Education Institution in Bali. Jurnal Dinamika Manajemen.
Copyright (c) 2023 Kansa Feta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.