Big Data dan Komunikasi Kontemporer Masyarakat dalam Merespon Restrukturisasi Wisata New Normal Desa Genito

  • Adhi Surya Perdana universitas tidar indonesia
  • Indah Riadi Putri Kamar Dagang dan Industri UMKM
  • Sri Riadi Hidayati Universitas Tidar
  • Kuswan Riadi Hadji Universitas Tidar
  • Chaidir Riadi Iswanaji Universitas Tidar
Keywords: Wisata Virtual, Teknologi Informasi Komunikasi, New Normal, Big Data

Abstract

Penggunaan teknologi informasi komunikasi yang terintegrasi dengan proses pekerjaan di suatu organisasi masyarakat sudah menjadi kebutuhan pokok. Ketersediaan data dan informasi yang lengkap, benar dan tepat sudah menjadi penting bagi kelangsungan destinasi wisata Desa Genito. Komunikasi kontemporer  merupakan salah satu bentuk implementasi yang mampu menjawab kebutuhan wisata era new normal. Wisata virtual telah banyak digunakan oleh berbagai penggerak wisata dalam mengelola data dan informasi sampai dengan dukungan pengambilan keputusan destinasi wisata. Kebiasaan baru wisata virtual dikaitkan dengan upaya untuk memaksimalkan kinerja kunjungan. Seiring dengan pesatnya sistem informasi berbasis online termasuk onjek wisata. Pertumbuhan data pariwisata di internet yang sangat tinggi ini dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan industry dan usaha pariwisata dengan kebutuhan kajian di bidang kepariwisataan.

 

Kata Kunci: Wisata Virtual, Teknologi Informasi Komunikasi, New Normal, Big Data

References

Badan Pusat Statistik (BPS). 2021a. Potret Sensus Penduduk 2020. Jakarta: BPS RI.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2021b. Kabupaten Magelang dalam Angka. Magelang :
BPS.

Bungin, B.. 2015. Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Castells, M. 1996. The Information Age: Economy, Society and Culture. Vol. 1. The Rise of The Network Society. Oxford, UK: Basil Blackwell.

Data Wisata. 2022. https://pusaka.magelangkab.go.id/disparpora/wisata/rekap diakses 3
April 2022

Erl, T., W. Khattak, P. Buhler, 2015. Big Data Fundamental : Concept, Drivers and Techniques. Indiana: Sevice Tech Press.

Fang, H., Zhang, Z., Wang, C. J., Daneshmand, M., Wang, C., and Wang, H., 2015. A Survey of Big Data Research. IEEE Network, 29(5), 6–9. doi:10.1109/MNET.2015.7293298.

Fauzi, R. 2017. Perubahan Budaya Komunikasi pada Pengguna Whatsapp di Era Media Baru. JIKE, Vol 1, No 1.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19. 2021. Perkembangan Kasus Per-Hari [serial on the Internet ]. Data 20 Desember 2021. Didownload: https://covid19.go.id/peta-sebaran diakses pada 20 Januari 2023.

Hilbert & Lopez, 2011, The World’s Technological Capacity to Store, Communicate, and Compute Information, Science.
Jennex, M.E., 2009. Re-visiting The Knowledge Pyramid. In 2009 42nd Hawaii International Conference on System Sciences (pp. 1-7). IEEE.

Kata Data. 2021. https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a41f747d62/zoom-dan-4- aplikasi-rapat-online selama-pandemi-covid-19, diakses pada hari Selasa, 20 Desember 2021.

Mandjusri, A. & Irfan, E. 2018. Pemahaman Praktis Strategi Influencer Promosi Pariwisata. Journal of Tourism and Creativity Vol.2 No.1 Januari 2018. Universitas Jember. Jember.

Manyozo, L. 2016. Critical Reflections on The Theory Versus Practice Debate in Communication for Development. Journal of Media and Communication Research. Medie Kultur (116-134).

Marr, B. 2015. Big Data : Using SMART Big Data, Analytics and Metrics To Make Better Decisions and Improve Performance. Chichester: John Wiley & Sons Ltd. http://data-informed.com/the-5- biggest-risks-of-big-data/
Muslih, B.. 2020. Urgensi Komunikasi dalam Menumbuhkan Motivasi di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), Vol 5, No 1.

Nadya, N.C. 2018. Pola Komunikasi Virtual Grup Percakapan Komunitas Hamur (HAMURinspirig) di Media Sosial Line. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3 (1).

Perdana, A.S. 2019. Restrukturisasi Obyek Wisata Alam dan Agro sebagai Wujud Pelayanan Sosial Kemasyarakatan di Desa Genito Kabupaten Magelang. Jurnal ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara). 7 (4). 18-32.

Perdana, A.S. 2020. Kearifan Lokal Petani Tembakau Menuju Kemandirian Wisata Agro Berkelanjutan di Desa Genito, Kabupaten Magelang. Prosiding. Seminar Nasional Biologi VIII. Riset dan Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal di Era New Normal. LPPM UNNES. 149-158.

Pool, I. de S. 1963. The Mass Media and Politics in The Modernization Process. In L. Pye (Ed.), Communication and Politicai Development. Princeton, Princeton University Press.

Pye, L (Ed.). 1963. Communication and Political Development. Princeton, NJ: Princeton University Press.

Rogers, E.M. 1962. Diffusion of Innovations. New York: Free Press.

Ross, K. and T. Burger. 2014. Face to Face (Book): Social Media, Political Campaigning and The Unbearable Lightness of Being There. Political Science, 66 (1).

Somantri, G.R. 2005. Memahami Metode Kualitatif. Makara, Sosial Humaniora (SOSHUM), 9 (2). 57-65.

Utomo, C.E.W. 2019. Implementasi Bussiness Intelligent dalam e-Tourism Berbasi Big Data. Jurnal of Tourism and Creativity. 3 (2). 163-178.

Virgina, A. 2012. Pergeseran Budaya Komunikasi pada Era Media Baru: Studi Kasus Penggunaan Facebook oleh Digital Natives. Jurnal Komunikasi Indonesia, 1 (2). Wolfert, S., Lan Ge., Cor, V., and Marc-JB. 2017. Review Big Data in Smart Farming –A review. Agricultural Systems. 69–80.
Published
2023-12-26
Abstract viewed = 9 times
pdf downloaded = 15 times