Analisis Strategi Komunikasi Pemerintah Bengkulu dalam Impelementasi Program Slawe

  • Eceh Trisna Ayuh Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafri Yuliani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mely Eka Karina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Strategi Komunikasi, Difusi Inovasi, Masyarakat, Pemerintah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi publik pemerintah kota Bengkulu dalam implementasi program slawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Difusi Inovasi, yang terdiri dari 3 point yaitu : 1. Penemuan (invention) merupakan proses ide atau gagasan baru di ciptakan oleh pemerintah Kota Bengkulu melalui Program Slawe. 2. Difusi ( diffusio) merupakan proses dimana ide atau gagasan baru di komunikasikan kepada masyarakat sebagai sistem sosial. 3. Konsekuensi (consequences) merupakan suatu perubahan dalam sistem sosial sebagai hasil dari adopsi atau penolakan inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Penemuan (invention) berupa ide atau gagasan yang dituangkan dalam bentuk program slawe oleh pemerintah Kota Bengkulu. 2. Difusi (diffusio) penyebaran ide atau gagasan baru pemerintah Kota Bengkulu kepada masyarakat tentang program slawe. Masyarakat diberikan pemahaman tentang manfaat serta langkah dalam menggunakan dan memanfaatkan program slawe pada situs slawe.pemerintahkota.go.id. 3. Konsekuensi merupakan perubahan dalam sistem sosial pada masyarakat Kota Bengkulu. Penerapan program Slawe telah membantu memudahkan masyarakat dalam hal pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) usia 0-17 tahun. Sinkronisasi data online guna mengajukan konsolidasi karena data belum online (BPJS, Perbankan, Pertanahan dll). Surat perekaman untuk mengajukan keterangan rekam sebagai penganti E-KTP sementara

 

Kata Kunci:Strategi Komunikasi, Difusi Inovasi, Masyarakat, Pemerintah

References

Bungin, B. 2007. “Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Cetakan Pertama”. Yogyakarta : LKiS.

Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Burhan, Bungin. (2015). Komunikasi Pariwisata. Jakarta: Prenada Group.

Izzaty, R. E., AsTuti, B., & Cholimah, N. (1967a). Komunikasi Teori dan Praktek., 6(11), 951–952., 5–24.

Dedi, M. (2020). Sosialisasi Program Imunisasi Di Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Konsentrasi Public Relation Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri.

Gustiara. (2022). PERAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU DALAM SOSIALISASI DUKLINK. 39–54.

Julianto, P. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (Bsps) Di Desa Koto Baru Kecamatan Koto Baru (2020). Qawwam : The Leader’s Writing, 1(2), 1–12.
https://doi.org/10.32939/qawwam.v1i2.79

Kurniati, D. (2019). Komunikasi Efektif Dalam Praktik Kolaborasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan. January. https://doi.org/10.31227/osf.io/syk4w

Madya, Widyaiswara, A. M. R. (2017). Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(1), 100– 111.

Sugiyono. 2018. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 11 times
pdf downloaded = 5 times