Strategi Pemerintah Kecamatan dalam Maksimalisasi Kualitas Pelayanan Dasar Publik
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang strategi Pemerintah Daerah di level kecamatan dalam memaksimalkan mutu pelayanan dasar pada masyarakat. Pemerintah kecamatan merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bernilai strategis karena kedudukannya sebagai penyangga pemerintahan. Pada satu sisi Pemerintah Kecamatan adalah kepanjangan pemerintahan kabupaten yang harus berpegang teguh pada tujuan dan sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten. Sementara disisi lain, pemerintah kecamatan mempertimbangkan dinamika tuntutan publik dibawah wilayah administrasinya, yang terdiri desa-desa dengan karakteristik publiknya yang berbeda. Sehingga Pemerintah kecamatan dalam memberikan pelayanan memerlukan strategi untuk memadukan dua tujuan menjadi simetris. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian Kecamatan Sendoro, Lumajang, Jawa timur sebagai studi kasus. Penelitian ini mengunakan metode kualitaf; melakukan wawancara secara mendalam dengan informan terpercaya serta melakukan observasi lapangan terhadap data-data sekunder yang mendukung. Hasil penelitian ini setidaknya menjelaskan beberapa hal; pertama, Strategi penyesuaian visi dan misi kabupaten tentang pelayanan prima. Kedua, strategi pelaksanaan pelayanan dengan tolak ukur empati, daya tanggap, jaminan pelayanan, kemampuan dan kehandalan, tangibilitas yang memadahai dengan standar yang ditetapkan. Ketiga, Startegi mendekatkan pelayanan (delivery service) untuk wilayah-wilayah black spot. Kesimpulan penelitian ini, strategi yang dilakukan pemerintah kecamatan, dalam beberapa kasus menunjukkan hasil yang maksimal terbukti dari indexs kepuasan yang di atas rata-rata. Ukuran pelaksanaan pelayanan juga dominan maksimal. Sementara penggunaan aplikasi digital dan penyampaian akses pelayanan keseluruh wilayah kecamatan masih mencerminkan kendala.
References
Ramli, Muhammad. (2018). Manajemen Pelayanan Publik Berbasis Kemanusiaan. Makassar: Alauddin University Press, 7
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2020). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49(4), 41–50.
Sugiyono. (2019). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Bandung
Tjiptono & Chandra, G. (2021). Service, Quality, & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI
Widanarto, A. (2019). Kajian Penyusunan Database Penataan Daerah.
Wasistiono, S. dkk. (2022). Menata Ulang Kelembagaan Kecamatan. PT Citra Pindo, Bandung.
Copyright (c) 2023 nur aini mayasiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.