Implementasi Kebijakan Pendidikan

  • Dandy Putra Pratama Universitas Islam Negeri SUltan Syarif Kasim Riau
  • Saputra Hadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Syaifuddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Implementasi; Kebijakan; Pendidikan

Abstract

Implementasi kebijakan pendidikan memiliki arah tujuan agar terealisasinya sistem pendidikan yang baik. Terwujudnya kebijakan pendidikan yang baik akan menjadikan suatu bangsa atau generasi menciptakan peradaban yang maju. Implementasi kebijakan pendidikan merupakan salah satu aktifitasi dalam proses kebijakan yang menentukan sebuah kebijakan bersentuhan dengan stakeholder pendidikan setara dapat diterima oleh masyarakat. Pemerintah memiliki kewenangan dalam mengatur formulasi atau rumusan terkait kebijakan yang akan diimplementasikan. Maka dari itu pemerintah diharapkan dapat mewujudkan kebijakan pendidikan yang menguntungkan banyak orang. Artikel ini membahas tmengenai implementasi kebijakan pendidikan. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah library research atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif, karena pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh informasi tentang implementasi kebijakan, factor yang mempengaruhinya, tujuan implementasi kebijakan serta strategi atau langkah dalam implementasi kebijakan. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi kebijakan pendidikan merupakan pelaksanaan dari hasil rumusan atau kebijakan yang di tetapkan oleh pemerintah terkait pelaksanaan pendidikan.

 

Kata kunci: Implementasi; kebijakan; pendidikan

References

Adlini, Miza Nina., dkk. (2022). Motode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal EDUMASPUL. 6(1).

Azza, Fatih. dkk.( 2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP). 4(2)

Dewanti, Erisa Nada.  dkk. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Anwarul. 2(4),.

Lukitasari, Sandra Wahyu & Bambang Suteng Sulasmono & Ade Iriani.(2017).  Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Jurnal Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. 4(2)

Muhamis & Fadriati.( 2023) Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Nasional. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter. 6(1)

Yuliah , Elih. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal at-Tadbir. 30(6)

Solichin, Mujianto. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Religi: Jurnal Studi Islam. 6(2

Kholifah, Elisa Putri & Farid Setiawan & Nurul Lahdiah Fitri. (2022) Implementasi Kebijakan Pendidikan. Al-Muaddib, 4(2)

Karya, Betty.( 2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Palangkaraya: Penerbit NEM,.

Zed, Mestika. (2014).  Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Published
2023-12-28
Abstract viewed = 11 times
pdf downloaded = 11 times