Implementasi Kebijakan Akreditasi di Klinik Pratama

  • Rhesiwenny Rushe Universitas Prima Indonesia
  • Ermi Girsang Universitas Prima Indonesia
  • Sri Lestari Ramadhani Nasution Universitas Prima Indonesia

Abstract

Akreditasi merupakan pengakuan terhadap mutu fasilitas pelayanan kesehatan setelah dilakukan penilaian bahwa fasilitas pelayanan kesehatan telah memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2022 setiap klinik wajib dilakukan akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan akreditasi di Klinik Pratama Polda Jambi dengan metode kualitatif deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap 6 informan. Data sekunder diperoleh melalui telaah dokumen dan observasi.  Hasil penelitian yang didapatkan adalah implementasi kebijakan akreditasi di Klinik Pratama Polda Jambi berjalan dengan baik ditinjau dari faktor komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi.  Disarankan kepada Biddokkes Polda Jambi sebagai pembina fungsi untuk tetap melaksanakan sosialisasi akreditasi secara berkesinambungan dan kepada Klinik Pratama Polda Jambi untuk mendata kelengkapan klinik secara berkala.

 

Kata kunci : Implementasi Kebijakan, Akreditasi Klinik

References

Aprianto, B., & Zuchri, F. N. (2021). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Kesehatan di Fasilitas Kesehatan: a Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 160–166. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i3.2161

Astriani, E., Wirata, G., & Sumada, I. M. (2023). Implementasi Kebijakan Akreditasi Rumah Sakit di RSK Ibu Anak Pucuk Permata Hati Denpasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21989–21996. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10004

Dewi, N. K. A. L., Saraswati, N. P. A. S., & Widyani, A. A. D. (2021). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Pegawai dengan Komitmen Organisasi Sebagai Pemediasi pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sidemen. Values Journal, 2(2), 324–332. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/2678

Gusmayanti, I. S., Isyandi, B., & Efni, Y. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Journal of Social Science Research, 3(2), 9225–9240. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1419

Hermawati, A., Purbaningsih, Y., Iwe, L., Ruspendi Junaedi, I. W., & Wibowo, T. S. (2022). Motivasi Kerja terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Berbasis Implementasi Kompetensi dan Komunikasi Organisasi. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 2199–2209. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.815

Ita, K., Pramana, Y., & Righo, A. (2021). Implementasi Interprofessional Collaboration antar Tenaga Kesehatan yang ada di Rumah Sakit Indonesia : Literature review. Jurnal ProNers, 6(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v6i1.48002

Karida, R., & Dhamanti, I. (2024). Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kualitas Kerja dan Komitmen Karyawan Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 2674–2684. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.21007

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor Hk.02.02/I/3991/2022 Tentang Petunjuk Teknis Survei Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandir. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/fileunduhan_1672286537_68043.pdf

Kepolisian RI. (2019). Perpol Nomor 14 Tahun 2018 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Daerah.

Lestari S. (2021). Pengaruh Komitmen Manajemen, Perilaku Positif Tenaga Kesehatan dan Dukungan Dinkes terhadap Kualitas Layanan pada UPTD Puskesmas di Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah. Kindai, 17(2), 227–241. https://doi.org/10.35972/kindai.v17i2.651

Maharani, C., & Diatri, D. (2024). Persiapan dan Pelaksanaan Akreditasi di Klinik Pratama Sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama: Sebuah Studi Kasus. Journal Health & Science: Gorontalo Journal Health and Science Community, 8(3), 140-158. https://doi.org/10.35971/gojhes.v8i3.26302

Paramarta V., Palenewen A. A. P., Linelejan H. N., Firdaus F., & Kolibu, D. (2023). Peran Sumber Daya Manusia dalam Proses Transformasi Organisasi di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 3(2), 88–95. https://doi.org/10.55606/jikki.v3i2.1646

Rivaldi, M. P., Ikhtiar, M., Haeruddin, Asrina, A., & Amir, H. (2024). Hubungan Komitmen Petugas Kesehatan dengan Kinerja dalam Pelayanan. Jurnal Keperawatan, 16(1), 79–86. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1426

Rodiyah, I., Choiriyah, I. U., & Sukmana, H. (2022). Buku Ajar Kebijakan Publik. UMSIDA Press Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sari, N. L., & Noviyanti, A. (2023). Literature Review: Komunikasi Efektif dalam Pelaksanaan Interprofessional Kolaborasi Di Rumah Sakit. Indonesian Journal of Health Information Management, 3(1). https://ijhim.stikesmhk.ac.id/ojsdata/article/view/96.

Sondakh, I. C., Korompis, G. E. C., & Mandagi, C. K. F. (2020). Implementasi Kebijakan Akreditasi Puskesmas di Kota Manado. Jurnal KESMAS, 9(4), 65–69. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/29588

Suryani, A., Chotimah, I., & Hidana, R. (2019). Analisis Proses Akreditasi Puskesmas Sindang Barang Kota Bogor Tahun 2018. Jurnal Kesmas, 2(2), 87–100. https://doi.org/10.32832/pro.v2i2.1794

Suryanto, H. (2022). Faktor Penyebab Ketidaksiapan Klinik “X” Menghadapi Akreditasi. Jurnal Riset Pengembangan Dan Pelayanan Kesehatan, 1(2). https://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/65

Yunie, C., ST, S., & Ringganis, G. (2022). Komunikasi Konseling dalam Pelayanan Kebidanan di Indonesia (Literature Review). Komunikasi Konseling dalam Pelayanan Kebidanan di Indonesia (Literature Review), 2(13), 22–28. https://doi.org/https://doi.org/10.48186/bidkes.v13i2.433
Published
2024-08-30
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 3 times