Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Guru

  • Panzilion Panzilion Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Padila Padila Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Juli Andri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pengetahuan stimulasi perkembangan anak usia dini oleh guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian crossectional dengan menggunakan Chi-Square. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di PAUD Aisyiyah X Gading Cempaka sebanyak 20 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pengetahuan guru PAUD tentang stimulasi perkembangan anak usia dini di PAUD Aisyiah X Kota Bengkulu dari 20 guru, kategori berpengetahuan baik berjumlah 11 responden (50%), kurang sebanyak delapan responden (20%) dan cukup sebanyak dua responden (10%). Simpulan, gambaran pengetahuan guru PAUD tentang stimulasi perkembangan anak usia dini di PAUD Aisyiah X Kota Bengkulu sebagian besar tergolong berpengetahuan baik.

Kata Kunci: Guru, Pengetahuan, Stimulasi Perkembangan

References

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465

Herlinda, S. (2017). Peran Komite Sekolah terhadap Kinerja Guru di TK Aisyiyah II Kota Pekan Baru. PAUD Lecture : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.498

Ilmiah, W. S., Azizah, F. M., & Amelia, N. S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Pra Sekolah di TK Mentari Desa Samba Rampak Lor Kecamatan Kota Anyar Kabupaten Probolinggo. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 2(2), 61–67. https://doi.org/10.33006/ji-kes.v2i2.116

Ilvagustina, I. (2016). Peningkatan Guru yang Sudah Tersertifikasi di Kecamatan Lebong Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 50–55. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/5661

Imelda, I. (2017). Pengetahuan Ibu tentang Pemberian Stimulasi dan Perkembangan Anak Pra Sekolah (3-5 Tahun) di Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3), 1–9. http://jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/9487/7946

Intarti, W. D. (2019). Pengaruh KIE terhadap Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Stimulasi Kecerdasan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 6(2), 202–212. https://doi.org/10.37402/jurbidhip.vol6.iss2.56

Kristiawati, K., & Yunitasari, E. (2018). Pemberdayaan PAUD Sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Buletin Udayana Mengabdi, 17(3), 47–51. https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i03.p09

Maghfuroh, L., & Chayaning, P. K. (2018). Pengaruh Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK Sartika I Sumeurgenuk Kecamatan Babat Lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1), 36–43. https://doi.org/10.33086/jhs.v10i1.144

Novianti, L. E., Noer, A. H., Qodariah, L., Moeliono, M. F., Pebriani, L. V., Joefiani, P., & Ardiwinata, M. (2018). Program Psikoedukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Jatinagor Kabupaten Sumedang tentang Ciri Perkembangan Anak Usia Prasekolah (2-5 Tahun). Journal of Psychological Science and Profession, 2(1), 51–54. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i1.15286

Nurhidayah, I., Gunani, R. G., Ramdhanie, G. G., & Hidayati, N. (2020). Deteksi dan Stimulasi Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2), 42–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26594/jika.1.2.2020. 42-58

Padila, P., Andari, F., & Andri, J. (2019). Hasil Skrining Perkembangan Anak Usia Toddler antara DDST dengan SDIDTK. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 244-256. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.809


Panzilion, P., Padila, P., Tria, G., Amin, M., & Andri, J. (2020). Perkembangan Motorik Prasekolah antara Intervensi Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 510-519. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1120

Panzilion, P., Padila, P., Setyawati, A., J, H., & Sartika, A. (2020). Stimulation of Preschool Motor Development Through Brain Gym and Puzzle. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.31539/josing.v1i1.1166

Primihastuti, D. (2020). Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun. Midwifery Journal of Akbid Griya Husada Surabaya, 7(1), 61–66. http://griyahusada.id/journal/index.php/midwifery/article/view/99

Qomario, Q., Kurniasih, S., & Anggraini, H. (2018). Studi Analisis Latar Belakang Pendidikan, Sertifikasi Guru dan Usia Guru PAUD di Kota Bandar Lampung Berdasarkan Hasil Nilai Uji Kompetensi Guru (Ukg). Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.180

Rahayu, C. D., & Purnamasari, I. (2019). Pelatihan SDIDTK untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru PAUD dalam Melakukan SDIDTK di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(1), 31–36. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i1.498

Ramadhani, H. P., Ratnawati, M., & Alie, Y. (2018). Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Midanutta’lim Desa Mayangan Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Journal of Health Sciences, 10(1), 53–59. https://doi.org/10.33086/jhs.v10i1.145

Riyadi, E. K. S., & Sundari, S. (2020). Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 60-72 Bulan. Jurnal Ilmu Kebidanan, 6(2), 59–67. http://jurnal.akbiduk.ac.id/assets/doc/210106120403

Saputri, S. N. (2019). Hubungan Frekuensi Stimulasi dengan Perkembangan Anak Usia 60-72 Bulan Di TK Syech Abu Bakar Surabaya [Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/84888/

Setyaningsih, R., & Anggasari, N. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Verbal dengan Pekembangan Bahasa pada Anak Usia Dini di TK Yayasan Bhakti Siwi Desa Soran Kabupaten Klaten. KOSALA : Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 83–90. https://doi.org/10.37831/jik.v5i2.129

Siswina, T., Shahib, N., & Rasyad, A. S. (2016). Pengaruh Stimulasi Pendidikan terhadap Perkembangan Kecerdasan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Bidan, 1(2), 27–33. https://e-journal.ibi.or.id/index.php/jib/article/view/7/5

Suryandari, A. E., & Purwanti, S. (2018). Analisi Pengetahuan Guru PAUD/TK tentang SDIDTK dengan Pelaksanaan Deketsi Penyimpangan Perkembangan Balita. Jurnal Publikasi Kebidanan, 9(1), 1–10. http://www.akbidylpp.ac.id/ojs/index.php/Praa/article/view/394/48484850

Ulfa, M. (2018). Analisa Deteksi Dini dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(3), 200–209. https://doi.org/10.33366/cr.v6i3.1002

Winarsih, B. D., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Guru PAUD tentang Deteksi Tumbuh Kembang Anak Menggunakan KPSP. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.31596/jpk.v3i2.82

Yuliani, I. (2018). Pelatihan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Bagi Guru dan Wali Murid PAUD pada PAUD Baitunnur Gentan Sinduharjo Ngaglik Sleman. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 1(1), 30–38. http://dharmabakti.respati.ac.id/index.php/dharmabakti/article/view/14
Published
2021-04-06
How to Cite
Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Guru. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 85-94. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v3i1.2115
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 5 times