Kontribusi Kinerja Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dengan Kepuasan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

  • Zuhrina Aidha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Delfriana Ayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

This study aims to identify the performance of KSM Pondok Miri Asri, community satisfaction, and the relationship between the performance of KSM Pondok Miri Asri with community satisfaction in managing waste in Sunggal District, Deli Serdang Regency as a form of mosque-based community empowerment post (Posdaya Masjid). The method used is a mixed method. Informants in this study were Sunggal sub-district officers, Sei Semayang Village officers, the chairman of the Ar-Ridho Mosque Prosperity Agency and the community. The results showed that as many as 61% of respondents stated that the performance of KSM Pondok Miri Asri was classified as good and 62.7% said they were satisfied with the performance. The significance value obtained is <0.05. In conclusion, the performance of KSM Pondok Miri Asri and community satisfaction are categorized as good, and there is a significant relationship between the performance of KSM Pondok Miri Asri and community satisfaction in Sunggal District.

Keywords: Satisfaction, Performance, Empowerment, Garbage

References

Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130

Dewanti, M., Purnomo, E. P., & Salsabila, L. (2020). Analisa Efektifitas Bank Sampah sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah dalam Mencapai Smart City di Kabupaten Kulon Progo. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 21-29. https://doi.org/10.26905/pjiap.v5i1.3828

Indrawati, D., Ruhiyat, R., Indrawati, E., & Siami, L. (2021). Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Berbasis 3R di Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 51–56. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v6i1.2336

Jalius, J., Yonariza, Y., & Martius, E. (2022). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Terakreditasi Dasar di Kabupaten Lima Puluh Kota. Menara Ilmu, 16(2), 35–47. https://doi.org/10.31869/mi.v16i2.3147

Menteri Kesehatan RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/113087/permenkes-no-39-tahun-2016

Prajati, G., & Pesurnay, A. J. (2019). Analisis Faktor Sosiodemografi dan Sosioekonomi terhadap Timbulan Sampah Perkotaan di Pulau Sumatera. Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, 3(1), 8–16. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JRSL/article/view/8721/7589

Priatna, L., Hariadi, W., & Purwendah, E. K. (2019). Pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Tugel, Desa Kedungrandu, Kecamatan Patrikaja, Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX”, 9(1), 494–501. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/viewFile/1139/991

Qamari, M. A., Manik, J. R., Kabeakan, N. T. M. B. (2019). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dalam Peningkatan Pendapatan pada Kelompok Ibu-Ibu Asyiyah. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 48–54. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjp.v4i1.6161

Ramandei, L. (2022). Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Vim Distrik Abepura Kota Jayapura. Jurnal MEDIAN Arsitektur dan Planologi, 12(1), 33–38. https://ojs.ustj.ac.id/median/article/view/998

Suhadak, E., & Murwani, A. (2020). Hubungan Kinerja Kader dengan Kepuasan Pelayanan pada Lansia di Posyandu Cinta Lansia. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Ri Pangkalpinang, 8(2), 97-106. https://doi.org/10.32922/jkp.v8i2.182

Syawitri, N., & Suprayitno, S. (2021). Hubungan Pelayanan Informasi dan Kepuasan Peserta BPJS di Puskesmas Segiri Kota Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 2(2), 1087–1092. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/1767/805

UNEP. (2021). From Pollution to Solution: A Global Assessment of Marine Litter and Plastic Pollution. https://www.unep.org/resources/pollution-solution-global-assessment-marine-litter-and-plastic-pollution

Wibowo, Y. G., & Izzuddin, A. (2021). Integrasi Pengolahan Sampah Metode 3R dengan Bank Sampah di SMA Bima Ambulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i1.5002

Widyarni, A. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(4), 524–529. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i4.1854

Woestho, C., Thamrin, D., Hutahaean, E. S. H., & Prasojo, P. (2020). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Melalui Paradigma 3R di Lingkungan Masyarakat Sekitar DAS Ciliwung Kelurahan Tanjungmekar, Karawang Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 85–94. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.175
Published
2022-10-20
How to Cite
Aidha, Z., & Ayu, D. (2022). Kontribusi Kinerja Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dengan Kepuasan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah. Journal of Telenursing (JOTING), 4(2), 594-605. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v4i2.4250
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times