Hubungan Pengetahuan Perawat tentang Supervisi dengan Kemampuan Melaksanakan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan

  • Rustiana Tumanggor Universitas Sumatera Utara
  • Riswani Tanjung Universitas Sumatera Utara
  • Isti Ilmiati Fujiati Universitas Sumatera Utara

Abstract

This study aims to analyze nurses' knowledge about supervision and their ability to carry out documentation of nursing care at Murni Teguh Hospital, Medan. This type of research uses a cross sectional approach design. With this type of observational research, quantitative approach. The instruments used in this research were questionnaires and patient care documents from medical records. The research results showed that there was a relationship between nurses' knowledge about supervision and nurses' ability to carry out nursing care documentation, with a value of p = 0.004. In conclusion, nurses' knowledge about supervision at Murni Teguh Hospital in Medan is still lacking, so based on the results of statistical tests it was found that there was a relationship between knowledge about documentation and the ability to carry out documentation.

 

Keywords: Knowledge, Documentation, Supervision.

References

Atmanto, A. P., Aggorowati, A., & Rofii, M. (2020). Efektifitas Pedoman Pendokumentasian Diagnosa dan Intervensi Keperawatan Berbasis Android Terhadap Peningkatan Mutu Dokumentasi Keperawatan di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(1), 83–92. http://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/stikes/article/view/517.

Awaliyani, V. A., Pranatha, A., & Wulan, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Buku SDKI, SLKI dan SIKI terhadap Peningkatan Pengetahuan Perawat dalam Membuat Dokumentasi Keperawatan Berbasis SDKI, SLKI dan SIKI di Rumah Sakit Kmc Kuningan Tahun 2021. Journal of Nursing Practice and Education, 2(1), 22–32. https://doi.org/10.34305/jnpe.v2i1.334.

Ekawati, F. A., Saleh, M. J., & Astuti, A. S. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat tentang NEWSS dengan Penerapannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(1), 413–422. https://akper-sandikarsa.e-journal.id/JIKSH/article/view/317.

Erna, N. K., & Dewi, N. L. P. T. (2020). Kepatuhan Perawat dalam Melakukan Dokumentasi Asuhan Keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 3(1), 17–23. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/hnhs/article/view/9353.

Firmawati, F., & Kum, T. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kinerja Perawat dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di RSUD Dr. Mm. Dunda Limboto Kabupaten Gorontalo Tahun 2013. Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan), 1(2). https://journal.umgo.ac.id/index.php/Zaitun/article/view/1125

Furroidah, F., Maulidia, R., & Maria, L. (2023). Hubungan Karakteristik Perawat dengan Tingkat Kepatuhan dalam Menerapkan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 12(1), 26–38. https://ojs.widyagamahusada.ac.id/index.php/JIK/article/view/314.

Gunardi, S. (2021). Resosialisasi Dokumentasi Asuhan Keperawatan dalam Usaha Peningkatan Pengetahuan Perawat Pelaksana di Ruang R RS X Jakarta. Journal of Management Nursing, 1(01), 1–9. https://www.oaj.scipro-foundation.co.id/index.php/jmn/article/view/11.

Herwawan, J. H., Tomasoa, V. Y., Jotlely, H., Termas, S., & Alfons, M. (2023). Analisis Pengetahuan Perawat terkait Penggunaan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) dan Aplikatifnya dalam Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 15(1), 415–422. http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/737.

Indrawati., & Yulianto. (2023). Peningkatan Pengetahuan Perawat tentang Early Warning Score Guna Peningkatan Kepatuhan Perawat dalam Implementasi Early Warning Score di Ruang Rawat Inap. Masyarakat Mandiri & Berkarya, 2(2), 10-20. http://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/mbm/article/view/275.

Kamil, H., Putri, R., Putra, A., & Mayasari, P. (2021). Berpikir kritis perawat dalam pelaksanaan dokumentasi keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Aceh. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 21(3). https://jurnal.usk.ac.id/JKS/article/view/20578.

Kartini, M., & Ratnawati, E. (2022). Efektivitas Pelatihan Dokumentasi Keperawatan terhadap Pengetahuan Perawat Mengenai SDKI, SLKI, dan SIKI. Jurnal Kesehatan, 11(1), 47–51. https://scholar.archive.org/work/cdb5c6eodnehdniwnenw7yltne/access/wayback/https://jurnalkesehatanstikesnw.ac.id/index.php/stikesnw/article/download/78/46/207.

Manurung, M. E. M., Sianipar, C. M., & Silalahi, V. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Perawat dalam Pendokumentasian Keperawatan di RSU Daerah Porsea. Jurnal Keperawatan Cikini, 4(1), 15–23. http://www.jurnal.akperrscikini.ac.id/index.php/JKC/article/view/101.

Marpaung, D., Utami, T. A., & Surianto, F. (2023). Hubungan Pengetahuan Perawat Dengan Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Berbasis Elektronik: Sebuah Studi Korelasional. Jurnal Keperawatan Cikini, 4(1), 52–61. http://mail.jurnal.akperrscikini.ac.id/index.php/JKC/article/view/102.

Rendana, A., & Muharni, S. (2023). Pengaruh Pelatihan 3S (SDKI, SIKI, SLKI) terhadap Pengetahuan Perawat dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di UPTD Puskesmas Mantang. Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 14(2), 34–45. https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/article/view/1122.

Rusmianingsih, N. (2023). Korelasi Pengetahuan Perawat dengan Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Kuningan Medical Center. Journal of Nursing Practice and Education, 3(2), 171–178. http://ejournal.stikku.ac.id/index.php/jnpe/article/view/733.

Saputra, C., Arif, Y., & Yeni, F. (2020). Andra’s Nursing Informatic System Application (ANNISA) dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Perawat Tentang Dokumentasi Keperawatan. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 20–30. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1281.

Sartika, E. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak. Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, 2(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/KNJ/article/download/38402/75676584587.

Sudaryati. (2022). Diskusi Refleksi Kasus (DRK) Efektif Meningkatkan Kemampuan Perawat dalam Melakukan Dokumentasi Keperawatan Sesuai Standar 3S (SDKI, SLKI, SIKI). Jurnal Keperawatan Silampari, 5, 823–830. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3461.

Wahyuni, K., & Yusran, S. (2023). Hubungan Supervisi Kepala Ruangan dan Pelatihan Perawat dengan Kinerja Perawat dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di RSUD Buton Selatan. JUMANTIK, 10(1), 52–62. https://doi.org/10.29406/jjum.v10i1.5463.

Yuswandi, Y. (2022). Tingkat Pengetahuan Perawat tentang Pelaksanaan Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Puskesmas Karo Kota Pematangsiantar. Global Health Science, 7(1), 20–24. http://dx.doi.org/10.33846/ghs7104.
Published
2023-11-14
Abstract viewed = 25 times
pdf downloaded = 36 times