Edukasi Kesehatan Teknik Menyusui Menggunakan Media Video dan Media Leaflet terhadap Pencegahan Puting Lecet pada Ibu Postpartum

  • Yani Marlina Universitas Bhakti Kencana
  • Restuning Widiasih Universitas Padjadjaran
  • Ida Maryati Universitas Padjadjaran

Abstract

This study aims to analyze the comparison of health education on breastfeeding techniques using video media with leaflets on the prevention of sore nipples in postpartum mothers. The research method used was quasi-experimental with a two-group pre-test-posttest design. The research results show a comparison of knowledge and skills in leaflet media and video media after education, namely that there is no significant difference in understanding with a p-value of 0.301. Still, there is a substantial difference in skills with a p-value of 0.008; video media health education influences skills. Postpartum mothers should use breastfeeding techniques because they attract more attention and provide auditory and visual stimuli simultaneously to maximize results. In conclusion, video media health education can be used to improve the skills of postpartum mothers so that video media can be an alternative for delivering information to postpartum mothers.

 

Keywords: Health Education, Postpartum Mothers, Laeflet Media, Video Media

References

Amiruddin, A. D., Veriyani, F. T., & Khotimah, S. (2023). Hubungan paritas dan tingkat pengetahuan ibu menyusui dengan teknik menyusui yang benar di wilayah kerja puskesmas sialang tahun 2022. Jurnal Ilmu Kesehatan Dharmas Indonesia, 3(1), 7-12. doi:https://doi.org/10.56667/jikdi.v3i1.793

Arifin, M. B., & Wardani, Y. A. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas VII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(4), 373-384. doi:https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.146

Fatmala, K., & Adipati, S. P. (2023). Edukasi Tehnik Menyusui yang Baik dan Benar Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11425-11428. doi:https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21524

Ginting, S. M. B. (2020). Perbandingan Penyuluhan Metode Video dengan Leaflet terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Perawatan Payudara pada Masa Nifas di Klinik Bidan, Langkat Tahun 2017. Poltekkes Kemenkes Medan. https://repo.poltekkes-medan.ac.id/xmlui/handle/123456789/1939?show=full

Kartikawati, D., Pujiastuti, W., Masini, M., & Rofi'ah, S. (2020). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video untuk Meningkatkan Sikap dan Niat Penggunaan AKDR.Midwifery Care Journal, 1(3),1-11. doi:.https://doi.org/10.31983/micajo.v1i3.5753

Mulyani, S., & Sulistiawan, A. (2021). Pendidikan Kesehatan Asi Eksklusif dan Teknik Menyusui yang Benar. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 515-517. doi:https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16287

Mulyati, I., & Cahyati, A. (2020). Gambaran Pengetahuan Remaja Mengenai Pernikahan Dini dengan Menggunakan Pendidikan Kesehatan Media Leaflet. Jurnal Bidan Pintar, 1(2), 80-95. doi:https://doi.org/10.30737/jubitar.v1i2.1148

Pratiwi, A. (2018). Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Teknik Menyusui yang Benar. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 9(3). https://doi.org/10.36729/bi.v9i3.150

Priyono, P. K., Hanifah, H., & Yuliani, E. (2023). Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Metode Simulasi dengan Metode Simulasi dan Poster Tentang teknik Menyusui terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu Menyusui. Stikes Dutagama Klaten, 15(1), 56-66.doi:https://www.e-journal.stikesdutagama.ac.id/index.php/e-journal/article/view/584

Putri, W. A. K., Chrisjayanti, R. N., Mukti, A. O., Betari, F. D., Mulyana, A., Nuruzzati, L., & Handini, R. S. (2021). Efektivitas Ceramah Interaktif Dua Arah terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil dan Pendamping Ibu Hamil tentang Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal Gizi dan Kuliner, 2(2), 23-31. doi:https://doi.org/10.35706/giziku.v2i2.5936

Rochani, S., & Pamboaji, G. (2022). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Flipchart terhadap Pengetahuan dan Kepatuhan Pasien dalam Melaksanakan Program Diet pada Pasien Diabetes Melitus. Jurnal Wacana Kesehatan, 7(2), 89-97. doi:https://doi.org/10.52822/jwk.v7i2.411

Sabarudin, S., Mahmudah, R., Ruslin, R., Aba, L., Nggawu, L. O., Syahbudin, S., Nirmala, F., Saputri, A. I., & Hasyim, M. S. (2020). Efektivitas Pemberian Edukasi secara Online melalui Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan COVID-19 di Kota Baubau. Jurnal Farmasi Galenika (Galenika Journalof Pharmacy)(e-Journal), 6(2). https://doi.org/10.22487/j24428744.2020.v6.i2.15253

Safitri, L. E., Agustikawati, N., & Adekayanti, P. (2022). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa terhadap Pembuatan Media Promosi Kesehatan. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(2), 22-27. doi:https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i2.267

Sari. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57. https://www.ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/7

Sartika, Q. L., & Purnanti, K. D. (2021). Perbedaan Media Edukasi (Booklet dan Video) terhadap Keterampilan Kader dalam Deteksi Dini Stunting. Jurnal Sains Kebidanan, 3(1), 36-42. doi:https://doi.org/10.31983/jsk.v3i1.6907

Setiani, D. Y., & Warsini, W. (2020). Efektifitas Promosi Kesehatan Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Pencegahan Osteoporosis. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2), 55-67. doi:https://doi.org/10.33377/jkh.v4i2.83

Sulymbona, N., Russiska, R., Marliana, M. T., & Mutaharoh, E. S. (2021). Hubungan Cara Pemberian Asi dengan Kejadian Masalah pada Puting Lecet di UPTD Puskesmas Nusaherang. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 12(1), 97-106. doi:https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i1.260

Tanari, G. R., de Fretes, F. H. E., & Sambo, M. (2020). Dampak Edukasi Menggunakan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mencuci Tangan Anak. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 3(1), 1-6. doi:https://doi.org/10.52774/jkfn.v3i1.44

Utami, R. A., Setiawan, A., & Fitriyani, P. (2019). Pengaruh Aplikasi Model “Simbol Andi” terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Anak Usia Sekolah dengan Risiko Cedera di Kota Depok. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(3), 182-190. https://doi.org/10.7454/jki.v22i3.592

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. doi:http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 48 times
pdf downloaded = 34 times