Strategi Pengembangan Atraksi Wisata

  • Devi Ananta Sari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sheidy Yudhiasta Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pengembangan wisata melalui rancangan spot foto di Kampung Samin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan merancang spot foto yang menarik dengan latar belakang budaya dan alam khas Kampung Samin, dapat meningkatkan pariwisata yang ada. Selain itu, penggunaan media sosial sebagai sarana promosi juga dapat meningkatkan kepopuleran Kampung Samin sebagai destinasi wisata yang unik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pariwisata lokal dengan pendekatan yang berkelanjutan dan berbasis pada potensi lokal. Simpulan bahwa Kampung Samin di Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki potensi budaya yang signifikan. Untuk meningkatkan visibilitasnya, Kampung Samin membuat strategi seperti mempromosikan taman melalui media sosial dan platform online dan membuat spot foto unik.

Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Kampung Samin, Pariwisata.

 

References

Ali, R. K. (2021). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai di Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha. 9(3). 204-216. http://dx.doi.org/10.23887/jjpg.v9i3.37546

Anwar, M. S., Wibowo, A., & Kartono, D. K. (2023). Model dan Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Pilanggede Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(3). 398-408. https://www.neliti.com/publications/564849/model-dan-strategi-pengembangan-desa-wisata-berbasis-partisipasi-masyarakat-loka

Ardiansyah, I., & Iskandar, H. (2021). Analisis Potensi Ekowisata di Taman Wisata Alam Gunung Pancar dengan Menggunakan Metode Analisis Ado–Odtwa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2621-2630. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1137

Pratiwi, F. R. (2022). Strategi Dinas Pariwisata untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Ilmiah Muqoddimah, 6(1), 188–188. https://doi.org/10.31604/jim.v6i1.2022.188-194

Hasanah, A. U. ., Putri, D. K., Savitri, F. M., Muntafi, M. A., & Arifa, K. G. (2023). Mitigasi Risiko Industri Pariwisata: Antisipasi Pemerintah Hadapi Resesi Ekonomi. Jurnalku, 3(3), 329–338. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v3i3.408

Indonesia Investments. (16, Desember 2016). Industri Pariwisata Indonesia | Indonesia Investments. Indonesia-Investments.com. https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/industri-sektor/pariwisata/item6051?

Jannah, M. (2022). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Gunung Putih oleh Dinas Pemuda Oahraga dan Pariwisata Kabupaten Bulungan. Jurnal Administrasi Bisnis. 10(4). http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i4.9009

Kardini, N. L., & Ari Sudiartini, N. W. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Daya Tarik Wisatawan dalam Pengembangan Pariwisata Bahari di Pantai Tanjung Benoa. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(1), 106–125. https://doi.org/10.47532/jis.v3i1.7

Kuncoro, M., Kristiaji, W. C. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta

Maulani, S., Arieta, S., & Syafitri, R. (2024). Strategi Pengembangan Wisata Pantai Berbasis Masyarakat di Tanjung Siambang Kota Tanjungpinang. Buletin Antropologi Indonesia, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/bai.v1i1.2224

Octaviardy, A. O., Raharjo, S. Y. (2023). Strategi Pengembangan Atraksi Wisata Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Wisatawan di Desa Wisata Lamajang. Prosiding FTSP Series 5. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/ftsp/article/view/1860

Ramdhani, A. M. ., & Andriana, A. N. (2023). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai Biru Kersik dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Menggunakan Analisis SWOT. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 6674–6687. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2767

Rudianto, H. & Diella, M. (2022). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan di Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, 14(3), 255-266. https://doi.org/10.54783/jv.v14i3.647

Safari, A., & Riyanti, A. (2023). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Curug Aseupan Parongpong. Tourism Scientific Journal, 8(2), 246-265. https://doi.org/10.32659/tsj.v8i2.248

Yudhiasta, S. (2024). Penerapan Bauran Promosi di Quest Hotel Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. PETA - Jurnal Pesona Pariwisata, 1(1). Retrieved from https://peta.upnjatim.ac.id/index.php/peta/article/view/44
Published
2024-06-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times