Strategi Pemasaran Digital Marketing di Aplikasi Tiktok Menggunakan Matriks IFAS dan EFAS dengan Metode Analisis SWOT

  • Maria Magdalena Universitas Bunda Mulia
  • Hari Iskandar Universitas Bunda Mulia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran digital marketing di aplikasi TikTok menggunakan matriks IFAS dan EFAS dengan metode analisis SWOT di El'mera Café Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT yang dilakukan untuk El'mera Café Cianjur, mengidentifikasi faktor internal mencakup kekuatan seperti menu otentik dan target pasar yang luas melalui digital marketing di TikTok, serta kelemahan seperti kurangnya kerja sama talenta dan kurangnya tempat parkir motor. El'mera Café menargetkan segmen usia 17-50 tahun di wilayah Rancagoong, Cianjur, dengan lokasi strategis yang dapat diakses oleh kendaraan umum dan pribadi. Target pasar di TikTok adalah semua kalangan audiens. Simpulan penelitian ini bahwa strategi pemasaran dari faktor internal  meliputi penempatan staf yang fleksibel, pemasaran digital di TikTok, dan keberadaan talenta yang kooperatif. Faktor eksternal meliputi pengalaman pelanggan dan loyalitas merek. Dan juga segmentasi El'mera Café Cianjur menyasar pelanggan berusia 17-50 tahun, dengan lokasi strategis yang dapat jangkau.

Kata Kunci: Aplikasi TikTok, El’mera Café Cianjur, Matriks IFAS dan EFAS, Metode Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Digital Marketing.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press. Makasar

Alhamid, T., Anufia, B. (2019) Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong. Papua

Andi, R. W. (2019). Manajemen Pemasaran. (Edisi 1). Semarang

Arifen S. R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 8.0, 3(1). 1–7. https://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/view/112/pdf

Bastian, I., Djatu, W. R., Dewi, F. (2018). Metoda Wawancara. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Bulele Y. N., & Wibowo T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus TikTok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565–572. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463/963

Cao, X., Qu, Z., Liu, Y., & Hu, J. (2021). How the Destination Short Video Affects The Customers’ Attitude: The Role Of Narrative Transportation. Journal of Retailing and Consumer Services, 62, 102672. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102672

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing (Sobirin, Ed.). Celebes Media Perkasa. Makasar

Darmawan, D., & Grenier, E. (2021). Competitive Advantage and Service Marketing Mix. Journal of Social Science Studies (JOS3), 1(2). https://ejournal.metromedia.education/index.php/jos3/article/view/9/15

Diez-Martin, F., Banco-Gonzalez, A., & Prado-Roman, C. (2019). Research Challenges in Digital Marketing: Sustainability. Sustainability. 11(10). https://doi.org/10.3390/su11102839

Faddila, S. P., Khalida, L. R., Sandi, S. P. H. (2023). Identifikasi Segmenting, Targeting, Positioning (STP) Dalam Upaya Melejitkan UMKM Desa Sampalan Kabupaten Karawang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang. 3(1). 664–670. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/view/4958/3589

Fadli M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fitria, R. F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal pendidikan ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68-72. doi:10.19184/jpe.v13i2.10793

Fitriyana, F., & Sucipto, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada PT. Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. 1(1). https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/download/239/130

Hakim M., & Rahayu S.R. (2022). Pengaruh Direct Marketing Dan Digital Marketing, Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Usaha Spare Part Pada Cikal Motor Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Diversifikasi, 2(3), 689–696. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i3.1250

Handayani, F., Kadang, J., & Syrifuddin, I. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Usaha Toreko. Empiricism Journal, 4(1), 208–212. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1170

Hendriyati, L., Santoso, I. B. (2021). Strategi Pemasaran Food And Beverage Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cavinton Hotel Yogyakarta, Indonesia. Journal of Tourism and Economic, 4(1), 60-72. https://doi.org/10.36594/jtec/xwpgeh73

Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699

Iskandar, M., & Islam, M. (2021). Destination Branding: Pendekatan Segmentation, Targetting, Dan Positioning Dalam Perancangan Media Wisata Bahari Tlocor Sidoarjo. Barik - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(1), 164-180. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/38012

Jannah, M. (2018). Analisis Pengaruh Biaya Produksi Dan Tingkat Penjualan Terhadap Laba Kotor. Banque Syar’i: Jurnal Llmiah Perbankan Syariah, 4(1), 87–112. https://doi.org/10.32678/bs.v4i1.1073

Kartiki, K., Jakhar, T., & Khandelwal, T. (2020). Segmentation, Targeting and Positioning. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 7(5), 3909–3914. https://www.coursehero.com/file/129604954/IRJET-V7I5749pdf/

Kurniansha, R., Khalo, M. S. (2018). Ketersediaan Akomodasi Pariwisata Dalam Mendukung Pariwisata Perkotaan (Urban Tourism) Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Bina Wakya, 1(1), 39–44. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/JBW/article/view/243/261

Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2020). Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS dan EFAS. Al Tijarah, 5(2), 93–103. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i2.3706

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. , M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP). Semarang

Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2, 284–294. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/397/400

Mutiara, P. B. (2021). Analisis Matriks IFAS Dan EFAS PT Unilever Tbk Pada Pandemik Covid-19. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(2), 363-371. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i2.90

Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., MEgawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10–19. https://doi.org/10.32663/crmj.v5i2.3096

Ponde S., & Jain A. (2019). Digital Marketing: Concepts & Aspects. International Journal of Advanced Research (IJAR), 7(2), 260–266. http://dx.doi.org/10.21474/IJAR01/8483

Pramudya, A., Abdullah, A. R., Hidayaty, D. E. (2023). Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Clothing di Tokecangusedcloth. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3), 75–78. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/NJPC/article/view/232/263

Prihandini, N., Mayasari, C. N. (2019). Penerapan Minimum Charge Untuk Outside Guest Restoran Di Amanjiwo resort. Journal of Tourism and Economic, 2(1), 1–9. Journal of Tourism and Economic. 2(1). 1-9. https://jurnal.stieparapi.ac.id/index.php/jtec/article/view/80/88

Ramadhan, K., Ramadhan, R. R>, HAdilawati, W. L. (2023). Pengaruh Gratis Ongkir, Discount, Dan Pembayaran Cash On Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Pada TikTok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna TikTok Shop Di Universitas Muhammadiyah Riau). SNEBA: Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis & Akuntansi, 3, 588–601. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/sneba/article/view/5603/2537

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853

Rangkuti, F. (2006), Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rauf, A. (2021). Digital Marketing: Konsep dan Strategi (Romindo & Sudarmanto Eko, Eds.). Penerbit Insania. Bandung

Rizal M., Vina, D., & Ramdan, M. (2023). Implementasi Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Produk Mixue Harapan Indah Bekasi. Corss-Border. 6(1), 640–646. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/2023/1522

Rosyida, A., Heriyani, T., Fuadi, I., & Dinia, H. (2020). Strategy Segmenting, Targeting, Dan Positioning: Study On PT Sidomuncul. Journal of Islamic Economic Scholar, 1(1), 51–75. https://doi.org/10.14421/jies.2020.1.1.51-75
Sani, S. A., & Aslami, N. (2022). Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Dan Positioning) Pada Produk Kecantikan House Of Beauty Cabang Kota Pematangsiantar. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i1.5

Sanin, S. B. F., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Media Sosial TikTok PT Otak Kanan Untuk Membangun Brand Awarness. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 74–83. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.253

Sari, D. P., & Oktafianto, A. 2017. Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis SWOT Dan Matriks IFAS – EFAS Pada CV. Dinasty. Jurnal Seminar Nasional IENACO

Selawati, S., & Wibowo, I. (2023). Menganalisis Teknik Konten Digital Marketing Pada Aplikasi TikTok (Studi Kasus Akun TikTok @Devi_chot). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 5188–5194. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2702

Sri, S. P., Hilal, F., Aulia, A. N., & Nurlaeli, L. S. (2022). Perbandingan Strategi Pemasaran Online Dan Offline di Era Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1080-1083. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1480

Syafa’at Achmad, & Wahid abdul. (2020). SYafaat, A., Wahid, A. (2020). Strategi Pemasaran Produk Sepatu Menggunakan Metode Analisis SWOT Dengan Matrik IFAS Dan Efas di PT. Bagoes Tjipta Karya. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE), 7(3). 108–117. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/jkie/article/view/2397/1744

Syafii, M., & Eko, B. N. (2022). Penerapan Digital Marketing dengan Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 66–71. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/JINRPL/article/view/5950

Wahyuni, N. P. S. (2019). Analisis Produk Layanan Rawat Inap di RSUD Wangaya Denpasar Berdasarkan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4P (Product, Price, Place, Promotion). Jurnal ARSI (Administrasi Rumah SAkit Indonsia. 6(1), 21–24. https://scholarhub.ui.ac.id/cgi/viewcontent.cgi?article=1085&context=arsi

Winarto, H. (2011). Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomika Universitas Wijayakusuma Purwokerto, 14(3). https://media.neliti.com/media/publications/23137-ID-strategi-pemasaran.pdf

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada Ecommerce. Manajerial, 19(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/article/view/24275/pdf
Published
2024-09-07
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 17 times