Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Daya Tarik Wisatawan terhadap Sup Ayam Herbal Hokie 88
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan pada resto Hokie 88 DKI Jakarta terhadap sup ayam herbal yang menjadi salah satu signature wisata kuliner herbal yang sudah semakin langka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran resto sup ayam herbal Hokie 88 DKI Jakarta dalam menarik daya tarik wisatawan sudah memasuki kriteria teori yang ada, yang terdiri dari 7P yakni produk, price, place, promotion, people, process, dan yang terakhir physical evidence. Simpulan penelitian ini bahwa sebagian besar yang datang ke resto ini untuk membeli sup ayam herbal dengan bertujuan untuk kesehatan dan menjaga stamina mereka dalam kesehariannya. Karena sup ayam herbal pada resto ini memiliki rasa, tempat dan juga harga yang baik.
Kata Kunci: Daya Tarik Wisatawan, Strategi Bauran Pemasaran, Sup Ayam Herbal Hokie 88
References
Adhaghassani, F. S. (2016). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P (Produk, Price, Place, Promtion, People, Process, Physical Evidence) di Cherryka Bakery. S1 Thesis, UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Boga. 1-10. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/boga/article/download/5288/4997
Beu, N. S., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1530–1538. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35821
Christine, C., & Budiawan, W. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 6(1). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/15928
Effendy, A. A. (2019). Analisis bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(1), 66–82. http://dx.doi.org/10.32493/jfb.v1i1.y2019.p79-95
Fitriyanti, F. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT Surao Jaya Abdi Motor Cabang Sungguminasa. skripsi. Universitas muhammdiyah makasar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/7871-Full_Text.pdf\
Hair, J. F., Wolfinbarger, M. F., Ortinau, D. J., & Bush, R. P. (2010). Essentials of Marketing Research. McGraw-Hill. New York.
Harsana, M., & Triwidayati, M. (2020). Potensi Makanan Tradisional sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di Yogyakarta. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1). http://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/36472/14853
Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan, Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 84-93. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/5904
Kumontoy, G. D. (2023). Pemanfaatan tanaman herbal sebagai obat tradisional untuk kesehatan masyarakat di Desa Guaan Kecamatan Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. HOLISTIK: Journal of Social and Culture. 16(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/holistik/article/view/51250/44089
Layantara, S. (2016). Evaluasi Perkembangan BBQ Street Menggunakan Teori Marketing Mix 7P Terhadap Fenomena Food Truck Di Surabaya. Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1(2 SE-Articles), 242–250. https://doi.org/10.37715/jp.v1i2.147
Nurcahyo, R. J. (2019). Pengembangan Daya Tarik Wisata Kunjung Museum Melalui Wahana Edukasi Di Museum Pura Pakualaman Yogyakarta. (2024). Journal of Tourism and Economic, 2(1), 57-65. https://doi.org/10.36594/jtec/9ncpfx84
Pujiyati, H., & Sukaatmadja, I. P. G. (2020). Anteseden Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Spiritual Di Bal. E-Jurnal Manajemen, 9(1). 21-29. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i01.p02
Putri, T. Y., Anggraini, T., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 11P Pada UMKM Tenis (Teh Nikmat Sidamanik). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12915
Rahartanti, R. Y. (2009). Analisis pengambilan keputusan prioritas strategi pemasaran kopi herbal oriental cofee vitaccino pada CV Agrifamili Renanthera, Kota Bogor, Jawa Barat. Scientific Repository. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/14373
Risqi, F. T., and Ristanto, A., and Putri, R. K., and Wisudawati, T. (2020) Meningkatkan Kualitas Produk Jajanan Tradisional Gambleh Menggunakan Strategi Marketing Mix 7P. In: Industrial Engineering Conference (IEC). http://eprints.upnyk.ac.id/23975/
Salatoen, M. R., Widowati, I., & Santosa, A. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Volume Penjualan Jamu Herbal (Studi Kasus Pada PT. Perusahaan Jamu Tradisional Dr. Sardjito). Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 16(2), 63–78. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse/article/view/3657/2772
Setiawan, P. Y. B., Fudholi, A., & Satibi, S. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi. 6(2), 115–124. https://doi.org/10.22146/jmpf.263
Sholihah, L. R., Lastariati, B. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Di Rumah Makan The Crabbys Marketing Mix Strategy In The Crabbys Dining House. Journal of Culinary Education and Technology. 8(1). https://doi.org/10.21831/jcet.v8i1.14649
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sukotjo, H., & Radix, S. A. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 216–228. https://www.academia.edu/download/33251600/2010_oktober_Hendri_Sukotjo_dan_Sumanto_Radix_A.pdf
Sunaryo, N. A. (2019). Potensi Wisata Kuliner Di Indonesia: Tinjauan Literatur. Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali, 235–242. https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/168/160
Then, J. ., & Felisa, H. (2021). The Effect of E-WOM on Instagram on Visiting Interest and Impact on Visiting Decision to the Culinary Tourism Area of Pasar Lama, Tangerang. International Journal of Social and Management Studies, 2(6), 1–7. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v2i6.75
Yanti, R. R., & Novarista, N. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Teh Herbal Asam Gelugur (Garcie Tea) pada Komunitas Lokal Bioversity di Kabupaten Sijunjung. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 2(2), 62–72. https://doi.org/10.29103/ag.v2i2.370
Copyright (c) 2024 Citra Gunawan, Prayogo Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.